KabarNet

Aktual Tajam

Surat Terbuka Untuk Luhut B Panjaitan

Posted by KabarNet pada 19/07/2014

YTH Bapak Jenderal (Purn) Luhut B Panjaitan, selaku Tokoh Batak

Awalnya berat bagi saya untuk menulis surat terbuka ini, beragam respons akan muncul tidak terkecuali bernada negative, apalagi Bang Luhut, (saya sapa Bang karena kebiasaan saya menyapa beliau) saat ini sedang begitu fokus dalam mendukung Calon Presiden Joko Widodo.

Surat ini saya tulis berawal dari sebuah pertemuan tokoh-tokoh Batak, (Tempat pertemuan sangaja tidak saya sebut). Dalam pertemuan tersebut Bang Luhut banyak menyampaikan mengenai konstelasi politik saat ini. Terutama peran Warga Kristen Batak dalam Pilpres.

Dengan bersemangatnya Bang Luhut menyampaikan kedekatannya dengan Joko Widodo, bahkan kedekatan itu dimulai sejak Jokowi masih di Solo. Saking dekatnya, Bang Luhut punya kerjasama bisnis dengan anak Jokowi.

“Saya dan Jokowi kawan lama, sejak dari Solo, kami berbisnis Furniture, bersama anaknya Rakabuming Dengan perusahaan RAKABU” Jelas Bang Luhut dengan suara yang begitu lantang.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut bang Luhut juga menyatakan bahwa Jokowi adalah masa yang tepat bagi orang Kristen Batak untuk berkuasa kembali. “Jika Jokowi menang akan ada dua sampai tiga menteri orang Kristen Batak,” kata Bang Luhut memberi garansi betapa pentingnya kemanangan Jokowi di pilpres ini.

Sejauh itu saya merasa masih biasa-biasa saja, namun hal mengganjal pun muncul saat bang Luhut menyampaikan strategi pemenangan Jokowi yakni dengan menggerakan Isu minoritas.

“Kita harus membangun ketakutan di kalangan etnis tionghoa, menyebarkan informasi jika Prabowo didukung oleh Islam garis keras, sehingga minoritas bisa bersatu, Kristen Batak, di Jawa, di timur Indonesia, Tionghoa,” jelas Bang Luhut saat itu.

Bahkan bang Luhut menegaskan rencana tersebut sudah mendapat persetujuan dari Ephorus HKBP. “semua pendeta-pendeta kita akan bergerak ke arah itu, Aktivis Kristen di PDIP Juga sudah kita gerakkan, ada Maruar Sirait, Adian Napitupulu dan Masinton Pasaribu,” Terang Bang Luhut

Selain itu, Bang Luhut juga menyebut ada nama Sekjen PGI, Gomar, Tokoh-tokoh Batak seperti TB Silalahi. Ruhut Sitompol sudah bersepakat untuk itu. Dan tak kala penting Bang Luhut dari klangan Kharismatik sudah ada James Riady dan dari Tokoh Katolik ada Mantan Direktur CSIS Harry Tjan Silalahi. Mantan Direktur CSIS

Selain menyebut nama-nama tokoh di atas, Bang Luhut juga menyebut bahwa Jokowi telah memanuhi janjinya saat Gubernur DKI, dimana terbukti menempatkan banyak Kadis dari orang Batak di DKI.

“Hampir 10 Tahun kita tidak berkuasa, hanya dengan cara ini kita orang Batak atau Batak bisa berkuasa kembali, menjadi DIrjen, Menteri dan penguasa di BUMN, bahkan jika Jokowi Presiden orang batak yang akan menjadi salah seorang juru bicara” Kata Bang Luhut lagi.

Bahkan Bang Luhut saat itu menyayangkan sikap Sudi Silalahi yang hanya mementingkan diri sendiri selama berkuasa bersama SBY. Sehingga tidak ada lagi orang Batak yang berkuasa.

Bang Luhut yang saya Hormati

Abang ketika itu menyatakan bahwa kita harus menggerakkan semangat minoritas, sentiment agama harus dinaikkan kepada orang Timur, orang Kristen Tapanuli (Batak), orang Kristen Jawa dan Tionghoa. Sehingga semuanya punya satu pilihan yakni Joko Widodo

Omongan abang tersebut mungkin bagi sebagian orang Batak sangat menarik, tapi bagi saya selaku orang Kristen Batak sangatlah tidak pantas. Karena abang berupaya mendorong isu yang sesungguhnya belum tentu baik dengan orang Kristen sendiri.

Abang meminta kami mengembangkan isu bahwa Prabowo akan memberlakukan Syariat Islam jika terpilih, sehingga memunculkan rasa takut pada minoritas, abang sendiri tentu tahu, bahwa Prabowo memiliki Ibu, Adik dan kakak yang seorang kristiani. Sementara Jokowi? Tentu sangat tidak mungkin Prabowo melakukan hal seperti itu.

Saya sangat sedih abang memanfaatkan isu agama seperti itu untuk kepentingan politik. Abang mungkin lupa, bagaimana abang menyingkirkan Rektor Univesersitas Nomensen Medan. Amudi Pasaribu yang alasannya hingga sekarang tidak jelas selain rasa tidak suka abang. Selain untuk kepentingan diri abang dan klien abang.

Amudi Pasaribu kini menjadi korban ambisi pribadi bang. Menjadi korban kepentingan pribadi abang di Universitas Nomensen.

Saya melihat abang sangat keterlaluan memangfaatkan isu agama, sementara abang sendiri juga bertarung untuk diri abang Pribadi, untuk kepentingan abang yang abang buat seolah-olah untuk kepentingan orang Kristen.

Bang Luhut yang saya Hormati

Isu minoritas yang abang kemas dengan cara kurang tepat ini sangatlah tidak pantas, abang mengemas ini demi kepentingan kekuasaan semata. Agama abang jadikan dalil sebagai jalan untuk memecah belah dan menaikkan Jokowi sebagai Presiden idaman abang.

Sebagai seorang Batak Kristen saya sungguh menyesalkan tindakan dan pilihan abang ini. Karena untuk Jokowi abang membenarkan seluruh cara yang sesungguhnya tidak pantas.

Semoga Surat terbuka ini abang baca. Dan orang-orang memahami seperti apa kepentingan kekuasaan abang saat ini.

Rosiana Borupaung

16 Tanggapan to “Surat Terbuka Untuk Luhut B Panjaitan”

  1. Paulus Nabi Palsu said

    Dasar maling teriak maling, bilangin islam SARA yg non muslim jd disebut opo? Mesjid dimata2xi, malu2xin agama kristen aza. Gue yakin ada kristen yg baik namun pada umumnya umat kristen terutama batak kristen ini memang sangat agresif dimana2x, gue bukan rasis tapi coba buktikan sendiri baik di instansi pemerintahan, BUMN, perusahaan swasta dll kalo udah pimpinanya BATAK KRISTEN, udahlah byk posisi penting di ganti sm orang2x kristen meskipun tdk kompeten secara vulgar dan terang2xan tanpa rasa malu sedikitpun, dan fenomena ini bukan rahasia umum lagi tapi sudah menjadi fakta yg tak terbantahkan lg.

    Hal ini terjadi karena berdasarkan ajaran adat batak dan agama kristen menurut pendapat tokoh batak orang batak WAJIB membantu saudaranya sesukunya yakni suku batak terutama semarga baru yg seiman juga banyak informasi dari para mualaf suku batak yg menuturkan secara jujur ketika masih menganut agama kristen sering kali pendeta berkhutbah di gereja mencuci otak jemaahnya didorong jemaahnya untuk menduduki posisi2x penting dimana saja untuk kepentingan misi kristenisasi dan menyumbangkan sebagian penghasilan mereka secara wajib untuk gereja masing2x serta mengangkat sodara2xnya seiman agar menduduki posisi yg lebih baik melalui kekuasaan posisi yg mereka miliki.

    Disamping itu juga dikalangan adat orang batak, standar kebanggan dlm nilai keluarga ditentukan dari status sosial individu tsb, apa gelarnya, apa jabatanya, brp byk kekayaanya makanya jika orang batak kristen mati, semakin tinggi status sosialnya semakin besar dan mewah kuburanya, bisa seperti bangunan monumental, gk percaya buktikan sendiri dgn bertanya org yg pernah ke tapanuli.

    Jadi kesimpulanya orang batak kristen PADA UMUMNYA mentalnya sama dgn si Luhut ini mental culas yg tak tau malu apapun halal yg penting tujuan tercapai.

    Dasar maling teriak maling dan mana ada maling ngaku maling kecuali dimassa sampe babak belur.

    Gitu aza kok repot

  2. Waspada, ga ada yang dtakuti, cukuplah Allah Swt yang ditakuti.

  3. Waspadalah,,,!!! ga ada yang ditakuti di dunia ini, cukuplah Allah Swt yang ditakuti.

  4. Indra D'puja said

    Emang gan sharusnya orang” sprti itu harus/wajjjib di Binasakan scepatnya

  5. asmadhani said

    Saya muslim

  6. asmadhani said

    Reblogged this on Belibis Kuning.

  7. Setau saya, namanya orang batak itu ya memang mungkin suka ceplas ceplos/ bicara apa adanya.
    Jadi menurut saya sih sah2 saja beliau (Luhut ) bicara seperti itu karena pya keinginan yg menurut pemikiran beliau baik, merasa 1 suku& seiman (walaupun klau smpai memang benar beliau menggunakan fitnah itu adalah tidak benar ), karena pada dasarnya siapapun dia sebagai manusia, suku apa, agama apa bahkan termasuk golongan apa, memihak kepada Capres no.1 ataupun Capres no.2 pada dasarnya pasti punya keinginan& kepentingan masing2.
    Karena kubu Capres no.1 pun scara pribadi jelas2 melakukan manuver2 yg tidak baik dengan fitnah, kampanye hitam& politik uangnya (buktinya sgt jelas& byk sekali ) terhadap Jokowi& Jusuf Kala tapi tidak berpengaruh terhadap pilihan suara hati Rakyat Indonesia, apalagi pernah Capres no.1 secara terang2an mengatakan Jokowi itu hanya pencitraan, tdk tulus& lain2 saat di wawancara dgn stasiun luar negeri, semakin terlihat jelas karakter aslinya yang kurang bijaksana untuk bisa menjadi Pemimpin bangsa.
    Tapi yang jelas Jokowi itu seorang Pemimpin yang tegas dlm bertindak& beliau tdk suka berandai2 / berjanji, bicaranya sopan, tidak mudah dipengaruhi hal2 yg negatif jd tdk perlu dikhawatirkan ke depannya beliau bs memimpin negara Republik Indonesia ini dengan arif& bijaksana karena beliau pendengar suara Rakyat& bekerja hanya utk kepentingan Rakyat Indonesia.
    Selayaknyalah kita yg pya akal pemikiran yg sehat& pya hati yg bersih jgn suka menghakimi, krn semua agama mengajarkan untuk hal2 yg baik bkn yg buruk, jd kl kita mau belajar bijaksana, kita jauhkan fitnah antara sesama kita manusia tnpa membeda2kan suku, agama, ras& antar golongan, serta do’akanlah mereka yg msh hdup dlm pmikiran yg sempit sprti itu spya mrka bertobat.
    Damailah negeriku Indonesia! 🙂

  8. Anonim said

    pada haus kekuasaan semua

  9. giman said

    Islam itu indah, dan islam itu kuat. Cobalah kalian tenggelamkan kami, maka kalianlah yg akan tenggelam.

  10. Teguh said

    MEMIMPIN BANGSA INDONESIA YG MAJEMUK ITU TIDAK MUDAH.KARNA YG MEMBUAT SULIT ITU BANYAK BENALU YG MENGGEROGOTI PEMIMPIN. KITA LIHAT SAJA NANTI PRESIDEN MENDATANG PASTI AKAN DIGANGGU OLEH BENALU2 YG MENJIJIKAN….

  11. Teguh said

    MEMIMPIN BANGSA INDONESIA YG MAJEMUK INI TIDAKLAH MUDAH.KARNA BANYAK BENALU2 YG MENGGEROGOTI KEPEMIMPINAN BANGSA. KITA LIHAT SAJA NANTI.SIAPAPUN PEMIMPINNYA PASTI AKAN DIGEROGOTI OLEH BENALU2 YG MENJIJIKKAN….LIHAT SAJA NANTI….

  12. Anonim said

    Ciuman YUDAS !

  13. Alfian said

    BATAK……………………………..

    B
    A
    N
    Y
    A
    K

    T
    A
    T
    I
    K

  14. Anonim said

    Pak Luhut, maju terus pantang mundur. Pilih dan dukung yg menang, maka abang juga jadi pemenang. Horas

  15. Anonim said

    Bang luhut panjaitan aku mendukung mu.majukan indonesia.,indonesia bangga kepada mu.abg telah sebagai contoh orang batak yg pemikiran yg propesional..pantas lah bang margamu “panjaitan“artinya pantas jadi panutan…buat rosiana marpaung anda salah menilai bang luhut…apakah rosiana darah batak asli…?

  16. Anonim said

    wahduh bahaya nich jokowi jd presiden orag kristen bs berkuasa bgmana dgn orang muslim pantesan g memilih pak prabowo biar bgm pun jg pilihn qu untuk pak prabowo g akan sirnah krn itu udah keputusan qu hidup pak prabowo wlpn kalah kau tetap menang krn kpu telah tdk jujur yg seharus menang

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: