KabarNet.in

Aktual Tajam

Azab Mengerikan Bagi Yang Meninggalkan Sholat

Posted by KabarNet pada 13/11/2012

Setiap manusia yang diciptakan Allah Ta’ala di muka bumi ini dituntut untuk beriman kepadaNya dan mempunyai satu kewajiban yang paling utama dalam ibadah adalah Sholat. Kelak di akhirat, amalan yang pertama kali akan diperhitungkan adalah Sholat dan Sholat juga yang akan menentukan tempat manusia ini akan berakhir, Jahannam atau Surga. Bukankah jin dan manusia diciptakan hanya untuk sujud menyembah kepada sang Khalik… Sholat pula yang membedakan antara orang yang mu’min (beriman) dan kafir (ingkar) kepada Allah Ta’ala.

Ibnu Abbas, berkata, “Aku dengar Rasulullah SAW bersabda, Maksud Hadits: “Awalnya orang yang meninggalkan Sholat itu, bukanlah dia termasuk golongan Islam. Allah tidak terima tauhid dan imannya dan tidak ada faedah shadakah, puasa dan syahadatnya”. Al-Hadits.

Dalam peristiwa Isra’ Mi’raj Rasulullah SAW, bukan saja diperlihatkan tentang macam-macam orang yang beramal baik, tetapi juga diperlihatkan sejumlah orang yang berbuat munkar, diantaranya siksaan bagi yang MENINGGALKAN SHOLAT FARDHU.

Mengenai orang yang meninggalkan Sholat Fardu: “Rasulullah SAW, diperlihatkan pada suatu kaum yang membenturkan kepala mereka pada batu, Setiap kali benturan itu menyebabkan kepalanya pecah, kemudian ia kembali kepada keadaan semula dan mereka terus tidak berhenti melakukannya. Lalu Rasulullah bertanya: “Siapakah ini wahai Jibril”? Jibril menjawab: “Mereka ini orang yang berat kepalanya untuk menunaikan Sholat fardhu”. (Tabrani)

Orang yang meninggalkan Sholat akan dimasukkan ke dalam Neraka Saqor. Maksud Firman Allah Ta’ala: “..Setelah melihat orang-orang yang bersalah itu, mereka berkata: “Apakah yang menyebabkan kamu masuk ke dalam Neraka Saqor ?”. Orang-orang yang bersalah itu menjawab: “kami termasuk dalam kumpulan orang-orang yang tidak mengerjakan Sholat”.. Al-Qur’an.

Saad bin Abi Waqas bertanya kepada Rasulullah SAW mengenai orang yang melalaikan Sholat, maka jawab Baginda SAW, “yaitu mengakhirkan waktu Sholat dari waktu asalnya hingga sampai waktu Sholat lain. Mereka telah menyia-nyiakan dan melewatkan waktu Sholat, maka mereka diancam dengan Neraka Wail”.

Menurut Ibn Abbas dan Said bin Al-Musayyib tentang Hadits di atas, yaitu: “orang yang melengah-lengahkan Sholat mereka sehingga sampai kepada waktu Sholat lain, maka bagi pelakunya jika mereka tidak bertaubat Allah menjanjikan mereka Neraka Jahannam tempat kembalinya”.

Maksud Hadits: “SIAPA MENINGGALKAN SHOLAT DENGAN SENGAJA, MAKA SESUNGGUHNYA DIA TELAH KAFIR DENGAN NYATA”.

Berdasarkan Hadits ini, Sebagaian besar ulama (termasuk Imam Syafi’i) berfatwa: Tidak wajib memandikan, mengkafankan dan mensholatkan jenazah seseorang yang meninggal dunia dan mengaku Islam, tetapi tidak pernah mengerjakan Sholat. Bahkan, ada yang mengatakan haram mensholatkanya.

SIKSA NERAKA SANGAT MENGERIKAN
Selain di akhirat, mereka yang meninggalkan Sholat akan menerima siksa di dunia dan di alam kubur yang terdiri dari tiga siksaan.

TIGA JENIS SIKSA DI DALAM KUBUR YAITU:

  1. Kuburnya akan dihimpitkan serapat mungkin sehingga meremukkan tulang-tulang dada.
  2. Dinyalakan api di dalam kuburnya dan api itu akan membelit dan membakar tubuhnya siang dan malam tiada henti-henti.
  3. Akan muncul seekor ular yang bernama “SUJA’UL AQRA” Ia akan berkata, kepada si mati dengan suaranya bagai halilintar: “Aku disuruh oleh Allah memukulmu sebab meninggalkan Sholat dari Subuh hingga Dhuhur, kemudian dari Dhuhur ke Asar, dari Asar ke Maghrib dan dari Maghrib ke Isya’ hingga Subuh”. Ia dipukul dari waktu Subuh hingga naik matahari, kemudian dipukul dan dibenturkan hingga terjungkal ke perut bumi karena meninggalkan Sholat Dhuhur. Kemudian dipukul lagi karena meninggalkan Sholat Asar, begitulah seterusnya dari Asar ke Maghrib, dari Maghrib ke waktu Isya’ hingga ke waktu Subuh lagi. Demikianlah seterusnya siksaan oleh “SAJA’UL AQRA” hingga hari Qiamat.

Maksud Hadits: “orang yang meninggalkan Sholat, akan Allah hantarkan kepadanya seekor ular besar bernama “SUJA’UL AQRA”, yang matanya memancarkan api, mempunyai tangan dan berkuku besi, dengan membawa alat pemukul dari besi berat”.

Di dalam Neraka Jahanam terdapat wadi (lembah) yang didalamnya terdapat ular-ular berukuran sebesar guntung dan panjangnya sebulan perjalanan. Kerjanya tiada lain kecuali menggigit orang-orang yang TIDAK MENGERJAKAN SHOLAT semasa hidupnya. Bisa ular itu juga menggelegak di badan mereka selama 70 tahun sehingga hancur seluruh daging badan mereka. Kemudian tubuh kembali pulih, lalu digigit lagi dan begitulah seterusnya.

DOSA MENINGGALKAN SHOLAT FARDHU
Barang siapa yang (sengaja) meninggalkan Sholat fardhu lima waktu:

  • Subuh   : Allah Ta’ala akan menenggelamkannya kedalam neraka Jahannam selama 60 tahun hitungan akhirat. (1 tahun diakhirat=1000 tahun didunia=60,000 tahun).
  • Dhuhur   : Dosanya sama seperti membunuh 1000 orang muslim.
  • Asar           : Dosanya seperti menghacurkan Ka’bah.
  • Maghrib : Dosanya seperti berzina dengan orang tuanya sendiri.
  • Isya’        : Allah Ta’ala akan berseru kepada mereka: “Hai orang yang meninggalkan Sholat Isya’, bahwa Aku tidak lagi ridha’ engkau tinggal dibumiKu dan menggunakan nikmat-nikmatKu, segala yang digunakan dan dikerjakan adalah berdosa kepada Allah Ta’ala”.

SIKSA DAN KEHINAAN BAGI YANG MENINGGALKAN SHOLAT

DI DUNIA

  • a.Allah Ta’ala menghilangkan berkat dari usaha dan rezekinya.
  • b.Allah Ta’ala mencabut nur orang-orang mukmin (sholeh) dari pada (wajah) nya.
  • c.Ia akan dibenci oleh orang-orang yang beriman.

KETIKA SAKARATUL MAUT

  • a.Ruh dicabut ketika ia berada didalam keadaan yang sangat haus.
  • b.Dia akan merasa amat pedih ketika ruh dicabut keluar.
  • c.Dia akan mati dalam keadaan Buruk (su’ul khatimah).
  • d.Ia akan dirisaukan dan akan hilang imannya.

KETIKA DI ALAM BARZAKH

  • a.Ia akan merasa susah (untuk menjawab) terhadap pertanyaan (serta menerima hukuman) dari Malaikat Mungkar dan Nakir yang sangat menakutkan.
  • b.Kuburnya akan menjadi sangat gelap.
  • c.Kuburnya akan menghimpit sehingga semua tulang-tulang rusuknya berkumpul (seperti jari bertemu jari).
  • d.Siksaan oleh binatang-binatang berbisa seperti ular, kalajengking dan lipan.

Malaikat Jibril as, telah menemui Nabi Muhammad SAW, dan berkata: “Ya Muhammad.. Tidaklah diterima bagi orang yang meninggalkan Sholat yaitu: Puasanya, Shadaqahnya, Zakatnya, Hajinya dan Amal baiknya”. Orang yang meninggalkan Sholat akan diturunkan kepadanya tiap-tiap hari dan malam seribu laknat dan seribu murka. Begitu juga Para Malaikat di langit ke-7 akan melaknatnya.

Ya Muhammad..! Orang yang meninggalkan Sholat tidak akan mendapat syafa’atmu dan ia tidak tergolong dari umatmu.. Tidak boleh diziarahi ketika ia sakit, tidak boleh mengiringi jenazahnya, tidak boleh beri salam pada nya, tidak boleh makan minum dengan nya, tidak boleh bersahabat dengannya, tidak boleh duduk besertanya, tidak ada Agama baginya, tidak ada kepercayaan bagi nya, tidak ada baginya Rahmat Allah dan ia dikumpulkan bersama dengan orang Munafiqiin pada lapisan Neraka yang paling bawah (diazab dengan amat dahsyat..).

Sabda Nabi Muhammad SAW, Maksud Hadits: “Perjanjian (perbedaan) diantara kita (orang islam) dengan mereka (orang kafir) ialah Sholat, dan barangsiapa meninggalkan Sholat sesungguhnya ia telah menjadi seorang kafir”.

Wahai Saudaraku Umat Islam, mari kita merenung sejenak tentang ancaman azab bagi yang meninggalkan Sholat Fardhu. Apa guna kita hidup di dunia nikmat berlimpah harta jika kita termasuk golongan orang-orang yang meninggalkan Sholat..?.. Banyak sekali saudara-saudara kita yang lalai dalam urusan ini. Ingatkan!..

Orang yang meninggalkan Sholat dan mati dalam keadaan belum bertaubat, maka ia wajib menerima azab Allah Ta’ala!.. Orang yang meninggalkan Sholat, tidak akan mendapat Syafa’at Nabi Muhammad SAW, karena mereka telah menjadi kafir dan orang kafir tidak berhak mendapat Syafa’at Nabi Muhammad SAW. Maksud Hadits: “SIAPA MENINGGALKAN SHOLAT DENGAN SENGAJA, MAKA SESUNGGUHNYA DIA TELAH KAFIR DENGAN NYATA”. Ancaman Allah Ta’ala terhadap orang-orang yang meninggalkan Sholat bukan sekedar ancaman belaka. Namun, pasti terjadi sesuai janjiNya.

SIAPAKAH ORANG YANG SOMBONG?
Orang yang sombong adalah orang yang diberi penghidupan dan kenikmatan tapi tidak mau sujud pada yang menjadikan kehidupan itu, yaitu Allah Rabbul Alamin Tuhan semesta alam. Maka bertasbihlah segala apa yang ada di bumi dan di langit pada TuhanNya kecuali Iblis dan manusia yang sombong diri.

SIAPAKAH ORANG YANG TELAH MATI HATINYA?
Orang yang telah mati hatinya adalah orang yang diberi petunjuk melalui ayat-ayat Qur’an, Hadits dan cerita-cerita kebaikan namun mereka tidak merasakan kesan apa pun di dalam jiwanya untuk bertaubat.

SIAPAKAH ORANG DUNGU OTAKNYA?
Orang yang dungu otaknya adalah orang yang tidak mau melakukan ibadah tapi menyangka bahwa Allah Ta’ala tidak akan menyiksanya dengan kelalaiannya itu dan sering merasa tenang dengan kemaksiatannya.

SIAPAKAH ORANG YANG BODOH?
Orang yang bodoh adalah orang yang bersungguh-sungguh berusaha sekuat tenaga untuk dunianya sedangkan akhiratnya diabaikan.

Wallahu A’lam Bish-Shawaab

70 Tanggapan to “Azab Mengerikan Bagi Yang Meninggalkan Sholat”

  1. Anonymous berkata

    Ya Allah, ampunilah segala dosaku yg disengaja maupun tdk.. Admin, bagus angkat artikel ini, jgn politik melulu..

  2. Anonymous berkata

    SUBHANALLAH.. YA ALLAH, YA ALLAH, YA ALLAH, JADIKAN AKHIR HAYATKU KHUSNUL KHOTIMAH..

  3. Anonymous berkata

    Seribu ancaman bagi umat manusia-baik yg sudah Islam maupun yg belum Islam, tetap tidak ada artinya. sebab mereka –sebagian besar umat manusia–
    sudah dkunci rapat-rapat mata, akalnya,hatinya oleh Allah SWT.

  4. Sang Kata berkata

    Sholat tiang agama.

  5. Matablokus berkata

    Serem juga ya…….ancamannya. Kenapa manusia harus diancam seserem itu ya? Begitu kurang ajarnya manusia ya? Hatiku jadi gak tenang nih, kadang2 walaupun jarang sekali karena suatu hal aku gak sholat, yapi kalau baca artikel diatas, hati jadi gak tenang juga ya? Abis ancamannya berat banget, misalnya kalau gak sholat zduhur dosanya sama sepeti membunuh 1000 orang muslim. Jangan serem2 amatlah ngancamnya, bikin hati gak tenang nih, tau gitu mah coba dulu gak dilahirin aja ke dunia ya…….

  6. Anonymous berkata

    @matablokus….
    Anda berkata jujur ……. memang begitulah janji Allah SWT …..
    Ancaman itu mengidentifikasikan konsekwensi yang sangat berat bila kita melalaikan/ meninggalkan shalat
    Saya pu dulu dalam posisi seperti anda , tetapi insyallah dengan kesabaran dan usaha yang keras Allah SWT akan memberikan jalan .
    Selamat berusaha ………

  7. Lembayung Senja berkata

    jika kita telah merasakan apa namanya manisnya iman,sholat akn terasa ringan utk kita kerjakan,bkn suatu kewajiban melainkan mjd kebutuhan

  8. ABDUL.KADIR۞ berkata

    BODOH SEKALI KAU .PERCAYA DONGENG BODOH. PANTESAN NEGARA2 DI TIMUR TENGAH GAK MAJU2 . TIAP HARI BOM MELEDAK , SALING BANTAI ANTARA suni dg shyiah.
    UNTNG SAUDI MASIH MESRA SAMA AMERIKA. DAN DUBAI YG MASIH SEKULER , MAKANYA AGAK MAJU DIKIT.
    COBA SEMUA NEGARA2 ARAB PAKEK SHYARIAH ,PASTI SEMUA KAYAK PAKISTAN AFGAN SUDAN IRAK SURIAH LIBYA NIGERIA SOMALIA TIAP HARI BOM MELEDAK…

  9. tintin Agustini berkata

    wah bagaiman yang seumur hidup gak PERNAH SHOLAT? kalo 1 ditingglkan saja azabnya begtu pedih. mudah2n qt bukan dari golongan yang munkar terhadap nikmat Allah> Amiiiiinnnn

  10. Jambakkoto berkata

    Hanya orang2 yang beriman yang menerima petunjuk, sementara orang2 yang sesat menganggap bahwa ia merasa terancam dan terganggu oleh peringatan tersebut. Pintu taubat selalu terbuka, karena hidup ini hanya satu kali di dunia ini, gunakan waktu hidupmu sebelum datang kematian

  11. Anonymous berkata

    riwayat siapakah hadits-hadits di atas?

  12. Vanjorvin Jfk berkata

    Ada 24 orang nabi yang tidak pernah mengerjakan sholat, apakah mereka-mereka itu menerima juga azab-azab dari tuhan selayaknya manusia manusia yang lainnya ???…

  13. trims admin artikelmu sungguh bermanfaat,,,

  14. dede iskandar berkata

    allah’hu akbar. ya allah aku berlindung kepadamu akan segala azab dan siksa mu. ya allah ampunilah segala dosa-dosa ku.

  15. Sona berkata

    Yaa robb ampuni yang kami kerjakan dan yang kami tinggalkan, kasihanilah dan sayangilah kami selama kami menjadi makhluq-MU. Yaa rohiim… Yaa rohiim… Yaa rohiim

  16. Anonymous berkata

    Memang lumayan ngeri membayangkannya, tapi kalau dipikir2 ini bisa buat kita tuk sadar diri sehingga kita mengerjakan perintah2 allah dan menjauhi segala larangannya

  17. Anonymous berkata

    astagfirullahhaladzim,,,smg kt sll dbukkn mta hti stiap hri,stiap wkt ttg kmtian

  18. imuk berkata

    th
    thank zo infrom

  19. hamba ALLAH berkata

    Aastaghfirullah, begitu berat hukuman yang kita terima tanpa taubat yang kita lakukan terlebih dahulu. Sebelum sesal menjankit seluruh tubuh marilah kita semua taubat atas ridha ALLAH tanpa hassad dan ujub di dada. Amin..

  20. Anonymous berkata

    Robbanaa latuzig quluubanaa ba’da izhadaitanaa wablanaa milladunka rohmah,innaka angtal wahhab

  21. Al-Fakir berkata

    Mf penulis yg trhormat, dr uraian diatas tsb ad gk hadist-hadist shahih ny u/ misalkan siksa meninggalkan shalat di dunia, saat sakaratul maut & di alam barzah.. karna sy jg ini mnyampaikan ini smua ke orang bnyak tp khwatir ad yg brtanya tntang hadistnya?!! mhon scpatny ad jwabannya .. trimakasih

  22. Makluk lemah berkata

    Ya ALLAH…Hamba sunguh merasakan kasih sayangMU….Lunakanlah hati kami yg keras membatu ini….terimakasih admin

  23. Anonymous berkata

    bagus banget subhanallah,,,,,,,, tapi ngasih saran dikit menurut saya,firman allah,sabda rosullullah,dan hadist hadist nya di tulis juga,itu akan lebih bagus,,mudah mudahan akan lansung menggugah hati para manusia,,,,
    banyak orank melihat tulisan ini merasa takut,padahal ketakutan itu bukan dari hatinya melainkan dari jiwa buruknyah,,

    inget pada semuanya,kita diciptakan kedunia ini itu pasti ada tujuan dan manfaatnyh,,can kita sudah di beri kepercayaan, bahwa kita bisa melakukan semua yg allah perintah kan, mulai sekarank mari kita berjihad di jalan allah,, pada jaman yang sangat hina inieh,,,,,,

  24. rulis juniarti berkata

    Ya allah ya robi,krja brjam jam d jalani,solat ga smpe 1 jam knpa slu d tinggalkn,pdhl cma bentar.itu la manusia lupa akan skhiratnya apa bila ia sbk dg dunianya.

  25. Putri retno berkata

    Astaghfirrullah haladziim,hukm nya sgt berat,bagemna dgn q nnti ya ya allah ampuni dosa2 ku…

  26. ass.wr.wb. allhmdllilah stlh mlhat n mmpljari bgaimana dahsyatny azab mninggalkn sholat q mlai dtik ne akn trus taat ats printh allah s.w.t. krna kt sdh d prhtungkn dngn kllaian kt sbgai orng muslim..mdh2n. dngn adny kkuatan iman kt ttap mnjlnkn printhny amiiin…

  27. irwandy berkata

    izi share pak ustadz

  28. Dharmawan berkata

    Buat shbt2 muslim jangan lupa dengan shalat 5 waktu ya .

  29. Dharmawan berkata

    ?

  30. amr berkata

    Maha Suci Allah SWT yg telh menciptakan manusia dngan bentuk sebaik”a.

  31. Anonymous berkata

    ya alloh aku sangat berdosa padamu,sembah sujudku tidak mungkin membuat dosaku menghilang

  32. Anonymous berkata

    Sa

    a takut

  33. Anonymous berkata

    Perbedaan orang beriman dengan orang kafir

  34. awan setiawan berkata

    Mudah”an qta termasuk orang” yang di rindu oleh syurga’a allah dan dijauhkan segala perkara buruk.. Amin

  35. Yessi Feranawati berkata

    Subhanauloh , semoga kita semua trmasuk segolongan orang yang beruntung :’)
    dan semoga anak remaja bnyak yang membaca artikel ini . AMIN :)

  36. DEDY berkata

    ALLAH MAAF KAN DOSA HAMBAMU INI………ALLAH KU MAHA BESAR, TIADA TUHAN SELAIN ALLAH DAN NABI MUHAMMAD UTUSAN ALLAH.

  37. sukamto berkata

    Ya allah tambahkan ingattanku agar aku berzikir kepadamu n ampunkanlah dosaku

  38. in48dra berkata

    Trim’s utk artikelna smg b’manfaat bg qt smua dan jdkn ini sbg peringatn utk qt smua agar dpt mningtkn keimanan dan ketaqwaan qt kpd Allah SWT bkn sbg sebuah ancamn ingat qt smua akn mengalami kematian.

  39. Anonymous berkata

    Ya Allah ampuni dosa hamba dan dosa kedua orang tua hamba,sesungguhnya engkau lah pengampun dosa2 besar dan masukanlah kami ke dalam golongan nabi Muhammad. Amin ya Allah

  40. tasi berkata

    Iya klu udah geliat gitu sadar
    Klu belum melihat. Nga mungkin sadar
    sedih didunia. Senang di akerat

  41. rasakan loh
    orang kafir bertaubatlah
    wktumu hampir habis ;(;>;>

  42. thoby berkata

    masya Allah

  43. Syamsul Huda berkata

    ya Allah….aku masih banyak dosa….
    gini mau nya ingin surga yang indah katanya…

  44. Anonymous berkata

    : iih,,ngeri..

  45. uung sry berkata

    Ya allah ampuni dosa dosa ku semoga aku senantiasa selalu dekat dgn mu ya allah

  46. hery berkata

    Sy copy..ilmu yg anda sampaikan..semoga siapa yg membaca perolehi pahala pada kamu..

  47. fikarr aja berkata

    ngerriii gan..klo udah baca gini takutnya minta ampun gan, pengen bnget esok ngrjain solat rutiin!! tpi bginilah manusia. bisikan&godaan SETAN .bikin kita lupa solat dan malah mengabaikanya …

    artikelnya bagus dan brmanfa’at buat gue gan

  48. fikarr aja berkata

    ya ‘allah tolong ampuni dosa hambamu ini..
    ..kalo udah mbca gini takutya pake bangeet gan.!! tpi bginilah manusia yg tk luput dari dosa&godaan SETAN!! sekarang tkuutnya stengah mati krna bru mbca, tpi esok udah lupa dan biasa lagi .. EMANG SUSAH JADI ORANG BAIK&BENER

    Artikelnya bagus&brmanfa’at gan..

  49. Anonymous berkata

    kalo kaya itu aku kada handak lagi meninggalkan shalat lima waktu……

  50. nadia berkata

    ih ngeri juga kalo ngak shalat lima waktu………..kita semua sebagai manusia itu maunya semena menanya aja!!!!!

  51. anak kecil berkata

    kematian itu seperti orang nunggu arisan

  52. Anonymous berkata

    Nauzubillah..

  53. Anonymous berkata

    Semoga kita semua di bukakan pintu hati kita agar selalu terbuka untuk beribadah kapada ALLAH swt
    ammin….

  54. Anonymous berkata

    mudah mudah umat islam tetap bersatu,jangan mau di adu domba sama kaum yahudi,yang dengan janji janjinya sehingga bisa mengurangi keimanan kita ,amiiin.

  55. Atik Sumiati Nasruddin berkata

    Ўa̶̲̅ Allah semoga hambaMu ini tidak termasuk orang2 ϓªήğ sesat
    AmiiiiinnnYRA…….

  56. Muhamad Alwi Al-Hakim berkata

    marilah kita sama-sama berjuang menegakan agama Allah. di tempat lain masi banyak saudara-saudara kita yang belum melaksanakan shalat. Kita bantu mrk dgn Da’wah ketmpt mrk.

  57. alma lutfia berkata

    ya allah ampunilaah dosa” qu hambah trkdang hilaf… Hmba trkadang trlena dengan kehidupan duania di bnding khidpn akherat

    Ampuni hamba ya allah

  58. darna berkata

    Alhamdulillah…setelah membaca artikel ini iman sy bs bertmbh…sega dosa dan perbuatan yg pnh d lakukan diampuni olehnya…amien

  59. […] kabarnet.wordpress.com […]

  60. Nirgnab berkata

    Dikatakan disitu orang yang meninggalkn sholat subuh di ancam 60000 tahun dineraka, dan seterusnya hingga sholat isya’ tolong beri dalilnya supaya saya yang awam ini tau.. kirim ke email saya.. dutunggu !!!!!

  61. Kalisyah berkata

    Jangan sampai deh kita menjadi hamba” yang meninggalkan salat

  62. Anonymous berkata

    bertobat lah sebelum mati,,

  63. Anonymous berkata

    jadilah orang yang selalu ta’at kepada allah S.W.T dan memiliki ilmu dunia dan akhirat

  64. Teuku hermilan berkata

    Ya Allah,ampunilah dosa ku yang telah lalu,dan yang akan datang,
    jadilah aku anak yang sholeha.
    anak yang patuh akan perintah Allah,
    sucikan hatiku.

  65. ya.Allah ampunilah dosa kami…
    ats kelalaian kmii, mengenai sholat .
    smogha kami smua trhindar drii siksaan api neraka… amin..amin ya rabbal alamin.

  66. salsah berkata

    smoga bnyak orang yg bca partikel ini yach spaya smua org ngerti
    ameeen

  67. salsah berkata

    smoga bnyak orang yg bca partikel ini yach spaya smua org ngerti
    ameeen,,,…!!!

  68. bella berkata

    (nauuzubillah minzalikh)
    qta hrus ingt agm spy qt tdk trpengaruh trhdp kta2 jin&syetan
    ameeen,,,…!!!

  69. wow berkata

    Perintah agama dibuat agar umatnya menjadi manusia yg lebih baik.

  70. Anonymous berkata

    Astagfiruwlohh… Mengerikan Sekali Neraka Jahanam :D

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.095 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: