KabarNet

Aktual Tajam

Aneh! Rupiah Lemah Dianggap Untungkan APBN

Posted by KabarNet pada 12/03/2015

Menteri Keuangan, Bambang Brojonegoro

Jakarta – KabarNet: Nilai tukar Rupiah terhadap dollar terus melemah. Hari ini nilai tukar kurs Rupiah terhadap mata uang US Dollar di harga Rp 13.176. Meski rupiah terus terjun bebas, Pemerintah terlihat tenang-tenang saja. Bahkan Menteri Keuangan membuat pembenaran yang rada “senewen” terkait pelemahan Rupiah.

Menkeu Bambang Brojonegoro menyatakan bahwa pelemahan rupiah akan untungkan APBN. Alasannya perusahaan akan meningkatkan ekspor mereka sehingga penerimaan APBN akan meningkat.

Pandangan Menkeu ini dibantah oleh Salamuddin Daeng, Peneliti Indonesia for Global Justice. Menurutnya Menkeu lupa bahwa sebagain besar kegiatan produksi untuk ekspor di dalam negeri membutuhkan dolar mulai dari biaya investasi hingga produksi, baik untuk menghasilkan minyak, gas, mineral, batubara, dan juga kegiatan industri lainnya. Bahkan 70 persen bahan baku industri kita adalah impor.

“Belum lagi perusahaan swasta maupun BUMN saat ini telah tersandera utang luar negeri yang menggunung. Bagaimana mungkin jatuhnya rupiah akan meningkatkan penerimaan pajak?,’ terang Salamudin.

Justeru sebaliknya, perusahaan akan banyak yang kolaps. Data dari Asosiasi Batu bara Indonesia (APBI) menyebutkan, ada sekitar 40 persuhaan batu bara yang tutup lantaran tidak kuat menghadapi anjloknya nilai jual. SKK migas menyebutkan sebagian KKKS mengurangi kegiatan pengeboran, seperti Pertamina, PHE, CNOOC akibat penurunan harga minyak.

Sementara Industri nasional adalah industri yang sebagaian besar ditopang oleh bahan baku impor akan banyak yang bangkrut akibat meningkatnya ongkos produksi, inflasi yang tidak terkendali dan suku bunga yang menjulang tinggi.

Fakta penerimaan pajak Januari tahun 2015 kurang Rp 7 triliun dari target yang telah ditetapkan. Para analis memperkirakan kemerosotan penerimaan pajak akan terus berlangsung seiring ekonomi yang semakin melemah.

“Statemen Menkeu perlu dipertanyakkan, apakah berarti bahwa rupiah akan terus dilemahkan ? Atau menteri hanya bingung tidak tau harus berbuat apa dalam menghadapi pelemahan rupiah? Sebelum Pak Menteri senewen, Lebih baik mundur!,” tandas Salamuddin. [KabarNet/ http://kabarnet.in /FastNews/Ant/adl]

5 Tanggapan to “Aneh! Rupiah Lemah Dianggap Untungkan APBN”

  1. Anonim said

    Kalau secara ekonomi penurunan nilai uang disebut menguntungkan bagi si pemilik mata uang, berarti apa yang telah diajarkan di bangku pendidikan selama ini jadi mentah dong, gimana neeeh ………….

  2. sebenernya sih gak aneh
    soalnya ini cuma dalih aja dr pemuja/pendukung si ki joko dodo
    biar ki joko dodo gak dibilang gagal

  3. luaydpk said

    perusahaan mana, semua perusahaan adalah milik asing, yang asli hanya sekian persen…. freeport, exxon, chevron, newmont, dll?

  4. arman said

    dodol….

  5. Anonim said

    Sudah keblinger sdh susah bedakan utara-selatan, semua itu demi jabatan dan angan2 palsu bisikan dajjal laknatullah.
    Utang luar negeri emang bayar pake daun? impor bensin pake daun?
    Yang ada juga aset2 bangsa yg terdiskon hingga bikin senang asing dan antek2nya…

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: