KabarNet

Aktual Tajam

Ternyata, Negara AS Dibangun dari Emas Papua!!

Posted by KabarNet pada 09/11/2010

Freeport adalah pertambangan emas terbesar di dunia! Namun termurah dalam biaya operasionalnya. Sebagian kebesaran dan kemegahan Amerika sekarang ini adalah hasil perampokan resmi mereka atas gunung emas di Papua tersebut. Freeport banyak berjasa bagi segelintir pejabat negeri ini, para jenderal dan juga para politisi busuk, yang bisa menikmati hidup dengan bergelimang harta dengan memiskinkan bangsa ini. Mereka ini tidak lebih baik daripada seekor lintah!

Akhir tahun 1996, sebuah tulisan bagus oleh Lisa Pease yang dimuat dalam majalah Probe. Tulisan ini juga disimpan dalam National Archive di Washington DC. Judul tulisan tersebut adalah “JFK, Indonesia, CIA and Freeport.”
Walau dominasi Freeport atas gunung emas di Papua dimulai sejak tahun 1967, namun kiprahnya di negeri ini sudah dimulai beberapa tahun sebelumnya. Dalam tulisannya, Lisa Pease mendapatkan temuan jika Freeport Sulphur, demikian nama perusahaan itu awalnya, nyaris bangrut berkeping-keping ketika terjadi pergantian kekuasaan di Kuba tahun 1959.

Saat itu Fidel Castro berhasil menghancurkan rezim diktator Batista. Oleh Castro, seluruh perusahaan asing di negeri itu dinasionalisasikan. Freeport Sulphur yang baru saja hendak melakukan pengapalan nikel produksi perdananya terkena imbasnya. Ketegangan terjadi. Menurut Lisa Pease, berkali-kali CEO Freeport Sulphur merencanakan upaya pembunuhan terhadap Castro, namun berkali-kali pula menemui kegagalan.

Ditengah situasi yang penuh ketidakpastian, pada Agustus 1959, Forbes Wilson yang menjabat sebagai Direktur Freeport Sulphur melakukan pertemuan dengan Direktur pelaksana East Borneo Company, Jan van Gruisen. Dalam pertemuan itu Gruisen bercerita jika dirinya menemukan sebuah laporan penelitian atas Gunung Ersberg (Gunung Tembaga) di Irian Barat yang ditulis Jean Jaques Dozy di tahun 1936. Uniknya, laporan itu sebenarnya sudah dianggap tidak berguna dan tersimpan selama bertahun-tahun begitu saja di perpustakaan Belanda. Van Gruisen tertarik dengan laporan penelitian yang sudah berdebu itu dan membacanya.

Dengan berapi-api, Van Gruisen bercerita kepada pemimpin Freeport Sulphur itu jika selain memaparkan tentang keindahan alamnya, Jean Jaques Dozy juga menulis tentang kekayaan alamnya yang begitu melimpah. Tidak seperti wilayah lainnya diseluruh dunia, maka kandungan biji tembaga yang ada disekujur tubuh Gunung Ersberg itu terhampar di atas permukaan tanah, jadi tidak tersembunyi di dalam tanah. Mendengar hal itu, Wilson sangat antusias dan segera melakukan perjalanan ke Irian Barat untuk mengecek kebenaran cerita itu. Di dalam benaknya, jika kisah laporan ini benar, maka perusahaannya akan bisa bangkit kembali dan selamat dari kebangkrutan yang sudah di depan mata.

Selama beberapa bulan, Forbes Wilson melakukan survey dengan seksama atas Gunung Ersberg dan juga wilayah sekitarnya. Penelitiannya ini kelak ditulisnya dalam sebuah buku berjudul The Conquest of Cooper Mountain. Wilson menyebut gunung tersebut sebagai harta karun terbesar yang untuk memperolehnya tidak perlu menyelam lagi karena semua harta karun itu telah terhampar di permukaan tanah. Dari udara, tanah disekujur gunung tersebut berkilauan ditimpa sinar matahari.

Wilson juga mendapatkan temuan yang nyaris membuatnya gila. Karena selain dipenuhi bijih tembaga, gunung tersebut ternyata juga dipenuhi bijih emas dan perak!! Menurut Wilson, seharusnya gunung tersebut diberi nama GOLD MOUNTAIN, bukan Gunung Tembaga. Sebagai seorang pakar pertambangan, Wilson memperkirakan jika Freeport akan untung besar dalam waktu tiga tahun sudah kembali modal. Pimpinan Freeport Sulphur ini pun bergerak dengan cepat. Pada 1 Februari 1960, Freeport Sulphur meneken kerjasama dengan East Borneo Company untuk mengeksplorasi gunung tersebut.

Namun lagi-lagi Freeport Sulphur mengalami kenyataan yang hampir sama dengan yang pernah dialaminya di Kuba. Perubahan eskalasi politik atas tanah Irian Barat tengah mengancam. Hubungan Indonesia dan Belanda telah memanas dan Soekarno malah mulai menerjunkan pasukannya di Irian Barat.

Tadinya Wilson ingin meminta bantuan kepada Presiden AS John Fitzgerald Kennedy agar mendinginkan Irian Barat. Namun ironisnya, JFK malah spertinya mendukung Soekarno. Kennedy mengancam Belanda, akan menghentikan bantuan Marshall Plan jika ngotot mempertahankan Irian Barat. Belanda yang saat itu memerlukan bantuan dana segar untuk membangun kembali negerinya dari puing-puing kehancuran akibat Perang Dunia II terpaksa mengalah dan mundur dari Irian Barat.

Ketika itu sepertinya Belanda tidak tahu jika Gunung Ersberg sesungguhnya mengandung banyak emas, bukan tembaga. Sebab jika saja Belanda mengetahui fakta sesungguhnya, maka nilai bantuan Marshall Plan yang diterimanya dari AS tidak ada apa-apanya dibanding nilai emas yang ada di gunung tersebut.

Dampak dari sikap Belanda untuk mundur dari Irian Barat menyebabkan perjanjian kerjasama dengan East Borneo Company mentah kembali. Para pemimpin Freeport jelas marah besar. Apalagi mendengar Kennedy akan menyiapkan paket bantuan ekonomi kepada Indonesia sebesar 11 juta AS dengan melibatkan IMF dan Bank Dunia. Semua ini jelas harus dihentikan!

Segalanya berubah seratus delapan puluh derajat ketika Presiden Kennedy tewas ditembak pada 22 November 1963. Banyak kalangan menyatakan penembakan Kennedy merupakan sebuah konspirasi besar menyangkut kepentingan kaum Globalis yang hendak mempertahankan hegemoninya atas kebijakan politik di Amerika.

Presiden Johnson yang menggantikan Kennedy mengambil sikap yang bertolak belakang dengan pendahulunya. Johnson malah mengurangi bantuan ekonomi kepada Indonesia, kecuali kepada militernya. Salah seorang tokoh di belakang keberhasilan Johnson, termasuk dalam kampanye pemilihan presiden AS tahun 1964, adalah Augustus C.Long, salah seorang anggota dewan direksi Freeport.

Tokoh yang satu ini memang punya kepentingan besar atas Indonesia. Selain kaitannya dengan Freeport, Long juga memimpin Texaco, yang membawahi Caltex (patungan dengan Standard Oil of California). Soekarno pada tahun 1961 memutuskan kebijakan baru kontrak perminyakan yang mengharuskan 60persen labanya diserahkan kepada pemerintah Indonesia. Caltex sebagai salah satu dari tiga operator perminyakan di Indonesia jelas sangat terpukul oleh kebijakan Soekarno ini.

Augustus C.Long amat marah terhadap Soekarno dan amat berkepentingan agar orang ini disingkirkan secepatnya. Mungkin suatu kebetulan yang ajaib. Augustus C.Long juga aktif di Presbysterian Hospital di NY dimana dia pernah dua kali menjadi presidennya (1961-1962). Sudah bukan rahasia umum lagi jika tempat ini merupakan salah satu simpul pertemuan tokoh CIA.

Lisa Pease dengan cermat menelusuri riwayat kehidupan tokoh ini. Antara tahun 1964 sampai 1970, Long pensiun sementara sebagai pemimpin Texaco. Apa saja yang dilakukan orang ini dalam masa itu yang di Indonesia dikenal sebagai masa yang paling krusial.

Pease mendapatkan data jika pada Maret 1965, Augustus C.Long terpilih sebagai Direktur Chemical Bank, salah satu perusahaan Rockefeller. Augustus 1965, Long diangkat menjadi anggota dewan penasehat intelejen kepresidenan AS untuk masalah luar negeri. Badan ini memiliki pengaruh sangat besar untuk menentukan operasi rahasia AS di Negara-negara tertentu. Long diyakini salah satu tokoh yang merancang kudeta terhadap Soekarno, yang dilakukan AS dengan menggerakkan sejumlah perwira Angkatan Darat yang disebutnya sebagai Our Local Army Friend.

Salah satu bukti sebuah telegram rahasia Cinpac 342, 21 Januari 1965, pukul 21.48, yang menyatakan jika kelompok Jendral Suharto akan mendesak angkatan darat agar mengambil-alih kekuasaan tanpa menunggu Soekarno berhalangan. Mantan pejabat CIA Ralph Mc Gehee juga pernah bersaksi jika hal itu benar adanya.

Awal November 1965, satu bulan setelah tragedi terbunuhnya sejumlah perwira loyalis Soekarno, Forbes Wilson mendapat telpon dari Ketua Dewan Direktur Freeport, Langbourne Williams, yang menanyakan apakah Freeport sudah siap mengekplorasi gunung emas di Irian Barat. Wilson jelas kaget. Ketika itu Soekarno masih sah sebagai presiden Indonesia bahkan hingga 1967, lalu darimana Williams yakin gunung emas di Irian Barat akan jatuh ke tangan Freeport?

Lisa Pease mendapatkan jawabannya. Para petinggi Freeport ternyata sudah mempunyai kontak dengan tokoh penting di dalam lingkaran elit Indonesia. Mereka adalah Menteri Pertambangan dan Perminyakan Ibnu Soetowo dan Julius Tahija. Orang yang terakhir ini berperan sebagai penghubung antara Ibnu Soetowo dengan Freeport. Ibnu Soetowo sendiri sangat berpengaruh di dalam angkatan darat karena dialah yang menutup seluruh anggaran operasional mereka.

Sebab itulah, ketika UU no 1/1967 tentang Penanaman Modal Asing (PMA) yang draftnya dirancang di Jenewa-Swiss yang didektekan Rockefeller, disahkan tahun 1967, maka perusahaan asing pertama yang kontraknya ditandatangani Suharto adalah Freeport!. Inilah kali pertama kontrak pertambangan yang baru dibuat. Jika di zaman Soekarno kontrak-kontrak dengan perusahaan asing selalu menguntungkan Indonesia, maka sejak Suharto berkuasa, kontrak-kontrak seperti itu malah merugikan Indonesia.

Untuk membangun konstruksi pertambangan emasnya itu, Freeport mengandeng Bechtel, perusahaan AS yang banyak mempekerjakan pentolan CIA. Direktur CIA John McCone memiliki saham di Bechtel, sedangkan mantan Direktur CIA Richards Helms bekerja sebagai konsultan internasional di tahun 1978.

Tahun 1980, Freeport menggandeng McMoran milik “Jim Bob” Moffet dan menjadi perusahaan raksasa dunia dengan laba lebih dari 1,5 miliar dollar AS pertahun.

Tahun 1996, seorang eksekutif Freeport-McMoran, George A.Maley, menulis sebuah buku berjudul “Grasberg” setelab 384 halaman dan memaparkan jika tambang emas di Irian Barat itu memiliki deposit terbesar di dunia, sedangkan untuk bijih tembaganya menempati urutan ketiga terbesar didunia.

Maley menulis, data tahun 1995 menunjukkan jika di areal ini tersimpan cadangan bijih tembaga sebesar 40,3 miliar dollar AS dan masih akan menguntungkan 45 tahun ke depan. Ironisnya, Maley dengan bangga juga menulis jika biaya produksi tambang emas dan tembaga terbesar di dunia yang ada di Irian Barat itu merupakan yang termurah di dunia!!

Istilah Kota Tembagapura itu sebenarnya menyesatkan dan salah. Seharusnya EMASPURA. Karena gunung tersebut memang gunung emas, walau juga mengandung tembaga. Karena kandungan emas dan tembaga terserak di permukaan tanah, maka Freeport tinggal memungutinya dan kemudian baru menggalinya dengan sangat mudah. Freeport sama sekali tidak mau kehilangan emasnya itu dan membangun pipa-pipa raksasa dan kuat dari Grasberg-Tembagapur a sepanjang 100 kilometer langsung menuju ke Laut Arafuru dimana telah menunggu kapal-kapal besar yang akan mengangkut emas dan tembaga itu ke Amerika. Ini sungguh-sungguh perampokan besar yang direstui oleh pemerintah Indonesia sampai sekarang!!!

Kesaksian seorang reporter CNN yang diizinkan meliput areal tambang emas Freeport dari udara. Dengan helikopter ia meliput gunung emas tersebut yang ditahun 1990-an sudah berubah menjadi lembah yang dalam. Semua emas, perak, dan tembaga yang ada digunung tersebut telah dibawa kabur ke Amerika, meninggalkan limbah beracun yang mencemari sungai-sungai dan tanah-tanah orang Papua yang sampai detik ini masih saja hidup bagai di zaman batu.

Freeport merupakan ladang uang haram bagi para pejabat negeri ini, yang dari sipil maupun militer. Sejak 1967 sampai sekarang, tambang emas terbesar di dunia itu menjadi tambang pribadi mereka untuk memperkaya diri sendiri dan keluarganya. Freeport McMoran sendiri telah menganggarkan dana untuk itu yang walau jumlahnya sangat besar bagi kita, namun bagi mereka terbilang kecil karena jumlah laba dari tambang itu memang sangat dahsyat. Jika Indonesia mau mandiri, sektor inilah yang harus dibereskan terlebih dahulu.

Penulis: Effie Emzieta (KASKUS.US)

59 Tanggapan to “Ternyata, Negara AS Dibangun dari Emas Papua!!”

  1. dendy said

    la negara kita itu banyak demo aja? makanya kita kaya tidak tahu? bangga klu disumbang asing,sekolah pakai produk asing dll? ya selama 64 tahun merdeka ngapain aja?

  2. SALMAN RUSDIE said

    UDAH RAHASIA UMUM KALI…ORANG RIBUT BANGGA2IN AMERIKA…NGASI BEASISWA LAH, MAJULAH, DLL..PDHL BERAPA LAH BEASISWA DIBANDINGKAN DENGAN KEKAYAAN PAPUA YG DIKERUK…GA SEBANDING…

  3. Hitler ! said

    Apa kubilang !

    Mereka yang bangga-banggain Yahudi itu sebetulnya sama dengan orang terbodoh yang bisa diperalat untuk memuluskan perampokkan yang merugikan bangsa dan negaranya sendiri.

    Lihat tuh emas papua !

    Jadi jelas bahwa semua permasalahan yang terjadi diberbagai belahan dunia khususnya di negara yang memiliki kekayaan alam yang potensial atau strategis letaknya tapi terdapat muslim dalam jumlah besar pasti diacak, dilemahkan, ditipu dan dirampok oleh mereka. Jadi endingnya nih, Yahudi yang dapat emasnya, lawan muslim yang dapat ruginya dan muslim yang dapat julukan terorisnya.

    Jadi benarlah kalau begitu kalimat jenius berikut :

    Siapa yang diwaspadai : kebangkitan muslim
    Siapa yang diperalat : lawan debat muslim
    Siapa yang dikuasai : emas negara muslim

    Gitu aja kok repot !

  4. Sandinista said

    SOEHARTO BESERTA HARTA DAN KELUARGANYA MEMANG LAYAK MASUK NERAKA JAHANAM

  5. soetrisno said

    Hegemoni asing dan penjajahan terselubung yang bekerjasama dengan para Penguasa negeri ini merupakan ketetapan Hukum Tuhan yang semua pihak harus menyadari ” Sesungguhnya Tuhanmu akan membebaskan negerimu dari Penindasan / penjajahan setelahnya bila kamu tidak mau lagi bersyukur kepada Tuhanmu maka Tuhan akan memberikan kekuatan Asing untuk menjajah, menindas dan merampas semua sumber kekayaan negerimu supaya kamu menjadi bangsa yang tertindas dan tetap miskin ditengah-tengah kekayaan negeri yang berkelimpahan,mengapa tidak kamu jadikan pelajaran wahai manusia yang berakal”

    yang diperlukan untuk bangsa Indonesia adalah ada apa kita dengan Tuhan setelah kita dibebaskan dari penjajahan selam 360 th ternyata sekarang kita bangsa indonesia terjajah kembali dengan kekuatan asing bisa menguasai sumber meneral yang paling vital salah satunya Gunung emas dipapua dan beberapa sumber minyak sudah berada pada cengkeraman Amerika, Apa yang anda harapkan untuk kesejahteraan bagi bangsa Indonesia?????????

    Apakah anda hanya cukup bangga mengatakan negara kita adalah negara paling kaya didunia!!!!!!!

  6. soetrisno said

    Yang paling bertanggung jawab dihadapan Tuhan kelak adalah para Ulama yang dekat Penguasa negara ( MUI ) apa gunanya Tuhan menjadikan beliau sebagai Ulama kalau hanya membiarkan para pelaku pengelola negara sarat dengan kezoliman termasuk menjual kekayaan alam dengan nilai yang paling murah hanya sekedar memperbesar jasa komisinya semata yang bisa dimiliki secara pribadi.
    bukankah Ulama dalah pewaris dari pada Nabi, pernahkah ada sejarah bahwa Nabi selalu membiarkan kezoliman terhadap Penguasanya , pastinya tidak yang jelas bahwa nabi selalu beramar ma;ruf nahi munkar, seperti yang dilakukan Ulama Iran terhadap Reza Pahlevi sehingga Iran bebas dari Rezim yang zholim, sekalipun Khomeni menyusun strategisnya dari Perancis,
    bagaimana Indonesia kedepan, mudah-mudahan tidak dalam proses laqnat Tuhan, apa sih artinya negara kita paling terkaya didunia
    pada kenyataan kita menjadikan wanita indonesia sebagai budak asing yang berkedok TKW.
    Kalau Ulama tidak berani menyampaikan nahi munkarnya kepada Penguasa lebih baik mundur dari MUI seperti mundurnya Buya Hamka itu lebih mulia dibanding memberikan Fatwa untuk mengharamkan Golput.

  7. agus said

    Cepet diurus , jangan sampai keterusan

  8. taUbat said

    Indonesia Raya

    Indonesia tanah airku.
    Tanah tumpah darahku.
    Disanalah aku berdiri.
    Jadi pandu ibuku.
    Indonesia kebangsaanku.
    Bangsa dan Tanah Airku.
    Marilah kita berseru.
    Indonesia bersatu.

    Hiduplah tanahku.
    Hiduplah negriku.
    Bangsaku Rakyatku semuanya.
    Bangunlah jiwanya.
    Bangunlah badannya.
    Untuk Indonesia Raya.

    Indonesia Raya.
    Merdeka Merdeka.
    Tanahku negriku yang kucinta.

    Indonesia Raya.
    Merdeka Merdeka.
    Hiduplah Indonesia Raya.

    Indonesia Raya.
    Merdeka Merdeka.
    Tanahku negriku yang kucinta.

    Indonesia Raya.
    Merdeka Merdeka.
    Hiduplah Indonesia Raya.

  9. taUbat said

    HASILNYA UNTUK MEMBUAT PERALATAN MILITER DAN MEMBANGUN KEKUATAN NEGARANYA UNTUK MENGUASAI DUNIA.

    ADA APA INI DENGAN NEGARAKU …….

  10. Gw puluhan taon menjilat AS

  11. Apalagi gw ratusan taon lebih menjilati AS

  12. RATU said

    YA OLLOH TEKKEJUT AKU TIBA TIBA,BETAPA KAYANYA INDONESIA,AMERIKA HARUS CEPAT CEPAT DI TEGASIN,PERSIDEN SBY YG TOLOL,KL SBY TDK DI TURUNKAN BER ARTI RAKYAT INDONESIA TOLOL,MASAK PERSIDEN TOLOL TDK BS DI TURUNKAN MENUNGGU MASA JABATANNYA HABIS

  13. Bubarkan DPR said

    @RATU

    Menyikapi Pemerintah yg dzolim dan gagal ada 2 cara:

    Cara 1: Dengan kekuatan rakyat dan seluruh elemen bangsa, ===>BUBARKAN DPR yg dikuasai koalisi busuk pro pemerintah, kemudian ===>TUMBANGKAN Presiden, yakni seperti wkt kita menumbangkan rezim Orba pd 1998. ( ===> PENTING… jangan lupa merangkul TNI).

    Cara 2: sabar menunggu smp masa jabatan mrk habis, kemudian jangan dipilih lagi. Sambil menunggu silahkan setiap hari menonton kedzoliman2 mereka, terutama menonton uang rakyat hasil pajak yg Anda bayarkan dikeruk habis oleh DPR dan koalisi pemerintah drtta kroni2nya. Sambil makan kacang kita bisa menonton Anggota DPR memperkaya diri, DPR jalan2 ke luar negeri, DPR menjadi makelar proyek pemerintah, DPR menjadi pragawan politik yg mondar mandir di depan kamera TV, dan masih banyak lagi.

    Selamat memilih.

  14. RATU said

    DI NEGARA LAIN KOK BS PERSIDEN YG GAK BECUS DI TURUNIN,KENAPA DI INDONESIA MENUNGGU HABIS MASA JABATANNYA

  15. Kalau anda perhatikan antara Obama dan SBY, persis kalau kita melihat film kartun tentang kasih sayangnya seekor harimau dengan binatang buruannya:

    Dan harimaunya berkata hai kambing makanlah yang banyak ya! biar kalian gemuk, ntar kalau udah gemuk kalian aku jadikan untuk membangun Amerika ya oke!

    Dan ironisnya para bangsa kambing justru sangat bangga dengan kedatangannya Si Raja Hutan di negerinya bahkan ketua kambingnya berani-beraninya menanda tangani kesepakatan atas kesediaannya dijadikan santapan harimau yang ada diKEMITRAAN KOPERHENSIF , yang tanpa disadari para bangsa kambing nantinya akan dijadikan santapan HARIMAU

    Disinilah mental-mental bangsa kita yang bangga dengan mental Feodalnya!

  16. Anonim said

    Papua terkenal dengan Nama Tembagapura……..walaupun kenyataannya adalah EMASpura yang kaya akan sumber daya alamnya,dan sudah beroperasi selama 64 tahun……Tetapi pekerjanya saja tidak mampu untuk beli emas…..gimana bisa mampu beli Emas kalo gajinya saja cukup buat makan,bahkan kenyataannya hampir 99,9 % pekerjanya memiliki pinjaman kredit di Bank-Bank demi untuk kebutuhan hidup dan keluarganya……….
    Wahai para pelaku pemerintahan & para wakil rakyat…….Mohon Crosscheck & lakukan survey ke lokasi pertambangan PT FREEPORT di TIMIKA tentang kesejahteraan para pekerja di pertambangan yang penuh resiko ini,…..Jangan cuman TEORI terus yang ujung-ujungnya demi untuk memperkaya diri sendiri……..

  17. Anonim said

    Woi !

    Kenapa sih yang pada direbutin cuma emas Papua doang ?

    Di Jawa juga banyak emasnya loh.

    Malah kayaknya banyakan di Jawa emasnya, ada Mas Parto, Mas Sugeng, Mas Sukin, Mas Jono, Mas Cahyo, Mas Parjo dan Mas-2 lainnya yang tak bisa disebutkan satu per satu. Rata-rata beratnya 50 kilogram loh. Coba jumlahin kalo kuat. Jadi jelas tetep lebih kaya pulau Jawa soal emas. Tapi aman-aman aja tuh, he, he, hee ..

  18. Selain Belanda Yg Kejam Pernah MenjajaH Kita Selama 350 Thun, kiNi D TamBah PuLa DengAn WakiL rakyat Kotor,, Klo begini terus sampe kapan kita bisa 100Persen merdeka,, Bung Karno pasti sedih D sna ,, Melihat Negrinya hancur karena Ulah anak'' Bangsa'T ,, said

    Itu Ja Dari Gw selebhnya Mohon ditambahkan,,

  19. mura said

    ya kenapa dari dulu di biarin di ambil amerika, mestinya kita melek dari dulu
    kalo dah gini baru berkoar…..

  20. Nusantara jadi negeri JAJAHAN, stelah Majapahit & Pajajaran diRUNTUHkan oleh Islam, kemudian Belanda-Protestan & Mataram-Islam-Jawa, hingga kini. . .maka musti REVOLUSI-MERDESA. . . . !!

  21. http://temonsoejadi.wordpress.com/2011/10/31/berapa-sih-nilai-dirimu/

  22. papua said

    Usir aja freeport dari Irian !!!
    pantas org papua berontak

  23. http://temonsoejadi.wordpress.com/2011/10/31/kamu-kenal-umurmu/

  24. http://temonsoejadi.wordpress.com/2011/11/01/adakah-cinta-dihatimu/

  25. Karyo said

    Memangnya SBY menutup mata juga ya selama ini. Kalau betul kaya gitu sebarkan aja informasi ini. Kita susun strategi gimama baiknya tuk meluruskan & tegaknya kemakmuran bangsa ini.

  26. Anonim said

    Itu tadi bolehlah pak.. tapi bgmn dgn daerah kita sendiri yg masih banyak msalah belum terselesaikan.

  27. indoasrot said

    kapan PT. Freeport itu milik orang Indonesia, Jawa , batak dan lain-lain… kalian semua tidak tahu malu… ngaku punya Freeport. bukankah Freeport itu milik orang papua… dasar bangsa miskin dan goblok… anda semua sama gobloknya dengan orang Amerika dan Belanda serta sekutu mereka yang tidak tahu diri juga.. Semua mundur dan berhenti berbohong dan serahkan kedaulatan orang papua untuk kelola kekayaan mereka sendiri….mr. papindoasrot

  28. Nanang said

    Kenapa tdk dinasionalisasikan saja… Biar diolah negeri sendiri yg melibatkan pribumi. Klopun tak dpt dinasionalisasikan dihentikan segera ! Alam yg indah diluluh lantahkan semena-mena demi kejayaan AS. Imbasx kmbli pada warga PAPUA. Amerika menghalalkan segala cara trmsuk memprovokasi & menjanjikan yg muluk” utk mengokohkan julukan negara adidaya. Intervensinya selalu menghasilkan kburukan utk negara tujuan. Awalx menjalin hub. Yg baik, akhrx tujuan kejayaan menjdi prioritas. Butuh kiamat kecil tuk menghanguskan tikus” busuk di pemerintahan & birokrasi INDONESIA. berikan ksmptn pada tunas muda yg tdk terinfeksi virus KORUPSI, KOLUSI, NEPOTISME. Dll. Jaya INDONESIAKU, Jaya PAPUA kampung halaman tmpt kelahiranku.

  29. Vhiend said

    Info ini sngt membantu,seharusx mata kita harus terbuka n lebih peka pada mslh ini..,tpi percuma kita hanya berkomentar tpi tdk ada tindakanx,seharusx kita rakyat biasa mampu bersatu untuk merebut kmbli apa yg mnjdi kekayaan alam kita..,krna percuma kita brharap pemerintah dpt menanganix,krna pemrintah sndri udh d gelapkan dgn uang..
    Stop rasisme dgn menyebut yahudi ataupun muslim,krna d negara ini,bukan hanya muslim adja yg bernaung,
    yg terpenting adalah kta harus brstu utk mmbwt Indonesia lbh maju dgn kekayaan alam yg berlimpah..

  30. Siamerika, yahudi itu telah terbukti memperkosa Bumi Nusantara dgn memperbudak Para Pejabat Yg Korup…

  31. di bodohin dari dulu.

  32. Makanya belajar yang pinter utk jaga negara kita,,,,suruh belajar tawuran,,,antar RT tawuran,,..,antar kampus tawuran,,…,antar desa tawuran,,,,,,,habis deh barangnya dimaling orang ga tau !!!
    Jangan menyalahkan kenapa orang maling,,,,,,salahkan diri sendiri kenapa sibuk tawuran antar sesama,,,,pemilu kada ribut,,,,,semua diributin ,,,,,!!!

  33. BEGITULAH KEBODOHAN KITA,,,TERLALU MENGANDALKAN KEPUASAN PRIBADI TAPI TIDAK BERPIKIR,RAKYAT KECIL,,,
    APAKAH INDONESIA SUDAH MERDEKA?
    OW BELUM,,KENAPA BELUM MERDEKA,?

  34. Anonim said

    inilah budaya indonesia yg sllu mendhulukn kpentingan pribadi dripd kpentngan bersama. Jd nikmatlah selgi msh dirimu jd penguasa ddunia mg drimu bsa lolos d akhrat

  35. no name said

    kalau di urus indonesia sendiri..:
    ada kemungkinan:
    1. Di gunakan memertakan pembangunan daerah.
    2. Papua minta melepaskan diri
    3. ada perebutan wilayah papua (antara negara lain atau antar papua dan masyarakat indonesia)
    4. pertumpahan darah… (koteks perang saudara atau seperti di atas)
    5. sama seperti sekarang…
    pilih aja salah satu…

  36. wongapikan said

    inilah yang disebut neo imperialis..

  37. Vie.. said

    Lagi2..ulah putra bangsa sendiri.. SUHARTO …bpk pembangunan… iya bpak pembangunan yg sukses membangun kesengsaraan rakyat sendiri dengan menjual tambang emas …reshufle total pemerintahan Indonesia sangat diperlukan krna klo diamati presiden yg sekarang ga jauh beda dengan sama Suharto….

  38. JSuparman said

    @Soetrisno: pemikiran yg bijak. Saya suka tulisannya.
    @TIm Ahli Hukum Presiden (=SBY-utk sekarang ini): please, Susun rincian pelanggaran2 kontrak oleh PT Freeport, kalau sudah dapat, legalisir pembatalan kontrak eksporasi mereka segera! Angkat pak BJ Habibie & JK untuk memimpin PT Freeport Pribumi sebagai pengambil alih. God Bless Indonesia!
    @Semua Warga Negara Indonesia((terutama pejabat2): jangan cakar2an lagi dgn saudara sebangsa & setanah air, supaya tidak kemasukan lagi perampok bermuka manis.

  39. Achmadi Surya said

    Makanya sengaja banyak teroris yang memperalat irang2 muslim yang bodoh supaya
    Indonesia engga maju dan tercelik matanya. karena disuapin duit.

  40. Ahmad salim said

    Waw serumit itukah…dan sangat fantastis..dan sangat memprihatinkan.

  41. JSuparman said

    nama pengganti TEMBAGAPURA yg lebih manis daripada EMASPURA adalah KENCANAPURA.

  42. bangsa yang tertindas said

    Hancurlah negaraku, pantas saja orang irian suka marah

  43. Nunika said

    Bagian terpenting lain adalah, beberapa oknum dari bangsa kita sendiri tega menjual negeri demi kekayaan pribadi. Jika kita ingat perjuangan para pahlawan terdahulu, kebanyakan mereka akhirnya bisa terkalahkan oleh penjajah karena….. ada orang dari bangsa kita sendiri menjual informasi ke penjajah misalnya perjuangan pangeran Diponegoro

  44. ALIEN said

    Indonesia jangan bodoh !

    Negara kita yang kaya raya ini sebenarnya adalah Taman Edennya Nabi Adam AS dan Siti Hawa. Keliatannya sejarah dunia tidak jujur dalam menceritakannya dengan maksud tertentu. Kejujuran dalam hal ini tentu saja bisa berakibat tumbangnya sejumlah karya manusia yang selama ini menguasai pengetahuannya.

    Selain itu kepulauan Nusantara adalah wilayah kerajaan Atlantis yang sebenarnya melihat mayoritas ciri-ciri yang dimilikinya, seperti : letak geografis di antara dua pilar besar (benua), cukup hujan dan cahaya matahari (khatulistiwa), kaya dengan emas dan perak (tembagapura), dilalui angin muson, mahir bercocok tanam (agraris), tanahnya yang ubur (daerah vulkanik), sebagian wilayahnya tenggelam oleh peristiwa alam (daerah gempa dan gunung-2 berapi), menguasai lautan (pelaut ulung), pusat pertemuan dan perdagangan (jalur lintas laut) dan lain-lain. Dengan kenyataann itu, di dalam perut bumi Indonesia, khusunya di dasar lautnya berpotensi ditemukan harta karun berharga peninggalan peradaban Atlantis yang maju di jaman dahulu.

    Selain itu pula kepulauan nusantara ini disinyalir merupakan tempat tujuan akhir dari perjalanan Nabi Daud AS dan puteranya Nabi Sulaiman AS, yang selama ini tidak diungkap dalam sejarah. Hal itu bisa didasarkan oleh kemiripanya dengan banyak isyarat dalam kitab suci Al-Quran dan sejumlah peninggalan yang ditemukan di pulau Jawa, antara lain : Candi Borobudur dan Prambanan dengan segala artefaknya semuanya menunjuk ke satu hal, yakni “La Ilaha Illalahu” (tiada Tuhan selain Allahu) yang ada dalam syariat Islam. Jadi nabi Sulaiman AS lah yang bisa diduga sebagai penguasa kerajaan dan peradaban maju di kepulauan Nusantara yang kekuasaannya terbukti pernah mencapai wilayah separuh dari daratan Asia, yang kemudian hancur kembali oleh azab Allah SWT karena kekafiran generasi penerusnya yang percaya kepada sihir. Di kepulauan Nusantara sejak dahulu banyak terdapat ilmu-2 sihir yang amat dilarang oleh agama.

    Setelah itu di kepulauan Nusantara berkembang pula penerusnya kerajaan Majapahit yang sebetulnya adalah kesultanan Majapahit. Dan sang Mahapatih Gajahmada sebenarnya bernama Gaj Ahmada, yang karena logat asli pribumi menyebutnya dengan sebutan langsung Gajahmada. Kerajaan ini dinamakan Majaoahit karena berdiri di daerah yang banyuak ditumbuhi buah yang rasanya pahit, yakni buah Maja menurut sebutan penduduk setempat. Asalnya buah tersebut tidak pahit, melainkan manis dan lezat. Namun sesuai dengan isyarat dalam Al-Quran, setelah azab Ilahi yang berupa banjir besar yang diduga diikuti oleh gempa-2 dan letusan gunung-2 berapi yang dasyat, telah menenggelamkan sebagian daratan Nusantara hingga menyisakan kurang lebih 17.000 buah pulau besar dan kecil yang saat ini masuk dalam kedaulatan NKRI. Diduga oleh karena kemajuan peradaban dan teknologi yang dikuasainya saat itu sebagian penduduk Nusantara ini banyak yang berhasil menyelamatkan diri ke daratan Asia dan menyebar menjadi penduduk Asia hingga ke Eropa dan Afrika dan benua Australia sebagai suku Aborigin. Sebagian penduduk yang menyebar ke Asia berasimilasi dengan penduduk setempat. Di sisi lain asal-usul suku bangsa Jawa sendiri yang diduga merupakan bagian dari rombongan pelarian Nabi Musa AS dari kejaran tentara Firaun Mesir, maka bisa diduga pula bahwa kepulauan Nusantara inilah merupakan Promis Land yang sebenarnya, yang saat ini diyakini sebagai di daratan Palestina.

    Melihat berbagai kesesuaian dan kemiripan yang dimiliki oleh kepulauan Nusantara dengan berbagai isyaratkan Allah dalam kitab suci Al-Quran serta hasil-2 penelitian para ahli, maka penduduk yang mendiami kepulauan Nusantara dari Sabang sampai Merauke ini pantas berbahagia dan bersyukur menjadi bangsa Indonesia yang mendiami kepulauan Nusantara yang subur dan kaya status ini. Rasa syukur dan bahagia ini seyogyanya menjadi alat pemicu diri untuk berusaha mati-matian mempertahankan keutuhannya dalam NKRI yang kita cintai ini. Mana tahu jika bangsa Indonesia sudah berhasil mencapai taraf pemikiran yang tinggi seperti nenek moyangnya jaman dahulu kala, bangsa Indonesia sebagai bangsa yang mendiami kepulauan Nusantara sebagai warisan kerajaan besar Atlantis, Nabi Sulaiman AS, kesultanan Majahapit dan Kesultanan Sriwijaya mampu bangkit kembali menjadi bangsa yang maju di dunia, yang tidak akan pernah dipandang sebelah mata oleh neraga-2 lain di dunia.

    Hidup Indonesia !

  45. sandi said

    jika akhu sandi syahputra pemimpin negara NKRI pasti akhu kembalikan smua hak-hak dari apa yang seharusnnya di miliki oleh rakyat ku???
    akhu tidak hanya omongan belaka saja tpy smua akan akhu wujutkan dengan benar2???????

  46. ALIEN said

    Ambil sisi positifnya sajalah. Setidaknya kelemahan Indonesia yang belum memiliki teknologi canggih untuk menambang emas seperti nenek moyangnya dulu bangsa Atlantis, Indonesia masih mendapatkan ilmunya untuk menerapkannya pada tempat yang lain. Barat memang bangsa yang diberikan kelebihan dalam hal kecerdasan oleh Yang Maha Kuasa. Untuk itu positif thinkingnya bangsa Indonesia dapat mengambil ilmu darinya untuk kemajuan peradabannya. Selama tidak saling mengganggu, marilah kita hidup damai dengan semua bangsa di dunia. Dari kebersamaan inilah kelak akan lahir kebaikan bersama menuju masa depan yang cemerlang.

  47. aina said

    Sadarlah para pemimpin bangsa !!!! bagusnya hukuman mati bagi koruptor…

  48. Anonim said

    indonesia kya akn hsil bmi….tpi g’ d kelola sendri…..?

  49. Anonim said

    Tuhan tersenyum lirih memandang bangsa-bangsa berebutan kekayaan di hamparan gunung Gersberg Tanah Papua,,,,,
    Mungkin saja Tuhan akan berkata : ‘ Kok, tanah di mana tambang itu Aku letakkan menjadikan manusia nampak serakah saling berebutan,, sdgkan anak-anakKu yang ada di atas tanah itu masih hidup dalam kemiskinan’…
    Sampai kapan fenomena ini akan berlangsung terus ???

    Banyak masyarakat pribumi meninggal dunia karena limbah hasil produksi tambang. Di manakah perasaan kemanusiaan bangsa-bangsa ?

  50. saya sulit membedakan antara mafia dg pemerintah,uud 45 p.33 a.3 seluruh kekayaan bumi di kuasai negara dan sebesar-besarnya untuk kemamuran rakyat ‘sangat jelas’ sementara ini tida demikian dikuasai USA dan sebesar-besarnya untuk kemamuran USA ‘anda-anda seperti tida akan mati,padahalkau tidak akan miskin jika memper hatikan ini semua (preeport) untuk rayat NATIONALISASI SELURUH PERTAMBANGAN DARI MEROKE SAMPAI SABANG KARNA ITU ADALAH RUH DARI UUD 45

  51. rakyat jelata said

    mantap,,50 orang telah terbuka mata dan pikiran untuk senantiasa bangkit dari tirani yang membelenggu negri papua,,ataw negara indonesia,,sadarlah sahabat,,semua keburukan yang terjadi di bumi papua ini telah direncanakan dengan trik dan penuh dengan kekuatan dibelakangnya,,kalaupun kita (51 orang) dengan saya ditambah semua elemen yg mendukung perubahan di negri ini bersatu untuk melawan segelintir orang di belakang freeport,,atw perusahaan minyak asing di negri ini, sangatlah penuh pengorbanan,,mungkin hanya akan menimbulkan banyak kerusakan di negara ini,, mereka sangat kuat,,mereka bukan suatu negara atau yg kita sebut amerika,,tidak semua rakyat amerika ada di belakang mereka,,ini hanya segelintir orang yg di bekingi oleh petinggi2 di lembaga2 yang sangat kuat dan strategis yang ada di amerika,dan sejumlah negara lain,,termasuk di negara kita sendiri,,bukan hanya bumi kita yang di obok2,,semua propaganda telah di canangkan dinegara2 yang sumberdayanya berlimpah,, sebelum mereka masuk ke indonesia,,semua media dikuasai,alhasil tak pernah rakyat mengetahui berita atau apapun yang sedang terjadi di negri ini sejak kedatangan mereka,,tapi ini bukan lagi di tahun 76,,yang mungkin internet blm merakyat,,sekarang waktunya untuk menggalang persatuan untuk mendukung kekuatan yang ada,,membinasakan kutu2 garuda kita dahulu,,setelah rakyat kuat,,pemimipin kuat,,hukum kita kuat,,barulah kita usir mereka yang telah merampok bumi persada puluhan tahun lamanya,,untuk selamanya,,waktunya kita berkata,,, HUKUM SEBERAT2NYA KORUPTOR,,!!

  52. Anonim said

    percuma kejar koruptor.andai aja aku dekat papua,, aku pasti ikut ma gerakan papua merdeka,,aku mau di jadikan panglima perang papua.ku brondong warga asing yg tanpa terkecuali.dan ayo kita bangun sungai yg lebar di jakarta.penggede klu lewat bawa uang korup biar gak terhambat macet BANJIR di saat bawa uang dapetnya korup,,lalu kita dorong sekalian ke tempat yg dalam sekalian.

    ADA YG MAU IKUT
    AKU?????????????????????????????????????,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,ya ALLOHHHHHHHHHHHHHH

  53. nofit yudianto said

    Indonesia kalo bisa mengelola sendiri emas/gas seferon di sulawesi setiap orang individu bisa di gaji 50juta perbulan

  54. nofit yudianto said

    Indonesia miskin itu gara2 pemimpinya yang tidakk mau mengelola hasil tambang di tanah air indonesia papua,kalimantan,sulawesi

  55. nofit yudianto @Bukan negara kita yang nggak mau,,,!!!
    Itulah yang namanya azab, apa artinya kita bangga dengan kekayaan
    yang ada di negara kita, apa kita nggak malu sendiri,,???
    bahwa bangsa kita terbukti menjadi bangsa yang ingkar,

  56. […] Ternyata, Negara AS Dibangun dari Emas Papua!!. […]

  57. 999 said

    Berarti negeri Amerika seolah-2 sudah dibeli oleh Indonesia, he, hee ………. kayak banget ya Indonesia.

  58. udahlah percuma bos, lu pikir lu udah merdeka, belum coy, mau lu jadik budak lagi, kayak jaman romusha mendingan sekarang lu masih jadi juragan, makanya sekolah yg pinter, bangun kekuatan jangan omdo

  59. Lebah Toli said

    Dan Negara Paling Bodoh Adalah Indonesia Jadi AS Membodohi Indonesia Hahahah

    Papua Merdeka Baru Tendang AS

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: