KabarNet

Aktual Tajam

Dato Tamimi Malaysia: Jokowi Mulai Kurang Ajar

Posted by KabarNet pada 24/11/2014

Jakarta – KabarNet: Presiden Joko Widodo harus segera mencabut ucapannya yang akan menenggelamkan kapal-kapal Malaysia yang melakukan illegal fishing. Pernyataan Jokowi yang disampaikan ketika berkunjung ke Brisbane, Australia itu dinilai terlalu vulgar dan bar-barian. “Seorang presiden haruslah bertutur yang santun dan sesuai dengan kaidah hukum karena pernyataan seorang presiden akan menjadi konsumsi publik, baik dalam maupun luar negeri,” ujar Sekretaris Jenderal Himpunan Masyarakat Untuk Kemanusiaan dan Keadilan (HUMANIKA), Sya’roni, seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL Ahad, 23 November 2014. 

Menurut dia, perkataan ‘menenggelamkan’ dan ‘membakar’, tidak pantas diucapkan oleh seorang presiden. Ucapan Jokowi yang sangat kasar itu bisa menyinggung perasaan negara sahabat. Khawatirnya, mereka membalas dengan tindakan serupa kepada nelayan-nelayan Indonesia. “Presiden Jokowi juga harus bertindak sesuai hukum yang berlaku. Menenggelamkan kapal illegal fishing mencerminkan Jokowi tidak paham aturan hukum,” paparnya.

Kapal asing yang melanggar di wilayah Indonesia, katanya, semestinya diproses sesuai aturan hukum. Jika terbukti melakukan pencurian ikan, maka perlu ditindak dengan hukuman berat yang setimpal.

Lebih lannjut dikatakan dia, daripada melakukan tindakan, pemerintah lebih baik melakukan pencegahan. Adanya illegal fishing membuktikan patroli laut masih bisa ditembus oleh kapal-kapal asing. “Ke depan, perlu ditingkatkan intensitas patroli sehingga tidak ada lagi kapal asing yang bisa memasuki perairan Indonesia. Kalau perlu segera aktifkan drone sebagaimana janji Jokowi semasa kampanye.

Bukan hanya warganegara Indonesia yang memperbincangkan pernyataan Jokowi. Warganegara Malaysia pun kini tengah membicarakan instruksi Jokowi agar kapal-kapal Malaysia yang mencuri ikan di laut Indonesia dikaramkan.

Seorang warganegara malaysia bernama Dato A. Tamimi Siregar alias Tunku Raja Subung Pahu, misalnya, dalam halaman Facebook miliknya mengecam pernyataan Jokowi itu. Seraya meminta maaf kepada sahabat-sahabatnya dari Indonesia, Dato Tamimi mengatakan, “Memang dia (Jokowi) mula kurang ajar.”

Menurut Dato Tamimi, dirinya menyukai Jokowi sejak Jokowi menjabat sebagai Walikota Solo. Tetapi, katanya lagi dalam, dialek Melayu Malaysia, “Bila dia tak sadar siri cakap lepas tak peduli jiran tetangga aku mula meluat. Senang2 nak karam bot kita. Dia tak tau rakyatnya berjuta kat negara ni?” “Patutlah Sumatra Barat tak sokong dia. Semoga kes BBM di Indonesia skrg ni mengajar dia jgn sombong. Cilakak punya Jokowi,” demikian Dato Tamimi. [KbrNet/RakyatMerdeka]

17 Tanggapan to “Dato Tamimi Malaysia: Jokowi Mulai Kurang Ajar”

  1. Pak presiden kita ini modelnya koboi mentang2 di dukung amerika hehe

  2. Anonim said

    Bool lo malay..anjing sia

  3. boliman said

    Memang seharusnya Malaysia memang harus digalakin, kira terlalu ngalah sama mereka. Sudah ngambil pulau, curi ikan Indonesia masih berani komentar. Kalau gak begitu mereka makin kurang ajar Siapa sih Dato Tamimi, gak penting yg omong keras Presiden, menteri, kepala daerah atau orang biasa tapi harus dilakukan kalau tidak kita tidak punta harga diri dan diremehkan orang

  4. ogel said

    Spa lo bilang president gw kurang ajar yg ada bangsa lo tuh yg kurang ajar,,,kacang lupa kulitny,,,dulu spa yg bikin pinter bangsa lo,,,nih bangsa INDONESIA

  5. Dato Maling siah said

    Ngemeng bae lu… Hidup jokowi, bakar dulu aja kapalnya trus tenggelamkan. Orangnya ya dipulangin aja jangan ikut ditenggelemin. Sesungguhnya indonesia tidak butuh malaysia. Jokowi hrs bisa buat lapangan kerja d indo supaya para tki d malay pada pulang. Biar ada semboyan lebih baik menjadi babu d negara sendiri daripada jadi babu d negara orang.

  6. Anonim said

    Hidup bernegara itu butuh pembuktian, jangan sekedar ngemeng doang, pemerintah kita maupun di raja malaysia. harus sama2 mawas diri kita saling membutuhkan.

  7. Anonim said

    Kalau INDONESIA HEBAT harus bisa menjaga kedaulatannya, dari semua sisi.

  8. Anonim said

    orang yg bertaqwa itu tau mana yg halal dan haram.jadi sdh semestinya mencuri itu dpt hukuman sesuai yg berlaku.

  9. Shelly Pattipeiluhu said

    Kurang ajar juga ini Dato Tamimi, sudah masuk wilayah orang, bilangnya karena tidak dijaga dengan baik.. Usul pake drone sebagai akalnya untuk menyalahkan Indonesia. Dato, asalmu itu Sumatera Utara, marga orang Batak, sombongmu itu sombongnya Malaysia. Copot aja Siregar mu itu, kalau tidak, kau semacam penghianat lah. Biar orang Malaysia bangga sama omongan kosongmu.

  10. anak jakarte said

    MANTAP PAK JOKOWI !!!
    BANGSA MALING MEMANG HARUS DIGANYANG !!!
    SALAM METAL PAK !!

  11. anak jakarte said

    @Shelly Pattipeiluhu

    hah ?? pake drone ??
    Malaysia pake drone ??
    pake drone buat apaan ??

  12. Anonim said

    Selamat bekerja Pak Presiden. Lakukan yang terbaik untuk bangsa ini. Kami rakyat Indonesia selalu ada dibelakangmu !.

  13. Anonim said

    Selamat mengeruk aset negara Pak Presiden. Lakukan teruuus kejahatan korupsi kolusi & nepotisme yang tercanggih untuk bangsa ini. Kami rakyat Indonesia selalu ada dan sedang bersiap-siap untuk menggulingkanmu !.

  14. ragie said

    datok taek yg pnya brita jgk kyk taek asu.maju trus pak presiden.

  15. ragiel said

    datok taek yg bikin brita jgk kyk taek asu.

  16. Anonim said

    Buat apa presiden Joko Widodo harus menarik pernyataannya.Ini kebijakan negara Indonesia.Pernyataan kepala negara harus didukung oleh rakyat Indonesia karena menyangkut kekayaan negara.Hidup pa Jokowi

  17. Anonim said

    Saya seorang warga indo..asal saya aceh ..saya tak setuju dg pemerintahan indonesia dari dulu sampai skrang..hukum di indo hukum bunuh rakyat sendri…dari masa pemerintahan seokarno sampai ke jokowi cuma mementingkan diri sendiri…indonesia kena sadar..klu tak ada aceh blm tentu jadi negara indo..klu tak ada malaysia kmna org indo mencari duit…jokowi kena sadar bahwa rakyatmu di malaysia..wasslam

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: