KabarNet

Aktual Tajam

Jokowi Diprediksi Paling Lama Bertahan 3 Bulan

Posted by KabarNet pada 26/10/2014

Jakarta – KabarNet: Prediksi berapa lama pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla bertahan menarik dibahas, di tengah-tengah kebingungan Jokowi menetapkan susunan kabinetnya.

Meski sudah menggunakan tangan KPK dan PPATK untuk menyeleksi 200an nama kandidat anggota kabinetnya, Jokowi masih tak yakin dengan komposisi kabinet pilihannya.

Menyusun kabinet Jokowi-JK mungkin tak sesulit memprediksi berapa lama kabinet dan Presiden Jokowi mampu bertahan menjalankan roda pemerintahan tanpa dukungan parlemen yang dikuasai sepenuhnya oleh Koalisi Merah Putih (KMP).

Menyusun kabinet memang jauh lebih sulit dibandingkan menyusun tim sukses atau tim transisi. Ada berbagai faktor harus dipertimbangkan Jokowi (dan Jusuf Kalla) sebelum mereka mengumumkan nama-nama anggota kabinetnya.

Kriteria baku terkait komposisi kabinet, biasanya tidak lepas dari peniliaian besar kecil kontribusi atau jasa sang kandidat terhadap keberhasilan mendudukan Jokowi-JK sebagai presiden dan wakil presiden. Kriteria kedua, seputar kapabilitas, loyalitas dan integritas si calon menteri atau anggota kabinet.

Namun, faktor asal usul dan latar belakang selalu menjadi pertimbangan penting. Jawa dan Non – Jawa, Islam dan Non-Islam, militer – sipil, keterwakilan perempuan, dan yang paling utama adalah jatah partai-partai pendukung yang merupakan bagian dari kontrak politik, tertulis atau tak tertulis.

Pengabaian seluruh faktor tersebut di atas, akan menghasilkan kabinet timpang atau kabinet cacat, yang kelahirannya tidak dikehendaki alias pasti ditolak rakyat Indonesia.

Sejenak mari lupakan kabinet dengan segala hiruk pikuk dan tarik menarik di seputarnya. Memprediksi pemerintahan Jokowi-JK lebih mudah karena faktor pertimbangan atau bahan analisanya tidak seruwet menyusun kabinet.

Pemerintahan Jokowi-JK dalam kondisi ceteris paribus (jika tak ada perubahan terhadap peta kekuataan di parlemen) maka, pemerintahan Jokowi-JK diprediksi hanya paling lama bertahan tiga bulan. Jokowi dapat bertahan lebih tiga bulan, namun konsekwensinya ia akan membawa kehancuran besar terhadap negara Republik Indonesia.

Masalah Besar Di Depan Mata

Meski sistem pemerintahan Indonesia adalah presidensial, namun konstitusi hasil amandemen mencerminkan dukungan parlemen kepada pemerintah dalam hal ini kepada presiden sebagai syarat mutlak, jika presiden ingin dapat berkuasa dan menjalankan pemerintahannya secara efektif.

Konstitusi Indonesia mewajibkan presiden meminta persetujuan DPR untuk banyak hal : penetapan alokasi subsidi (BBM, listrik, pangan dan lain-lain), penetapan harga minyak (BBM), penetapan asumsi-asumsi APBN, pembahasan dan pengesahan RAPBN, hingga penerbitan peraturan pemerintah (PP).

Tanpa dukungan parlemen (baca : KMP), Presiden Jokowi tidak akan mampu menjalankan pemerintahannya. Apalagi kondisi negara saat ini sedang krisis keuangan, BBM, pembiayaan impor, pembayaran utang dan bunga jatuh tempo, dan lain-lain.

Itu semua belum termasuk, persetujuan DPR yang harus diraih presiden dalam menetapkan pimpinan lembaga negara, Panglima TNI, Kapolri, Duta Besar hingga komisi-komisi negara. Semuanya, mutlak memerlukan persetujuan DPR.

Satu-satunya jalan atau solusi bagi Presiden Jokowi untuk tetap bisa bertahan sebagai presiden adalah kesediaan KMP bekerjasama dengan Jokowi. Suatu hal yang hingga kini merupakan kemustahilan belaka. Diprediksi pemerintahan Jokow-JK hanya sanggup bertahan sekitar tiga bulan saja.

Apakah ada cara lain bagi Jokowi untuk mempertahankan kekuasaanya sebagai presiden? Mungkin Presiden Jokowi nekad melakukan eksperimen melalui penggunaan hak veto sebagaimana pernah dilontarkannya beberapa waktu lalu.

Apakah rakyat Indonesia kesampaian menyaksikan Presiden Jokowi menggunakan hak veto-nya dalam rangka menundukan DPR? Kita lihat saja nanti.

Penulis: Pengamat Politik, Raden Nuh

[KbrNet/GebrakNews/adl]

HAM Radio Bekas

21 Tanggapan to “Jokowi Diprediksi Paling Lama Bertahan 3 Bulan”

  1. Anonim said

    Jokower lengser kasus TransJakarta , jk RI 1

  2. Pengamatan apaan..buta kalikkkkk

  3. adem said

    Udah bagus ampe 3 bln….wong joko cm petugas partai kok jd ya sijoko raisoopoopo

  4. mestinya kemarin para komentator ini ikut calon presiden…haaa

  5. mestinya kemarin para komentator ingantinya siai ikut calon presiden…haaa

  6. mau 3 bulan kek
    mau 3 tahun kek
    bahkan mau 30 tahun sekalian pun juga gak ngaruh
    emangnya si petruk jokowi bisa apa…!?!?
    jakarta dibikin hancur sama dia

  7. Paulus Nabi Palsu said

    Hendrikus Mesak, kenape lo kalo ngomong kok blepotan gitu sih? Mending lo komentari artikel ini daripada lo komentari komentator disini tanpa memberikan penjelasan apapun tentang komentar mereka.

    Kayaknya mental ente bukan musti direvolusi lg tp dimental upgrade, khan ente pengikut jokower follower hehehe…

  8. Anonim said

    semakin dikit yg komen semakin bagus..beritagaklaku.com

  9. Komentator said

    Sesama komentator dilarang saling mengomentari, he, hee…

  10. kampret said

    Yg nulis artikel kalo disuruh nyapres gk bakal laku, tipikal org indonesia macam komentator bola, ngomong gampang, disuruh maen bola nendang aja gk bisa

  11. Ali Meyer said

    petruk dadi ratu, kere munggah bale, dadine morat marit seng dipimpine

  12. BANG TOYIB said

    bisa d percepat gan…2 ato 3 minggu gt….sdh g tahan nih….

  13. Lebih cepat lebih baik

  14. kancil said

    kalo jokowi lengser jadi presiden, nanti presidennya jusuf kalla dah, bukan prabowo
    😀

  15. Anonim said

    ini lagi menghayal jd pengamat hahahahahahahaha goblok

  16. Paulus Nabi Palsu said

    Masih jauh lebih baik menghayal jadi pengamat, daripada sok jd pengamat tp tukang menghayal kayak elo.

    Guoblok kuadrat

  17. Anonim said

    ada kalanya susah dahulu akan lebih baik(senang) … kemudian….dari pada bersenang senang tapi susah kemudian ….. problem negara ats krisis ni…. akan buat pemerintahan… sekarang makin bekerja lebih dari yang terdahulu….. siapa yang bersunguh-sunguh dia akan mendapat…. (hasil )……

  18. Anonim said

    Akhirnya penulis yang katanya pengamat politik ini ditangkap Polisi

  19. Anonim said

    wak-wau

  20. Anonim said

    MASAK PEMERINTAH KOK NGURUSI BOLA KAYAK KURANG KERJAAN.SOK ISO TAPI RA PECOS

  21. Anonim said

    APALGI MENPORANI NGURUSI UMAT AE NGURUSI NEGORO RA PECOS

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: