KabarNet

Aktual Tajam

Bukti Kebenaran Al-Quran, Dua Laut yang Tidak Bercampur

Posted by KabarNet pada 09/02/2015

Beberapa hari yang lalu saya baru saja usai menuntaskan mengaji Surat Ar-Rahman. Setiap selesai shalat Maghrib saya punya kebiasaan mengaji Al-Quran. Surat Ar-Rahman adalah surat yang “ajaib” menurut saya, karena di dalamnya Tuhan berulangkali menjelaskan “Maka, nikmat Tuhanmu mana lagi yang kamu dustakan?”. Saya ingin mengulas posting tentang surat ini pada lain waktu, insya Allah.

Tadi pagi saya menerima kiriman foto dari rekan dosen ITB melalui milis. Ini foto yang mengagumkan, sebab foto ini membuktikan kebenaran Surat Ar-Rahman ayat 19 dan 20 yang berbunyi: “Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu. Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing.” [Ar-Rahman:19-20]

Inilah foto tersebut, yang memperlihatkan aliran dua lautan yang tidak pernah bercampur, seolah-olah ada sekat atau dinding yang memisahkannya.

Subhanallah, Maha Besar Allah Yang Maha Agung. Ternyata air laut yang tidak bercampur itu benar-benar ada. Saya sudah sering membaca ayat tersebut, tapi masih belum tahu di mana gerangan air laut yang tidak pernah bercampur itu. Ayat lain yang menceritakan fenomena yang sama terdapat pada Surat Al-Furqan ayat 53 yang berbunyi: “Dan Dialah yang membiarkan dua laut yang mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi.” [Al-Furqaan:53]

Dua lautan yang tidak bercampur itu terletak di Selat Gibraltar, selat yang memisahkan benua Afrika dan Eropa, tepatnya antara negera Maroko dan Spanyol.

Selat Gibraltar (Jabal Tariq)

Selat Gibraltar dari satelit

Selat Gibraltar dari satelit

Dari hasil googling saya di internet, saya menemukan penjelasan ilmiah tentang laut tersebut. Berikut hasil kutipan saya dari berbagai sumber di internet:

Arus Selat Gibraltar memang sangat besar di bagian bawahnya. Hal ini dikarenakan perbedaan suhu, kadar garam, dan kerapatan air (density)nya. Air laut di Laut Tengah (Mediterania) memiliki kerapatan dan kadar garam yang lebih tinggi dari air laut yang ada di Samudera Atlantik. Menurut sifatnya, air akan bergerak dari kerapatan tinggi ke daerah dengan kerapatan air yang lebih rendah. Sehingga arus di selat Gibraltar bergerak ke barat, menuju Samudera Atlantik. Lalu apakah air ini akan bercampur dengan air di Samudera Atlantik?

TIDAK!. Lho?? Ternyata ketika air laut dari Laut Tengah menuju Samudera Atlantik, mereka tidak mencampur. Seakan ada sekat yang memisahkan kedua jenis air ini. Bahkan batas antara kedua air dari dua buah laut ini sangat jelas. Air laut dari Samudera Atlantik berwarna biru lebih cerah. Sedangkan air laut dari Laut Tengah berwarna lebih gelap. Inilah keajaiban alam. Tidak hanya itu yang aneh dari perilaku dari kedua air laut ini. Ternyarta, air laut dari laut Tengah yang tidak mau bercampur dengan air laut dari Samudera Atlantik ini menyusup dibawah air laut yang berasal dari Samudera Atlantik. Air dari Laut Tengah ini menyusup di bawah air dari Samudera Atlantik di bawah kedalaman 1000 meter dari permukaan Samudera Atlantik.

Penjelasan lain secara ilmiah… Bagaimana bisa terjadi?

Ceriteranya begini. Air laut dari Lautan Atlantik memasuki Laut Mediterania atau laut Tengah melalui Selat Gibraltar. Keduanya mempunyai karakteristik yang berbeda. Suhu air berbeda. Kadar garam nya berbeda. Kerapatan air (density) airpun berbeda. Waktu kedua air itu bertemu di Selat Gibraltar, karakter air dari masing-masing laut tidak berubah. Dari atas ferry yang kami naiki, masih bisa terlihat dengan jelas mana air yang berasal dari Lautan Atlantik, dan mana air yang berasal dari laut tengah atau laut Mediterania. Kalau dipikir secara logika, pasti bercampur, nyatanya tidak bercampur. Kedua air laut itu membutuhkan waktu lama untuk bercampur, agar karakteristik air melebur. Penguapan air yang di Laut Mediterania sangat besar, sedang air dari sungai yang bermuara di Laut Mediterania berkurang sekali. Itulah sebabnya air Lautan Atlantik mengalir deras ke Laut Mediterania.

Sifat lautan ketika bertemu, menurut modern science, tidak bisa bercampur satu sama lain. Hal ini telah dijelaskan oleh para ahli kelautan. Dikarenakan adanya perbedaan masa jenis, tegangan permukaan mencegah kedua air dari lautan tidak becampur satu sama lain, seolah terdapat dinding tipis yang memisahkan mereka.

Air laut Mediteranian, yang berwarna biru tua, menyusup sampai kedalaman 1000 m dari permukaan laut, di lautan Atlantik, dan terus masuk sejauh ratusan km di lautan Atlantik dan tetap tidak berubah karakteristiknya. Subhannallah.

Saya terkagum-kagum dengan fenomena alam ciptaan Allah SWT. Al-Quran sudah menyebutkan fenomena ini 15 abad yang lalu, dan ilmu pengetahuan modern mengungkapkannya pada abad 20.

Maka, nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan? Maha benar Allah Yang Maha Agung.

By: Rinaldi Munir

11 Tanggapan to “Bukti Kebenaran Al-Quran, Dua Laut yang Tidak Bercampur”

  1. Nagita said

    Subhanallah……

  2. memet said

    maka seharuanya para ilmuan semakin banyak yg islam tetapi hidayah adalah hak Allah….maka bersukurlah dan bertaqwalah kita yg telah diberi hidayah iman islam……subhanallah wal hamdulillah wala illaha illallah.

  3. akpri said

    Masya Alloh….

  4. Anonim said

    Subhanallah…

  5. Renandy munir. said

    Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran surah An-Nahl ayat 69 :

    “Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) “BUAH-BUAHAN” dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang yang memikirkan.” [QS. An-Nahl : 69]

    =============================

    INI AYAT ANEH BIN NGAWUR.
    LEBAH KOK MAKAN BUAH-BUAHAN.

    NGIBULL.

  6. Renandy munir.@
    Otak kamu domba, jd kamunya berfikir ngawur!
    Teliti dl baru bicara.
    Perdalami ilmu dulu,baru bersuara,begitulah manusia, beda dg domba kan?
    Maka belajarlah jd manusia.

    Kl lebah tdk makan buah, memangnya bible kau bilang lebah makan apa?
    DEBU ? Wkwkwk.

    Domba KRISTEN mmg sll BERTANYA, “SEJAK KAPAN LEBAH MEMAKAN BUAH ?” 

    ALQURAN MENGATAKAN, “LEBAH PEMAKAN BUAH-BUAHAN”

    Orang yang hidup di jaman modern seperti ini saja banyak yang tidak tahu kalau lebah pemakan buah-buahan. Bahkan banyak pula yang beranggapan bahwa ayat Al-Qur’an mengenai Lebah sebagai pemakan buah adalah salah. Lagian di Daerah Arab Saudi saat itu sangat jarang buah-buahan, yang banyak hanyalah kurma. Tentu juga akan sangat semakin kecil kemungkinan Nabi Muhammad SAW memiliki kesempatan untuk melihat ada lebah memakan buah.

    Sementara kita yang hidup saat ini, dengan banyaknya buah berlimpah, karena dimana-mana ada pasar buah dan Istana buah. Kenyataannya juga tidak tahu kalau lebah adalah pemakan buah.

    Sehingga lalu seekor domba Kristen dengan penuh semangat mengatakan bahwa ayat Al-Quran yang menyatakan Lebah adalah hewan pemakan buah-buahan adalah NGAWUR, dan berarti bukanlah Kitab Suci, dan bukanlah wahyu Tuhan?

    Begitulah umat Kristen, kalau terdapat sesuatu di dalam Al-Qur’an dan tidak terdapat di dalam biblenya akan selalu senang menganggap bahwa Al-Qur’an hasil karangan manusia. Walaupun tentang hal yang baik, misalnya kisah tentang lebah pemakan buah ini, kisah Mukjizat Nabi Isa as dapat berbicara sewaktu di dalam buaian, dlsb

    Tetapi sebaliknya bila ada hal-hal yang terdapat di dalam AlKitab tetapi tidak terdapat di dalam Al-Qur’an mereka akan mengatakan Al-Qur’an kurang lengkap, walaupun hal tersebut adalah hal yang buruk. Misalnya kisah petualangan Daud dengan Batsyeba, Kisah Cinta Yehuda dengan Tamar yang cuman “satu malam saja”, kisah Loth dengan kedua putrinya, Kisah Amnon dengan Tamar, Kisah Ohola dan Oholiba, kisah sionan beronani,dlsb. Ha ha haaa :mrgreen: bible kitab cabul yg sempurna!
    😛 😆

    Dan bila kedua cerita tersebut sama-sama terdapat di Al-Qur’an maupun AlKitab, tetapi berbeda, mereka dengan segera lalu berkata, bahwa Al-Qur’an salah, Nabi Muhammad SAW salah mengutib AlKitab. ?

    BAGAIMANA BISA BEGITU ? KENAPA MEREKA TIDAK BERFIKIR SEBALIKNYA ? LOGIKANYA ADALAH SANGAT MUDAH KALAU HANYA SEKEDAR MENGUTIP SAJA ? 
    Tp sekali lg, namanya jg domba, kan ga pernah mau berfikir!

    @_@
    Hmmm….
    Kembali tentang lebah pemakan buah ini, ayat Al-Qur’an dengan jelas menyatakan bahwa Lebah adalah pemakan buah, jadi kalau ada lebah tidak memakan buah, mungkin lantaran lebahnya tidak punya uang sehinga lalu makan apapun seadanya, karena tidak mampu membeli buah.

    وَأَوْحَى رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتاً وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ
    (Qs An-Nahl 16:68)
    ”Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia.”

    ثُمَّ كُلِي مِن كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلاً يَخْرُجُ مِن بُطُونِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاء لِلنَّاسِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
    (Qs An-Nahl 16:69)
    kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.

    صَدَقَ اللَّهُ الْعَظِيْمِ
    Maha benar Allah,dengan segala firmanNya.

    —–!!

    Sekarang silahkan kau jwb ini:

    (Kejadian 1:30)
    Tetapi kepada SEGALA binatang di bumi dan SEGALA burung di udara dan SEGALA yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan SEGALA tumbuh-tumbuhan hijau MENJADI makanannya.” Dan JADILAH DEMIKIAN.

    Q_Q
    Apakah macan makan rumput atau tumbuh2an???

    Apakah Harimau makan rumput atau tumbuh2an???

    Apakah serigala makan rumput atau tumbuh2an???

    Apakah ULAR makan rumput atau tumbuh2an atau mingkin DEBU :mrgreen: ???

    Apakah BUAYA makan rumput atau tumbuh2an???

    Apakah KUCiNG makan rumput atau tumbuh2an???

    Silahkan dijawab bagi yg bermental kuat 😀

    Itu ayat aneh bin ngawur!
    Bible mmg terbukti ngibul!

    Tinggalkanlah bible kamu itu Renandy@
    Hanya Al-Qur’an kitab yg teruji dan 100% benar!

  7. (Kejadian 1:30)
    Tetapi kepada SEGALA binatang di bumi dan SEGALA burung di udara dan SEGALA yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan SEGALA tumbuh-tumbuhan hijau MENJADI makanannya.” Dan JADILAH DEMIKIAN.

    Q_Q
    =============================

    INI AYAT ANEH BIN NGAWUR.
    Elang, Komodo, kadal, Macan, buaya, serigala, anjing , ular dan kucing kok MAKAN rumput atau tumbuh2an???

    NGIBULL.

  8. ——#

    Renandy munir.@
    Otak kamu otak domba, jd kamunya berfikir ngawur!
    Teliti dl baru bicara.
    Perdalami ilmu dulu,baru bersuara,begitulah manusia, beda dg domba kan?
    Maka belajarlah jd manusia.
    Jangan IRI DENGKI aja yg kamu turutin!

    Kl lebah tdk makan buah, memangnya bible kamu bilang lebah makan apa?
    DEBU ? Wkwkwk.

    Domba KRISTEN mmg sll BERTANYA, “SEJAK KAPAN LEBAH MEMAKAN BUAH ?” 

    AL-QUR’AN MENGATAKAN, “LEBAH PEMAKAN BUAH-BUAHAN”

    Orang yang hidup di jaman modern seperti ini saja banyak yang tidak tahu kalau lebah pemakan buah-buahan. Bahkan banyak pula yang beranggapan bahwa ayat Al-Qur’an mengenai Lebah sebagai pemakan buah adalah salah. Lagian di Daerah Arab Saudi saat itu sangat jarang buah-buahan, yang banyak hanyalah kurma. Tentu juga akan sangat semakin kecil kemungkinan Nabi Muhammad SAW memiliki kesempatan untuk melihat ada lebah memakan buah.

    Sementara kita yang hidup saat ini, dengan banyaknya buah berlimpah, karena dimana-mana ada pasar buah dan Istana buah. Kenyataannya juga tidak tahu kalau lebah adalah pemakan buah.

    Sehingga lalu seekor domba Kristen dengan penuh semangat mengatakan bahwa ayat Al-Quran yang menyatakan Lebah adalah hewan pemakan buah-buahan adalah NGAWUR, dan berarti bukanlah Kitab Suci, dan bukanlah wahyu Tuhan?

    Begitulah umat Kristen, kalau terdapat sesuatu di dalam Al-Qur’an dan tidak terdapat di dalam biblenya akan selalu senang menganggap bahwa Al-Qur’an hasil karangan manusia. Walaupun tentang hal yang baik, misalnya kisah tentang lebah pemakan buah ini, kisah Mukjizat Nabi Isa as dapat berbicara sewaktu di dalam buaian, dlsb

    Tetapi sebaliknya bila ada hal-hal yang terdapat di dalam AlKitab tetapi tidak terdapat di dalam Al-Qur’an mereka akan mengatakan Al-Qur’an kurang lengkap, walaupun hal tersebut adalah hal yang buruk. Misalnya kisah petualangan Daud dengan Batsyeba, Kisah Cinta Yehuda dengan Tamar yang cuman “satu malam saja”, kisah Loth dengan kedua putrinya, Kisah Amnon dengan Tamar, Kisah Ohola dan Oholiba, kisah sionan beronani,dlsb. Ha ha haaa :mrgreen: bible kitab cabul yg sempurna!
    😛 😆

    Dan bila kedua cerita tersebut sama-sama terdapat di Al-Qur’an maupun AlKitab, tetapi berbeda, mereka dengan segera lalu berkata, bahwa Al-Qur’an salah, Nabi Muhammad SAW salah mengutib AlKitab. ?

    BAGAIMANA BISA BEGITU ? KENAPA MEREKA TIDAK BERFIKIR SEBALIKNYA ? LOGIKANYA ADALAH SANGAT MUDAH KALAU HANYA SEKEDAR MENGUTIP SAJA ? 
    Tp sekali lg, namanya jg domba, kan ga pernah mau berfikir!

    @_@
    Hmmm….
    Kembali tentang lebah pemakan buah ini, ayat Al-Qur’an dengan jelas menyatakan bahwa Lebah adalah pemakan buah, jadi kalau ada lebah tidak memakan buah, mungkin lantaran lebahnya tidak punya uang sehinga lalu makan apapun seadanya, karena tidak mampu membeli buah.

    وَأَوْحَى رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتاً وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ
    (Qs An-Nahl 16:68)
    ”Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia.”

    ثُمَّ كُلِي مِن كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلاً يَخْرُجُ مِن بُطُونِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاء لِلنَّاسِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
    (Qs An-Nahl 16:69)
    kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.

    صَدَقَ اللَّهُ الْعَظِيْمِ
    Maha benar Allah,dengan segala firmanNya.

    Silahkan search di Youtube dg judul pencarian:
    Honey Bees eat fruit!
    Apple Bees Feeding Frenzy
    Bees eat peach

    ——!!
    Sekarang silahkan jwb ini:

    (Kejadian 1:30)
    Tetapi kepada SEGALA binatang di bumi dan SEGALA burung di udara dan SEGALA yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan SEGALA tumbuh-tumbuhan hijau MENJADI makanannya.” Dan JADILAH DEMIKIAN.

    Q_Q
    Apakah elang makan rumput atau tumbuh2an???

    Apakah komodo makan rumput atau tumbuh2an???

    Apakah ULAR makan rumput atau tumbuh2an atau mingkin DEBU :mrgreen: ???

    Apakah BUAYA makan rumput atau tumbuh2an???

    Apakah macan makan rumput atau tumbuh2an???

    Apakah Harimau makan rumput atau tumbuh2an???

    Apakah serigala makan rumput atau tumbuh2an???

    Apakah KUCiNG makan rumput atau tumbuh2an???

    Ayo kamu jawab!

  9. Renandy munir. said

    ha ha ha ….
    dasar tukang ngibul.
    kebetulan paman gue nih peternak lebah.
    tuh disamping sarangnya gue taruh pisang,
    apel ,pepaya, gak ada yg mau makan.
    tapi ketika apelnya gue lumurin madu baru ada
    lebah yg hinggap.

    video lu yg lebah makan rambutan
    itu rambutan bukan di makan , cuma di hisap
    cairan manisnya doang.

    nah kalo video yg makan buah warna merah
    tuh ,gue yakin rekayasa .
    pasti buah tuh di suntik cairan manis terus di lubangi , dibelah .
    wong videonya putus- putus.

    kelihatan sekali akal-akalan.

    lebah makan buah.
    ha ha ha…
    emangnya punya gigi ama taring ?

    ngibul.

    bumi datar ditancepin 7 gunung.

    mestinya quran bilang lebah makan sari bunga kek. biar ada brnernya dikit.

    uppsss..

  10. yok said

    orang yang butuh bukti ilmiah akan kebenaran ayat itu sudah mulai ragu akan kebenaran agamanya. salah satu ciri inferiority complex. slow saja bro. kristen juga salah memaknai bumi itu datar sampai Galileo dihukum mati. jangan mudah bangga dan terperdaya kalau ada postingan yg bleum tentu benar. malu-maluin. akan datang waktunya, agama bukan urusan dogma, tapi nilai. kembali ke: apa misi agama, apa tujuan beragama? kembali substansi. seperti lagunya john lenon: and no “religion” too…

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: