KabarNet

Aktual Tajam

Pendeta Gugat Pesangon Ke Gereja Tiberias

Posted by KabarNet pada 16/04/2010

MERASA telah diberhentikan secara sewenang-wenang, Pendeta Yohanes Lucky Tinga, M.Th., menggugat Gereja Tiberias Indonesia (GTI). Kini perkaranya sedang diproses di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI), Jakarta. Sayangnya, sebelum upaya pendeta yang melayani di Gereja Tiberias Pegangsaan Timur, Jakarta Pusat ini membuahkan hasil, ia lebih dahulu dipanggil Tuhan. Kini sengketa itu diteruskan oleh ahli warisnya.

Sengketa berawal dari pemberhentian pelayanan yang dilakukan oleh GTI sejak 3 Mei 2009 silam. Tidak jelas alasan pemecatannya, tapi lewat pengumuman di buletin Tiberias Warta Mingguan diketahui bahwa alasan pemecatan itu lantaran Yohanes telah memasuki usia pensiun.

Yang menjadi masalah, GTI tak memberikan kompensasi apa pun kepada Yohanes yang sudah mengabdi 15 tahun. Upaya hukum pun diluncurkan. Pertama, ke Disnakertrans DKI Jakarta, tapi tuntutan Yohanes kandas. Disnakertrans menyatakan tak ada hubungan kerja antara Yohanes dan GTI.

Dengan dalil adanya unsur pekerjaan, perintah, upah yang diterima setiap bulannya, Yohanes melayangkan gugatan ke PHI Jakarta melalui kuasa hukumnya. Ia menuntut agar GTI—sebagai badan hukum sesuai SK Dirjen Bimas Kristen Departemen Agama Tahun 2002—memberikan uang kompensasi PHK sesuai UU Ketenagakerjaan. Kompensasi PHK yang diminta berjumlah Rp 425.500.000 (empat ratus dua puluh lima juta lima ratus ribu rupiah). Itu belum terhitung upah berjalan penggugat sejak 3 Mei 2009 hingga Mei 2010 (perkiraan penyelesaian perkara) sebesar Rp 180.000.000 (seratus delapan puluh juta rupiah).

Bukan gaji

Kuasa Hukum GTI, Paskalis Pieter SH, MH, mengatakan bahwa gugatan itu salah alamat. “Sesungguhnya tidak ada hubungan kerja yang terjalin antara pendeta dan GTI. Pendeta merupakan pelayan Tuhan dan manusia yang tak mengenal gaji atau upah,” katanya mengutip pasal 9 ayat (1) AD/ART GTI. Di situ ditulis bahwa GTI tak memiliki peraturan penggajian atau penggolongan gaji untuk para pendetanya dan Guru Injil (evangelist).
“Seperti ustadz yang selesai berkhotbah di masjid dikasih ‘amplop’ atas pelayanannya, sama halnya dengan pendeta yang diberi amplop atau disebut uang persembahan kasih setelah selesai berkhotbah di gereja yang dikunjungi,” kata Paskalis.

Paskalis Ascara Da Cunha, pengacara GTI yang lain, menambahkan bahwa gereja merupakan badan hukum nonprofit atau tak mencari keuntungan. “Gereja mana yang mencari keuntungan?” Sama hal dengan badan hukum yayasan, panti asuhan, atau LSM. Jadi ketika seseorang bekerja di badan hukum nonprofit bukan mengharapkan mencari gaji, melainkan melayani. “Umumnya mereka bekerja merasa terpanggil untuk membantu.” (Paul Makugoru/reformata)

156 Tanggapan to “Pendeta Gugat Pesangon Ke Gereja Tiberias”

  1. Anonim said

    Steiven Kaligis
    Dari pada kita berdebat,mari kita Doa e’ Baca Firman Tuhan agar kita lebih tau Kehendak Tuhan.Jangan kita cuma saling menghakimi.GBu ALL.

  2. jangan menghakimi said

    kita harus melayani dengan sepenuh hati dengan sgenap jiwa raga ,mmangnya kita hidup di dunia hanya untuk bersenang2 berfoya tidak kita hidup hanya untuk Jesus dia telah menciptakan kita berkorban nyawa untuk kita knpa kita tidak mau berkorban untuk Jesus tuhan kita?smua yang kita lakukan akan di pertanggung jwabkan !

  3. Anonim said

    memang sekalipun itu pendeta atau apalah kalau yang tidak mengerti pelayanan selalu berpikiran duniawi jadi orang yang semacam itulah yang di lempar Tuhan

  4. abataklu said

    Kelihatannya jemaat masih belum sadar bahwasannya gereja itu sudah lama komersial.

  5. Anonim said

    Jadilah terang dalam kegelapan, maka upahmu besar disorga, carilah dahulu kerajaan Allah maka semuanya akan ditambahkan.Karena Yesus rela mati menjadi miskin supaya kita jadi kaya.

  6. grace said

    GTI tata ibadahnya tidak seperti dulu,, sekarang GTI ibadahnya seperti klub malam, apalagi tim pujian bonerges pakaiannya SEKSI-SEKSI, pencahayaan lampunya pun seperti klub malam, sehingga membuat jemaat tidak khusuk ibadah,, Thx n JBU,, harapan saya, biarlah tata ibadah tiberias seperti dulu, tidak usah terlalu moderen.

  7. Anonim said

    lebih baik tata ibadah Tiberias yang dulu, baru masuk saja sudah dirasakan hadirat-Nya, skarang seperti dikejar-kejar untuk tanyangan biar cepat trima gaji

  8. kebenaran Injili said

    jangan memberi perpuluhan ke gereja tiberias lagi,karena dana yang diberikan hanya memperkaya diri tiberias saja sementara masih banyak gereja-gereja miskin yang butuh dana kita,mereka itu penipu dan pendeta-pendetanya banyak yang tidak bertanggung jawab, liat saja rata-rata keluarga pendeta-pendeta tiberias cari uang saja di gereja,pendeta-pendetanya dan keluarga nya berfoya-foya diluar negeri malah banyak pendeta-pendeta tiberias yang berzinah.jangan2 jemaat Tuhan sdh banyak yang disesatkan oleh gereja tiberias menuju akhir zaman..apa yang mesti kita lakukan supaya jangan sampai banyak orang kristen yang binasa karena sudah tersesat.tiberias sudah melakukan penipuan tentang firman Tuhan…semoga kita semua sadar akan hal ini dan kembali ke alkitab-firman Tuhan yang benar,bukan di tipu.

  9. antony liem said

    ivan tanudjaja yang adalah menantu pariadji,ternyata punya istri ke 2 di singapura orang singapura,malah anak pariadji ada yang kena narkoba ternyata karena dijebak oleh sang mantu,ivan t..atas suruhan sang mantu..sangat mengerikan,seorang pendeta.

  10. TP said

    yang ivan,I pernah diberitahu dari church I di singapore,kita doakan cepat tobat,tapi kurang etis open forum pak antony, ini tentang pesangon yang macet bayar,pdt pariadji nda pelit lah kasih pesangon,may be pdt pariadji sekarang kurang ambil pusing dengan keuangan,urusan pdt pariadji toh khotbah bukan pesangon,please.saran I, U tanya langsung pdt pariadji

  11. natalie said

    Salam damai,
    Jangan menghakimi siapapun,pendeta juga ‘manusia’. Apakah kita scra pribadi ga prh b’buat dosa?mau zinah,narkoba ataupun ‎​8-|(n)..β̣̣̥Ợ̥ợ̣̣̝̇̇̇ợ̣̣̇̇̇ƞǦ̩̥!!! 8-|(n) ttp aja di mata TUHAN YESUS dosanya sama(ga ada yg lbh berat/lbh ringan).
    Ke gereja n doa itu hubungan pribadi kita dgn TUHAN YESUS(jdi ga prlu mengidolakan pendeta2,minta Hikmah dri TUHAN YESUS) dan saya yakin TUHAN YESUS tidak pernah salah memberkati gereja2NYA n jemaatNYA.
    JESUS Bless u all….

  12. bravey said

    Aku pernah baca tentang pendeta dari Minahasa. Dia adalah pendeta pengkotbah yang banyak memurtadkan orang dengan cara macam2, misal dengan memanfaatkan narkoba untuk menjerat anak muda.

    Suatu malam (malam Jumat) dia bermimpi bertemu Yesus. Yesus mengajak dia dan kemudian datanglah seseorang yang mengaku nabi Isa. Dalam mimpinya Yesus dan nabi Isa bertempur dan dimenangkan oleh nabi Isa. Yesus tsb berubah wujud menjadi Iblis.

    Besoknya hari Jumat dia mendapat musibah dan dikejar orang, yang mengakibatkan si pendeta ini lari ke dalam mesjid yang waktu sedang akan dilakukan sholat Jumat.

    Singkat cerita pendeta ini kemudian menjadi muallaf.

    Jadi kesimpulannya: Mimpi bertemu Yesus belum tentu Yesus sbg utusan Tuhan. Yesus dalam mimpi tsb adalah Iblis yang menyamar sebagai Yesus.

  13. misionaris said

    kalo pastor ivan tanudjaja yang berzinah,gue dah tau dari 2 tahun yang lalu dari temen gue,anak pastor …banyak orang yang sudah tau kalau ttg pastor ivan biasa klo zinah ke LN.cuma yang gue pertanyakan,anak pastor pariadji,arseto itu kan bandar/pengedar narkoba kelas international lho malah,arseto sekarang kaya banget dari hasil money laundring narkoba,sudah pernah ditindak kepolisian,tapi dikeluarkan lagi sama pastor pariadji,arseto sampe punya rental car and apartemen mewah dari dagang narkoba,tergolong Mafia donk namanya,yang jadi pertanyaan gue,dimana pariadji melihat anaknya arseto jadi pengedar barang haram?kenapa mesti ditutup-tutupi sementara semua orang sudah dengar kesaksian nya..kenapa arseto dibiarkan beredar.trakhir gue dapat kabar,pemuda/i boanerges yang dipimpin argo, banyak yang pake ekstesi(inex,etc).setiap sabtu pekerja boanerges ibadah,setelah selesai ibadah,pekerja muda/i nya ke daerah bogor,mereka melakukan praktek prostitusi.kalo tidak percaya silahkan cek,suruh paparazi tiberias,mengamati pemuda/i boanergesnya,bisa dibuktikan sendiri apa yang gue sampaikan,gue juga ada foto praktek mereka,jadi gue bukan menghakimi lho,tapi gue bermaksud ingin menyelamatkan nasib orang2 yang niatnya bersih untuk ibadah,dan bukan sampai terjerat hal-hal seperti diatas.mudah-mudahan bisa ditanggapi secara positif dech.karena gue butuh bukti dari ucapan pastor gembala

  14. @ All

    lo semue gak perlu nyalahin pandeto dan pandeti lo, mereka itu cuman mempraktekan apa yg diajarkan dalam kitab injil lo yg porno itu, yakni kitab kidung agung dan yehezkiel yg isinya tertulis dengan vulkgar kata kata sundal, buah dada, bahkan zakar disebut-sebut dalam kitab yg lo bilang kitab suci. Lo semue tau kagak arti suci ? ape masih layak sebuah kitab yg isinya terdapat kata porno disebut kitab suci ?

    pade dikemanain semue otak lo? makanye, kagak useh heran kalao perzinahan, pedofil, homoseks, gay dan lesbi sudah mewabah di kalangan gereja bahkan paus yg sebagai otoritas keagamaan kristen tertinggi aza ada yg mati karena penyakit sepilis dan kelainan seksual dan yg paling menyakitkan setiap ada skandal pelecehan seksual di gereja selalu ditutup-tutupi dan oknum pelakunya bebas tidak terjerat hukum.

    Kalo gembalanya suka yg porno, itu karena mereka terinspirasi dari cerita cerita porno yg ada dalam injil makanye lo baca tuh injil baik2x jangan lo telen bulet2x.

    Gembalanya aza kek gitu apalagi kelakuan dombanya, ya makin sesatlah.

    gitu aza kok repot

  15. Jehovah said

    tiberias skrg-skrg tidak berasa ada urapan lagi tdk seperti dulu,jangan sampai seperti sodom dan gomorah dibinasakan Tuhan karena dosa-dosa mereka,mari kita doakan agar roh-roh dan kuasa setan dihalau dari gerejaNya dan jemaatNya

  16. bless said

    ehm, sebelumnya saya ingin berkomentar mengenai artikel ini, menurut saya bukannya tiberias tidak bisa memberikan pesangon kepada tiap pendetanya..namun mungkin itu dikembalikan lagi kepada iman seseorang mengenai konsep berkat bagi masing2 pribadi..karena perlakuannya sama kepada jemaat..banyak orang yang berpikiri GTI hanya untuk orang2 yang berkecukupan..karena banyak jemaat yang letaknya jauh dengan ibadah tidak diakomodasi seperti organisasi lain..yang apabila beribadah,bagi yang kekurangan biaya akomodasi nanti diganti..dari hal yang saya beritahukan tadi saya berfikir GTI itu gerjea yang hanya memfasilitasi kita dengan Tuhan langsung..butuh sesuatu ya bicara langsung dengan Tuhan dengan Iman pasti diberikan..

    masalah mengenai GTI sebagai organisasi saya belum pernah ada pdt yang berani menggaransi kata2nya sepert yang Pak Pariadji lakukan, kalau berbicara mengenai gereja..gereja adalah kabar baik mengenai kerajaan ALLAH yang dimana kerajaan itu bukan hanya mengenai kata2, tapi juga KUASA..mujizat..jadi banyak organisasi yang kebanyakan tidak percaya dengan kuasa tersebut..karena di GTI kuasa it di kenalkan melalui Perjamuan kudus dan Minyak Urapan itu sendiri..

  17. Anonim said

    saya rasa disini banyak yg jd korban sakit hati ya sama “GTI Tiberias” (personal to personal).. hari gini masih sakit hati..? makanya ke gereja tuh jgn lihat orangnya!!!!!!!!!!! tp lihat apakah hati pribadi masing2 masih bersih untuk dtg kehadirat Tuhan Yesus.. Pengajaran gereja Tiberias adalah pengajaran ttg akhir zaman yang memang benar2 NYATA. ingat KESELAMATAN menuju sorga ialah MASING2.. bukan dibawain sama teman..

  18. Tan Iwan said

    ga heran kalau ivan tanudjaaja zinah, hal biasa etnis chinese memang kalau nikah sama pribumi atas dasar untung rugi,kalau banyak cuan/untung nya dikawinin deh,stlh merasa sudah kaya..tinggalin d,tinggal kawin lagi dengan yang laen.kalaupun masih bertahan cm formalitas.chinese hny setia dalam perkawinan dgn sesama chinese,kalau sama pribumi hny atas dasar bisnis untung rugi..cuan or not

  19. hidup orang minang said

    arseto kan dah nikah sm orang minang moslem di KAU,sama sprti bu Etty,kita doakan someday istri arseto trima Tuhan Yesus dan memenangkan orang2 minang,drpd chinese sifatnya jelek,baik sm orang kalau lagi ada maunya,super licik, semena mena sama orang

  20. yoris said

    SORGA dan NERAKA itu nyata lihat dan baca kesaksiaan dari orang-orang yang pernah kesana di alamat http://divinerevelations.info/indonesia/ , Ya Bapa ampunilah mereka smua. Akhir zaman semakin dekat, marilah kita isi bejana kita dengan minyak jangan sampai kehabisan saat mempelai Pria Surga datang sehingga kita terlambat menyambutNYA.

  21. Anonim said

    Kerja bt Tuhan … Slalu manise . Biar pikul salib slalu manise .

  22. AKU said

    BERTOBATLAH KERAJAAN TUHAN SUDAH SANGAT DEKAT

  23. Sdr2ku, sudah terlalu lama orang berdalih bahwa gereja tidak mencari keuntungan atau uang dalam pelayanan. Alasan ini ada bernarnya untuk gereja tertentu yang memang tidak punya apa-apa selain karunia dan belaskasihan Tuhan terhadap gereja itu. Tetapi ada sejumlah gereja yang telah menjadi kaya raya mendulang uang setiap minggu, bulan dan tahun tanpa pernah diaudit oleh pihak manapun. Dalil mana yang kita pakai untuk mengukur gereja?

    Kalau kita melihat Alkitab sebagai nara-sumber, jemaat dalam gereja seharusnya memberi perpuluhan untuk keperluan pelayanan gereja. Tidak ada ayat pendukung untuk memberi “kolekte”, adapun kolekte yang sekarang, ada yang sampai 4x dalam sekali ibadah itu bermula dari ajaran Katolik. Tak bisa disangkali, gereja-gereja besar telah mengumpulkan uang tanpa batas etika dengan membangun gedung yang serba mewah padahal sebagian jemaat miskin. Kembali kepada kasus Pdt Yohanes Linga di atas, harus dilihat secara jernih tanpa berdalihkan “firman” sebagai pembenaran semu.

    Peinggi-petinggi GTI harus jujur, jangan hanya di mimbar “pura-pura” jujur adakah mereka tidak punya uang untuk menyantuni seorang yang telah berjasa selama 15 tahun untuk “membesarkan” nama GTI? Beruntung GTI ada di Indonesia, kalau ia di USA harus diaudit untuk membayar pajak kepada negara, karena mereka mengumpulkan uang setiap minggu. Gereja-gereja di Indonesia diperlakukan seperti menara gading oleh lembaga keuangan negara, bahkan semua organisasi yang berlabel agama bebas mengumpulkan uang dengan berbagai cara.

    Gereja dengan sangat mudah menjatuhkan hukuman untuk seseorang yang tidak berdaya menggunakan ayat-ayat firman Tuhan sebagai tameng pembenaran lewat pengacara pula. Ada saja alasan untuk menghukum seorang pengerja atau pendeta di sebuah gereja, tetapi pengabdian selama 15 tahun ini dianggap apa? Kalau Pdt Yohannes berbuat kesalahan, bisa saja terjadi, namanya manusia, tetapi ada aturan main dalam mengambil keputusan dan dalam hal lini, saya tidak kenal-mengenal dengan pihak manapun baik Yohannes maupun GTI. Apakah sejak semula pada pengangkatan pertama sampai tahun ke 15 yang namanya Yohannes pdt, sudah nyata-nyata berbuat salah? Mengapa baru sekarang diberhentikan tanpa memberi santunan?

    Sdr2 petinggi gereja2 dimana saja. Apa yang kita tabur itu juga yang kita tuai. Bukankah Yesus telah mati untuk kesalahan, bahkan dosa kita? Mengapa Yesus harus “membayar” tebusan lewat darah? Yesus tidak pernah membuat suatu “interview” dengan kita tentang karya penebusan-Nya, Ia langsung pasang badan tanpa tanya jawab tentang kesalahan kita. Itulah yang harus diteladani bila berhadapan yang bersalah terlebih kepada orang yang mengabdi bersama-sama dengan kita dalam pelayanan umat.

    Saya tidak membela yang manapun kecuali memberi contoh yang berlaku universal buat semua umat Kristiani.

    Stephan Manullang
    Seattle of USA

  24. Khristian said

    saya jujur sebenarnya tidak ingin menghakimi, tetapi saya juga wajib menyelamatkan saudara/i terkasih saya yang pastinya banyak ingin mencari wajah Tuhan Yesus. Saya dulunya juga pernah bergereja di GTI malah bahkan GTI adalah gereja pertama istri saya yg kebetulan adalah ex-moslem. Saya sebagai imam harus menjelaskan pokok iman Kristiani yang sebenarnya kepada GTI. Pada awalnya saya fine-2 saja, namun saya mendapati kejanggalan terhadap GTI.
    1. Pdt Yesaya Pariaji secara terang benderang memproklamirkan dirinya memiliki roh martyr. Gelar martyr diberikan dengan tolak ukur jika ybs sudah tidak hidup didunia ini lagi, dan yang memberikan gelar tsb pastinya adalah penyebar kabar keselamatan yang mungkin adalah “teman seperjuangan atau seperjuangan dalam pokok Tubuh Kristus”. Dan lagi Pdt Pariaji sering saya lihat berjalan dengan menggunakan pengawal dari brimob dan forwader ketika safari kotbahnya, bahkan selalu dari gereja GTI yg satu ke yg lainnya.

  25. Khristian said

    2. Pdt. Pariaji juga menyatakan dirinya adalah penggenapan dari pokok zaitun di akhir zaman pada buletin Tiberias. Saya langsung merasa sangat ganjil dengan pernyataan beliau ini, dan biarlah Tuhan Yesus Yang Maha Adil dan Maha Tahu yang menyelidiki setiap insan hati manusia yang mengucapkan NamaNya.
    3. GTI mengkultuskan minyak urapan dan perjamuan kudus.
    Apa yang saya paparkan ini bisa dibuktikan melewati buletin tiberias sendiri.
    Tuhan Yesus memberkati

  26. Khristian said

    TOLAK UKUR MARTYR ADALAH KEMATIAN. Jadi adalah sesat jika ada seorang manusia memproklamirkan dirinya memiliki roh martyr ketika masih hidup, bahkan rasul paulus ketika sudah dipenjara dan disiksa, tidak pernah ada ayat bahkan ketika menerima kitab wahyu yang menyatakan bahwa dirinya adalah memiliki roh martyr.

  27. “syalom”Puji Tuhan kalau menurut saya tak ada gereja yg dapat menyelamatkan orang masuk ke surga,,baik gbi,gki,hkbp,gti atau apapun juga.karna yg menyelamatkan kita adalah iman percaya kita kepada TUHAN JESUS dan melakukan setiap perintah TUHAN.mari kita sebagai umat kristen jangan saling menghakimi,saling menyalahkan,jangan berdebat,jangan saling komentar dengan kata2 yg tak pantas…mari kita saling mendukung antara gereja yg satu dengan yg lain.saling menghormati pendapat masing2 dan lebih baik kita banyak berdoa dan bergumul minta petunjuk,hikmat, dan wahyu sama TUHAN JESUS mana yg terbaik bagi kita…soal pdt yohanes sama pdt pariadji biarlah itu jadi urusan TUHAN mn yg baik dan tidak baik,mana yg benar dan tidak benar kita serahkan aja ke TUHAN JESUS biar DIA saja yg menyelesaikan OK TUHAN JESUS mengasihi kita semua Amin

  28. “syalom”saya mau komen lagi nih, menurut saya memang ada fereja2 yang pemimpinnya TUHAN pakai untuk menggembalakan umatNYA ..TUHAN mengurapi mereka dengan talentanya masing2.gereja 1cenderung dengan perjamuan kudus dan minyak urapan.gereja 2lebih condong ke puji2an,penyembahan,bermasmur dan pada saat itu di lakukan ada mukjizat.ada lagi gereja yg di tuntut untuk berkorban se akan2 pendetanya kejam tapi itu semua benar. bila itu di lakukan benar2 untuk Tuhan…himbauan untuk bapak pemimpin gereja jangan merasa gereja yg anda pimpin paling benar, kalau gereja anda yg paling benar berarti orang dari gereja lain tidak bisa selamat dong pak walaupun dia percaya JESUS hidup sesuai firman TUHAN karna dia tidak masuk gereja anda..TUHAN JESUS sendiri bilang Akulah jalan dan kebenaran dan hidup barang siapa mau datang kepada BAPA harus melaui AKU..ada lagi firman bilang,,bila percaya JESUS bertobat dan di baptis dalam nama JESUS pasti selamat begitu kan pak pendeta..”GBU”

  29. “syalom”saya dari persekutuan gereja lain tapi karna persekutuan gereja saya di batam tidak ada ya saya ikut ibadah di gereja tiberias saya merasa HADIRAT ALLAH hadir ,,kalau pendetanya hotbah saya merasa ada pemulihan rasanya seperti tuhan mangingatkan akan dosa2 dan kesalahan saya ..saya pulang ibadah serasa ada damai sejahtera, sukacita yang tak bisa terungkapkan dan merubah kelakuan saya menjadi lebih baik..tapi saya merasa kurang puas dengan puji2an dan penyembahannya cepat sekali..coba puji2annya 30 menit penyembahan 30 menit pasti puas memuji dan menyembah tuhan jadi kita betul2 di bawa masuk hadirat ALLAH…TUHAN JESUS memberkati “AMIN”

  30. Daud said

    Kalau saya milih ikutan Yesus yang asli aja,…. sholat….

  31. ReagenT said

    KASIH,,,,,klo milik JESUS,,pasti ada Kasih,,,nda mikirin fitnah,menghakimi,gosip,..
    fokus ama pelayan,pendeta,gembala,….jdi keseringan kecewa,…fokus ama YESUS,,
    aja bagi yg seiman,… tapi keliatan koq,,,,yg banyak kata2 negatifnya mungkin,,penyusup,,
    atw mesti dilayani secara khusus,,…( pelepasan roh2 jahat,,kira2,..),,stujuuu!!!,,Gbu all

  32. arif sebastian said

    ‘Untuk kesalahan Pendeta Yohanes (terlepas benar/salah,Tuhan yang tahu),harusnya Bp.Pariaji memaafkannya,sesuai ajaran Yesus kita harus bisa mengampuni orang yg bersalah pd kita sebanyak tujuh puluh kali tujuh kali (matius 18:22).
    – untuk pendeta yg melakukan zinah atau memakai /pengedar narkoba seharusnya tidak boleh terjadi: karena jemaat/domba-dombanya akan resah,iman dan rohaninya akan turun sehingga menimbulkan krisis iman bagi jemaat/gereja tsb.
    -apapun kesalahan orang/pendeta itu kita harus mengampuninya dan memberi kesempatan utk mereka bertobat, kecuali orang (pendeta) itu melakukan kesalahan lagi yg sama, maka orang/pendeta tsb harus difonis dan diberikan sanksi yg berat.
    menurut saya nih orang yg melakukan kesalahan yg sama berarti orang tersebut lebih bodoh dari tupai (karena tupai tdk akan jatuh dari ranting/ yang sama.jadi kalau ada orang yg melakukan salah 2x yang sama jangan di kasih ampun deh!.(ini berlaku bila kesalahan 2x yg sama menimbulkan kejolak bagi orang banyak,kalau salahnya kecil/hanya berbohong datang terlambat pelayanan ya diampuni sampai 70kali 7kali).
    -Saya tidak setuju jika ada orang yg mengatakan kitab suci/kitab injil itu porno.
    Saran nih.kalau mau baca kitb suci/Firman Tuhan jangan sepenggal-penggal dan sebelum membaca harus berdoa lebih dulu agar dibimbing Tuhan agar kita memahaminya dgn benar,jika kita tdk berdoa terlebih dahulu maka setan akan mengganggu dan memberikan tafsiran yg salah.
    1.kitab Kidung Agung ditujukan kepada mempelai perempuan dan mempelai laki-laki.Seseorang disebut mempelai hanya pada saat hari pernikahnya,sebelum hari pernikahan disebut calon mempelai sesudah 1detik setelah pernikahan/peneguhan nikah mereka sudah menjadi suami istri.jadi Kidung Agung mengajarkan para mempelai yg sesaat lagi jadi suani istri agar selalu memuji pasangannya,kalau suami maupun istri selalu memuji dan membanggakan pasangannya dia akan selalu ingat pasangannya dan tidak akan melakukan Zinah/atau mengkhianati pasangannya.(jadi Kidung Agung puisi atau pantun cinta untuk memuji pasangannya yg SAH, agar hubungan rumah tangga harmonis).
    2.Kidung Agung mengajarkan agar seorang perempuan jangan membangkitkan/menggerakan cinta sebelum pasangannya menginginkannya.(dengan kata lain Kidung Agung mengajarkan agar kita harus bisa menahan nafsu).
    3.Kidung Agung mengajarkan bagaimana sikap/tindakan kakak kepada adiknya yg masih kecil yg akan dipinang orang.
    disini kakak harus keras seperti tembok melarang mengingatkan adiknya jangan melakukan hubungan sex/bercinta dengan tunangannya walaupun sudah dipinang, sampai menjadi suami istri yg sah.
    4.Yehezkiel mengajarkan dan memberi perumpamaan agar kita jangan menduakan /mengkhianati Tuhan seperti orang sundal dan yg berdosa agar bertobat.
    – saran utk sahabat2 :kesalahan seseorang adalah kesalahan dari diri pribadi orang tsb,jadi kalau menulis jangan menyinggung sara ” karena disorga tdk memilih orang dari suku apa ,ras apa,agama apa,gereja dari mana”. di kerajaan Sorga yg ada orang-orang yang melakukan kehendak BAPAKU YANG DISORGA.(matius 7 :21b). GBU
    orang-orang yang

  33. HAHAHAHAHAHAHA..... said

    Front Pembela Islam (FPI) membubarkan acara Miss Waria yang dilangsungkan di Aula Nyi Ageng Serang, Kuningan, Jakarta Selatan.
    Pasalnya, acara tersebut tidak memiliki izin dari Kepolisian maupun pihak pengelola. Dalam aksi ini, pihak FPI didampingi oleh pihak Kepolisian.

    Sedikitnya ada sekitar 800 waria sedang menyelenggarakan kegiatan pemilihan Miss Waria di lokasi tersebut. Ketika didatangi tempat itu ternyata tidak ada izin dari Polisi dan pihak gedung, bahkan pengelola pun tidak tahu ada kegiatan tersebut.

    Sekitar 10 anggota FPI mendatangi gedung tersebut dan menanyakan izin acara, ternyata mereka tidak mampu menunjukkan izinnya, bahkan pihak gedung menyebut tidak ada acara semacam itu yang akan digelar. “Ternyata tidak ada izin dari polisi, dari pihak gedung juga nggak ada izin. Malah pihak gedung bilangnya nggak ada acara seperti itu,” kata Ketua DPP FPI Jakarta, Habib Salim Al-Attas yang biasa disapa Habib Selon, Senin (3/12/2012).

    Mendapatkan informasi seperti itu, 10 orang anggota FPI membubarkan diri kemudian kembali ke tempat masing-masing. Tak lama berselang, ternyata FPI mendapatkan kabar kalau acara miss waria tetap digelar sekira pukul 18.00 WIB. FPI pun kembali ke tempat acara tersebut. “Jam 18.00 WIB kita bubarin. Mereka kabur kocar kacir saat dibubarin, tidak ada perlawanan. Kita melakukan pembubaran didampingi petugas dari polsek. FPI ada 10 laskar mereka tidak ada perlawanan, intinya, kita menolak kontes waria, negara mau dijadiin apaan kalau begitu,” imbuhnya.

    Sementara itu, Kabag Operasi Polres Jakarta Selatan, AKBP Yossy P Priambodo, membantah ada kelompok yang membubarkan acara miss waria tersebut. Menurutnya, acara tersebut dibatalkan karena memang tidak memiliki izin. “Nggak ada izinnya karena nggak direkomendasiin dari Pemda dan acaranya nggak jadi,” tegasnya. Yaah…tak ada izin, lalu dibubarin.

    Bagaimana kalau ada izinnya? Kalau ada izinnya, bubarin juga, cabut izinnya, karena tak sesuai dengan kepribadian dan jati diri bangsa Indonesia. Dan, meski tak ada izinnya, acara Miss Waria itu akan berjalan tanpa hambatan, andai tak didatangi. Alhamdulillah, ada yang tahu, lalu didatangi dan dibubarkan!.

  34. peace said

    Semua karena uang…….uang….dan uang….., mana roh maaf, mana roh kasih, mana hati nurani ? Habis manis sepah dibuang ! Sampai orang yg kerasukan pun dipercaya, wkwkkwkwkwkw ! Kalo ada konflik selesaikan secara kekeluargaan, jgn sampai jadi konsumsi public yg bisa membuat kristen dicemooh ! Yang hebat tuh Tuhan Yesus, bukan pdt nya! Ayo buka mata kita, jangan disesatkan !

  35. Anonim said

    kasian ya yg pada jelek2in orang lain. mau aja di bodohin sama blog go blog kaya ini. kalian liat aja ini blog isi’a apa. paling yg moderator’a pengurus muslim garis keras yg iseng pgn ngadu domba. sumpah niy bodoh banget yg punya blog’a. tampilan’a aja juelekk tenan.

  36. SULEMAN said

    PARA PDT PALSUSU=PENYESAT……..DI AKHIR ZAMAN

    PDT PALSU=PENYESAT DI RADIO RCM

    1.RUBIN ADI ABRAHAM

    2.Ir. ANDI HALIM…JGN SOK-SOK KOTBAH PALSU=PENYESATAN

    3.EV. GITO …SOK-SOK KOTBAH PALSU=PENYESATAN

    MIJIZAT TUHAN NYATA BENAR, JGN MEMUTAR BALIK……AJARAN PALSU=PENYESATAN

    OMONGAN ANDI HALIM TELAH ,MERUSAK,IMAN KRISTEN..

    JEMAAT GERJA DTG UNTUK KESEMBUH ILAAHI, …KALAU ANDI HALIM TDK PUNYA KARUNIA KESEMBUHAN

    JGN KOTBAH MEMUTAR BALIK INJIL YESUS

    PDT PALSU=PENYESAT JGN SOK-SOK KOTBAH MERUSAK GEREJA KRISTEN (KARNA IRI HATI=KEPAHITAN HATI=ENVIOUS)

    KOTBAH- PALSU=PENYESATAN Ir ANDI HALIM / EV.GITO.DI RADIO MERDEKA FM/ RADIO ZUSANA FM ( DI KOTA SURABAYA=JATIM)

    TELAH MERUSAK IMAN KRISTEN, MEMBUAT PARA PDT PENTAKOSTA MARAH,ATAS,KOTBAH PALSU=PENYESATAN

    AJARAN PALSU=PENYESATAN(DI CAMPUR ADUK ISLAM) JUSTRU DI LAKUKAN PARA PDT GKI PROTESTAN SINODE

    UNTUK PARA PDT PALSU=PENYESATAN DI GEREJA PROTESTAN GKI SINODE

    TDK USAK PROTES,KARNA ADA BUKTI KOTBAH=PENYESATAN ( DI CAMPUR ISLAM)

    JEMAAT GEREJA GKI SENDIRI.. YG TELAH MENDENGAR PD HARI MISAA=HARI MINGGU SAAT KOTBAH

    JGN KOTBAH= MEMUTAR BALIK INJIL YESUS,

    PARA PDT PALSU=PENYESAT DI GEREJA GKI PROTESTAN SINODE…..AKAN DI BUANG DI API NERAKA

    DI USIA 70 TH/ 77 TH/ 80 TH…MEREKA HARUS BERTANGUNG JAWAB ATAS KOTBAH PALSUNYA= PENYESATAN

    JANGAN SOK-SOK TAHU. ADA IBLIS DI OTAK(BRAIN) PDT GEREJA GKI SINODE

    AJARAN PALSU=PENYESATAN SAAT KOTBAH /KOPERTUKARAN PELAYANAN MIMBAR GERJA ( WILAYAH 1- DN LAINYA)

    INFO… DARI JEMAAT KRISTEN GKI

    Bpk LIMANTO BELUM TAHU SIAPA PDT PALSU=PENYESAT DI GEREJA GKI PROTESTAN SINODE

    GEREJA GKI PROTESTAN SINODE…..UDAH RUSAKKKKKKKKKKKK., AJARAN PALSU=PENYESATAN DI LAKUKAN

    JUSTRU DARI PDT GKI PROTESTAN SENDIRI

  37. Yuanita said

    Yang terima minyak dan anggur tidak akan dirusakan.
    Tuhan pakai Pak Pariadji sebagai penyalur kasihNya, apa itu salah?

    Orang yang mencela, mencaci, menghujat dan sebagainya biasaya adalah orang yang hatinya penuh dengan kebencian, kedengkian, iri hati, yang hatinya sedang sakit. Saya katakan seperti itu karna saya pernah merasakan apa yang disebut dengan kebencian, rasa dendam, iri hati dan semua yang membuat saya mengutuki orang-orang yang tidak saya suka.

    Umur saya memang belum genap 19 tahun, saya juga tidak melayani di gereja Tiberias, saya hanya seorang jemaat. Saat menyaksikan Pak Pariadji menangis, saya ikut menangis. Saya mungkin masih labil, tapi saya percaya kalau Tuhan mengasihi saya. Saya yakin Tuhan pakai hamba-hambaNya untuk menyampaikan kebenaran firmanNya. Tuhan tunjukin jalan yang benar buat saya. Kasih karunia Tuhan itu nyata, tapi apakah kita juga nyata mengasihi Tuhan?

    Saya juga pernah kecewa seperti kalian, sehingga saya berkata-kata dalam hati sembil menghujat hamba Tuhan dan yang terparah saya juga pernah menghujat Tuhan (ampuni saya Tuhan).Saya pernah berpikir mencari tuhan yang lain.
    Tapi puji Tuhan, Tuhan ga biarin iblis pakai saya untuk pekerjaannya. Saya masuk Tiberias bukan karna orang tua saya, saya masuk Tiberias karna disitu saya rasakan hadirat Tuhan. Tuhan pakai Pak Pariadji. Semakin banyak yang menghujat Tuhan dan pekerjaanNya semakin kemuliaan Tuhan dinyatakan.

    Satu hal yang saya pelajari dari pengalaman saya; kita boleh kecewa, tapi jangan tenggelam dalam kebencian, jangan ragukan imanmu dalam Kristus Yesus. Jangan bergantung pada pengetahuanmu saja. Sudahkah kau benar menerima Kristus yesus sebagai juruselamatmu? Yang terima minyak dan anggur tidak akan dirusakkan. Tuhan Yesus pasti menggenapi firmanNya. Yang percaya padaNya akan dipulihkan. Tuhan Yesus memberkati.

  38. gulo said

    Buat saudara/i saya semua,, tolong jgn berbuat dosa atas cerita ini lah, jgn hanya gara-gara cerita yg belum pasti saudara/i melakukan dosa melalui kata2,, mari kita memuji menyembah Tuhan saja dan memohon ampun atas dosa kita masing2,, klw masalah cerita ini biarlah Tuhan saja yang mengambil alih,, karna klw kita yg banyak berkomen mungkin sih tujuan kita adalah untuk membangun teman2 yg lain, tapi ingat andai saja cara kita membangun klw tidak pas bisa2 hasilnya bukan membangun loh, melainkan menjatuhkan atau membingungkan org banyak..
    Mari minta Hikmah dari Tuhan saja karna klw Tuhan yg berhikmah dalam hidup kita maka tidak pernah salah, dan klw kita beribadah juga di Gereja mana pun, bukan kita beribadah dengan karna melihat org itu ganteng atau pintar, tapi beribadalah kepada Tuhan, Tuhan Yesus Memberkati kita semua, Amin.

  39. http://regional.kompasiana.com/2012/12/30/kesalahan-terbesar-gereja-tiberias-benarkah-pdt-joshua-tumakaka-itu-pengikut-nyi-roro-kidul-514926.html

  40. Anonim said

    sesama umat kristiani hendaklah saling membangun bukan tugas kita untuk menghakimi kebenarannya dapat dilihat dari buahnya, bayi mati dalam rahim dibangkitkan,orang yg penyakit aids disembuhkan hanya TUHAN YESUS yg dpt lakukan itu kalau dengan kekuatan manusia itu tidak mungkin..berdoalah minta petunjuk dari YESHUA HAMASIAH ….JBU

  41. Benarkah Pdt. Joshua Tumakaka Pengikut Nyi Roro Kidul?

    http://regional.kompasiana.com/2012/12/30/kesalahan-terbesar-gereja-tiberias-benarkah-pdt-joshua-tumakaka-itu-pengikut-nyi-roro-kidul-514926.html

  42. Markus M. said

    Kesalahan Terbesar Gereja Tiberias, Benarkah Pendeta Joshua Tumakaka Itu Pengikut Nyi Roro Kidul?

  43. dony said

    seng podo akur lek,,.

  44. Daniel Ping said

    Membaca buletin tiberias minggu ini – wah wah wah Bpk Gembala GTI – rupanya beliau makin besar angkara murkanya kepada Ps Josua Tumakaka dan sdh beralih ke dendam kesumat dan doa pembinasaan – walaupun beliau masih belum diperintahkan untuk menyebut langsung nama Ps J Tumakaka. Wah Wah Wah wah rupanya Tuhan sedang membiarkan Beliau dipakai Roh Setan untuk menguji dan mencobai PS Josua Tumakaka – sampai kapan – hanya Tuhan yang akan memutuskan – Tugas kita – Mari kita berdoa agar Ps Josua Tumakaka diberi kekuatan oleh Tuhan sampai selesai waktu ujiannya dan nama Tuhan dipermuliakan . Juga kita berdoa agar Tuhan tidak membiarkan – beliau gembala GTI yang selama ini kita hormati – terlalu lama dikuasai Roh angkara murka dan roh dendam kesumat itu – agar kasih Tuhan kembali menguasai gereja GTI seperti sediakala. Kasihan para jemaat GTI yg ratusan ribu jumlahnya dan pendeta pendeta GTI yg dipaksa juga memberitakan kebencian dan bukan kasih Tuhan – Kasihan Kasihan – Kita jangan berhenti berdoa – Amen

  45. Dicky. said

    segala yg ada di muka bumi tidak ada yg benar, yg benar itu datang dari atas, tidak ada yg baik yg baik itu jga datang dari atas yaitu Allah Yang Maha Pengasih.Yesus berkata percaya KepadaKu dan Lakukan Kehendak Bapa dan usahakan dirimu untuk berbuat baik. kejahatan itu ada dan celakalah org yg berbuat kejahatan. Anggaplah sdr dn saya Petrus dan Yesus berkata kepada Petrus; Petrus ikutlah aku. Nah ikut aja kita kuat atau tidak kuat yang penting ikut, Tuhan tau kuat dan tidaknya kita.enapa mikir orang lain?!, kalo Tuhan menghendaki dia hidup sampai Tuhan datang emang kenape?……hehehe

  46. Chris said

    SAYA BERDOA DALAM NAMA TUHAN YESUS SAAT INI GEREJA TIBERIAS INDONESIA DITUTUP OLEH TUHAN YESUS, DITUTUP OLEH PEMERINTAH. PARIADJI DAN KELUARGA BESARNYA TIDAK LAYAK MELAYANI TUHAN DGN MENIPU JEMAAT, MENCARI NAFKAH DENGAN MENDIRIKAN GEREJA..BISA KITA LIHAT DARI BUAH-BUAH PERBUATAN MEREKA YANG SELALU MENJAHATI ORANG..BETAPA BODOH NYA KALO ADA ORANG YANG MASIH BERIBADAH KE GEREJA YANG KELUARGANYA HIDUP DALAM LUMPUR DOSA..SAYA MENYESAL PERNAH DIBAPTIS OLEH PARIADJI, DAN MEMBERI PERPULUHAN KE GEREJA INI, KRN SKRANG SAYA SADAR KALO DANA PERPULUHAN SAYA DIPAKE UNTUK MENDUKUNG PERBUATAN JAHAT MEREKA..SAYA BRDOA SUPAYA TUHAN MENGHUKUM PARIADJI DAN KELUARGA BESARNYA DAN MELEMPAR MEREKA KENERAKA…AMIN.DALAM NAMA YESUS.

  47. Yusuf BinYakub Bin Ishak Bin Ibrahim said

    http://lucky-laoh.blogspot.com/2013/06/tanggapan-petisi-kepada-pdt-dr-yesaya.html?spref=fb

  48. Damai KRISTUS said

    Didalam setiap masalah kehidupan pastinya ada suatu hal yg menjadi pedoman bagi hidup kita. Dan didalam setiap DOA baiklah kita MENGUCAPKAN hal yg BAIK, BUKANLAH suatu umpatan ataupun UCAPAN
    yg MEMBINASAKAN
    . Karena kita ini DIANGGAP SEBAGAI APA SEHINGGA LAYAK menghakimi sesama kita. Juga mengenai KITAB SUCI, itu adalah benar adanya disediakan bagi setiap kita manusia untuk BERAKAL BUDI agar setiap pikiran2 KOTOR yg TERTANAM dalam OTAK kita dapat DIBERSIHKAN oleh sebuah KITAB SUCI yang telah DIKARUNIAKAN bagi kita yang mau MENERIMANYA dengan KERENDAHAN HATI…Orang yang MENABUR AKAN MENUAI BUAH DARI PERKATAANNYA MAUPUN HATINYA…JIKA PERKATAANMU,HATIMU BAIK ADANYA,MAKA engkau AKAN MENERIMA BUAH YANG MANIS,DAN SEBALIKNYA

    …SHALOM DAMAI SEJAHTERA Bagi kita semua .

  49. Linda said

    Ngeri gue baca ini berita.. Dan komen2 yg rata2 disesatkan oleh ajaran sekte2 sesat. Apa gak sadar2 membela kejahahatan? Sadar woi Firman Tuhan sekarang sudah diselewangkan! Semua bisa dipolitisir dengan menggunakan ayat sdh dikatakan SAH dari tuhan. Padahal semua itu harus kita uji. Daripada kalian membela organisasi kalian mending coba kalian check dulu kedalam organisasinya sendiri. Minta doa sama Tuhan, kalau mau cari hadirat Tuhan gak cuma di gereja, di rumah pun jika kalian niat akan datang dari-Nya, sadar kalo kalian itu sudah di brainwash. Baca deh brainwash itu apa, cari di google. Sesuatu yang di cecar terus menerus akan susah hilang dr pikiran dan seperti narkoba akan ketagihan. Pikiran kalian harus jernih dan berdoa agar kalian semua sadar akan penipuan2 yg sdh merajalela sekarang ini di gereja2 modern/baru/karismatik/sekte2 sekarang ini.

  50. anonymous said

    Hadoo itu gimana ya gereja tapi pendetanya berantem masalah duit Pariadji sendiri malah nikah 2x malah pendeta apaan tuh pariadji malah menjelekkan nama pendeta lain mstny kn slg memaafkan kyknya emg dari pariadji emg pengikut sesat setan alias pendeta palsu

  51. No name said

    …..GTI gereja aneh……udah pelayanX d bayar”,,pke pensiun sgala,,,woi Tiberias,,,yg namax melayani Tuhan,,gk pke d gaji..n gk pake pensiun…..melayani Tuhan itu tdk d batasi usia,,,,,,..
    Udah pelayannya seksi” lgi…….
    ..udh gak ada urapan Roh kudus yg turun klo gituan….sebaiknya,,,GTI,,memperbaiki,cara mereka dlm pekerjaan Tuhan…klo melayani,,gk usah d gaji” n pensiun..lebih baik uangx d pke untuk pembangunan atw jadikan bantuan……
    Klo caranya gitu,,,,,para pelayan nnti melayani krna uang…bkn krna dri hati……

    Bkn menghina,,tpi menegur TIBERIAS agar lebih maju lagi,…..
    Thank’s ..
    Jesus Bless…….


    ..
    ..

  52. hidup PKI…!!!!

  53. efek samping glutera

    Pendeta Gugat Pesangon Ke Gereja Tiberias « KabarNet.in

  54. Patromax said

    SESEORANG YG SUDAH MENGABDI SELAMA 15 TH’ DIPENSIUNKAN TANPA TANDA JASA DAN PESANGON?!!…. HANYA SATU KATA BUAT SAYA “BIADAB” !!!… BUBARIN AJA TUH ‘GBI’ HAQ PENDETANYA SAJA DIABAIKAN GIMANA HAQ ORANG LAIN (SI MISKIN).

  55. Anonim said

    Haha

  56. Sebagai pelayan Tuhan kita semua adalah laskar-laskar yang sedang berjuang untuk kerajaan Allah dan bukan untuk kerajaan manusia. Giatlah selalu dalam pelayanan menjelang hari Tuhan yang semakin mendekat, Sampai jiwa berpisah dari ragapun belumlah cukup untuk membalas kasih-Nya, keselamatan tidak dapat dinilai dengan apapun di dunia ini selain melaksanakan Missio Dei dengan segala ketulusan dan komitmen tinggi serta berkualitas.

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: