KabarNet.in

Aktual Tajam

Potongan Tubuh Jenazah ‘Korban Sukhoi’ Berserakan

Posted by KabarNet pada 12/05/2012

Jakarta – KabarNet: Bangkai Pesawat Sukhoi Superjet 100 yang menabrak tebing di Gunung Salak, Jawa Barat, tak ada yang tersisa selain puing-puing dan potongan jenazah korban. Serpihan pesawat berserakan dari mulai tebing hingga lembah. Serpihan cukup besar berada di dasar lembah, termasuk puing logo Sukhoi berwarna biru. Tebing yang ditabrak pesawat itu hancur, pepohonan yang ada di sekitar lokasi rusak tertimpa reruntuhan pesawat.

Direktur Eksekutif Disaster Victim Identification (DVI) Indonesia Anton Castilani mengatakan, jenazah yang berhasil dievekuasi Tim SAR dari lokasi kejadian dimungkinkan tidak dalam bentuk tubuh utuh. Jenazah korban bisa dalam bentuk potongan tubuh kecil-kecil. Namun, pihaknya berjanji akan mengembalikan keseluruhan potongan tubuh korban kepada keluarganya.

“Di posko, di ante mortem akan dicocokkan dengan jenazah yang dikirim ke Rumah Sakit Kramat Jati. Karena yang dikirim bukan bentuk tubuh utuh,” tuturnya di depan puluhan keluarga korban di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (11/5/2012).

“Kami sangat berharap kesabaran dan pengertian bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian, bahwa kami ingin melaksanakan tugas kami secara baik dan benar. Setiap potongan tubuh sekecil apapun akan dikembalikan kepada keluarganya,” kata Anton lagi. Seperti dikutip inilah.com.

Ridwan, anggota Mapala Universitas Indonesia (UI), bersama dua rekannya, Komarun dan Kurniadi adalah orang pertama yang tiba di lokasi Sukhoi menabrak tebing Puncak Salak I. Menurut Ridwan, dari ke-12 jenazah yang sudah ditemukan, tak satu pun ditemukan dalam keadaan utuh.

“Saat kami tiba, mulanya kami mencium bau menyengat dari arah kanan. Kami tengok, yang kami lihat serpihan pesawat. Dan ke arah kanan lagi, yang kami lihat bukan jenazah lagi, tapi serpihan jenazah. Saya lihat, angkat, ada potongan tangan, kaki, tangan tengkorak kepala yang tidak utuh, rambut dan bagian hidung saja,” kata Ridwan.

Komarun, mengungkapkan kondisi jenazah sangat mengenaskan. “Tubuh jenazah terpisah-pisah, berserakan, dan bau menguar di lembah,” kata Komarun, Jumat, 11 Mei 2012. Karena kondisinya yang terserak itulah tim evakuasi kesulitan untuk memastikan potongan tubuh itu milik siapa. Tim bahkan kesulitan memastikan potongan-potongan tubuh itu dari berapa orang jenazah.

Tim evakuasi mengaku belum bisa memastikan jumlah jenazah yang mereka temukan. Namun, Komarun memastikan sudah ada beberapa kantong jenazah yang saat ini terkumpul di Pos 3 Gunung Salak. “Belum bisa dipastikan jumlahnya, tapi terakhir sebelum saya turun ke Pos 1, ada lima kantong jenazah yang dibawa ke Pos 3,” ujar anggota Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Indonesia itu.

Menurut data yang diterima, tim SAR telah berhasil menemukan 12 jenazah korban Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat. 12 Mayat tersebut ditemukan di bawah crash-site sudah dimasukkan ke kantong jenazah. Dari lokasi yang sudah dijangkau tadi, tim evakuasi yang juga terdiri atas pasukan marinir itu berhasil menemukan beberapa jenazah. Kondisi jenazah terpotong-potong. Dari korban-korban itu berhasil dikumpulkan menjadi 12 kantong jenazah. Dari 12 kantong jenazah sudah enam kantong yang berhasil tiba di helipad. Enam kantong lainnya masih berada di lokasi pesawat jatuh.

Sementara itu, foto korban jatuhnya Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak, Bogor, mulai beredar. Foto itu diambil oleh relawan yang berada di lokasi jatuhnya pesawat. Di foto itu terlihat dua jenazah, yang satu berkulit putih, yang kemungkinan besar warga asing yang ikut menumpang pesawat naas itu. Badan bagian atas terbuka karena bajunya sudah compang-camping. Sedang tubuh bagian bawah, tampak hancur lebur, dengan daging yang terburai. Sedang kepalanya tidak terlihat ada luka. Dedaunan tampak berserak di atas jenazah yang terbujur menghadap ke atas itu.

Sedang jasad satunya lagi, yang persis di sebelah kanan jenazah yang pertama, berkulit coklat. Bagian dada jenazah ini tampak gosong. Tangan kiri korban ini melintang di dada. Rambutnya juga kelihatan hangus. Posisinya juga menghadap ke atas. Nyaris, sudah tak ada baju menempel di tubuhnya. Sengaja KabarNet tidak memuat foto-foto tersebut diberita ini, dengan pertimbangan kondisi jenazah yang tidak layak ditonton khalayak. [KbrNet/DTC/Slm]

27 Tanggapan to “Potongan Tubuh Jenazah ‘Korban Sukhoi’ Berserakan”

  1. tukang sayur said

    gambarnya banyak yang hoax hati2 memuatnya, contohnya gambar kedua, puing sukhoi yang ditemukan utuh cuma bagian ekor itupun sedikit..

  2. Anonymous said

    Gambarnya banyak yang hoax?? Pala loe PEANG!.. Gue liat gambar tersebut sama dengan yang ada di harian tempo bro..

  3. tukang sayur said

    sante bro “PEANG” maksud ane , yang hoax cuma gambar no.2. . ane cuma mau bilang hati2 kalau mau muat gambar jenazah korban Sukhoi, karena tim sar sendiri melarang ngambil gambar jenazah pada wartawan..

  4. umy said

    dimana lihat foto jenazahnya?

  5. Hanggar PS said

    mengerikan juga yah

  6. Zuma Games said

    ane heran, kenapa juga ya yang jadi pilot dan co-pilot nya orang rusia? paling tidak co-pilot nya orang indonesia agar ga tersesat kayak gini.. parahhh… sudah ajal nya juga kali ya

  7. gak usah sok sokan kalo gak tau caranya…

  8. Kasuhan semuanya. Moga mereka diterima yang kuasa

  9. Dah pasti ke gambar ne semua.

  10. turut perhatin dengan adanya musbah ini, semoga keluarga yang dtnggalkan diberkan ketabahan..

  11. ruangkelas said

    Wahhh…adminnya dapat foto darimana, tapi saya setuju dengan yang di atas sepertinya foto no. 2 HOAX kasihan memang korban sukhoi padahal masih muda-muda..

    KUNJUNGI GAN, MERAIH REZEKI LEWAT KASKUS….

  12. Reblogged this on Zsahra Meizhella and commented:
    kecelakaan pesawat sukhoi 10 mei 2012

  13. Kami juga tida suka lagu india said

    Sya jga sngt mengrikan bgt , ksian bgt ,

  14. Anonymous said

    Manusia hanya berencana dengan segenap program dan analisa ternyata Tuhan berencana lain, moga jadi pelajaran bagi kita semua, para korban moga diterima di sisi Tuhan dan yang di tinggalkan moga diberi kekuatan untuk ikhlas dan tabah

  15. Bwt keluarga yg di tnglin mg tp tbh.krn ini smua a d
    lh cobaan.dn mesti ad hikmah?.hdplh iya dgn symn,………..

  16. semoga tidak terulang lagi.
    walalu pun lagi2 terulang…

  17. Adhitya Nugraha said

    Turut berduka cita… semoga arwah korban pesawat sukhoi diterima disisi Tuhan. AAMIIN….

  18. avtomats said

    mengerikan
    http://syariahmarketing.com/?id=yuwonoyekti

  19. @ All

    konon, kabarnya setelah peristiwa naas jatuhnya pesawat Sukhoi superjet 100 buatan Rusia, presiden Rusia Vladimir Putin langsung menelepon SBY sambil marah-marah. Katanya kenapa SBY gak kasih tau sama pilot Rusia yg menerbangkan pesawat Sukhoi tersebut kalo di Indonesia ada salak sebesar gunung, kalo tau khan mereka gak lewat situ.

    gitu aza kok repot.

  20. Emka Urang Ciamis Jabar said

    Astaghfirullooohh… Hayu urang sami-sami ngadu’akeun…

  21. alisa said

    kasihan sekali pesawat sukhoi berjatuh d gunung salak karena cuaca nya buruk jadi tertabrak di tebing atau d lereng gunung sekarang sedang d cari d gunung salak karena d gunung salak rawan karena gunung salak jadi setan tergangu hahahahahahahahahahahah seddddddddddih sekali bagi yang ada d pesawat sukhoi

  22. michelle gracia said

    walaupun sudah direncanakan oleh manusia dengan sesempurna mungkin dan dengan pilot yg sangat berpengalaman dan pesawat yang canggih, apabila Tuhan berkehendak lain, semua gak akan bisa dihindari. . . bersyukur untuk kita yang msih diberi kesempatan untuk bernafas setiap detiknya. . . semua sudah Tuhan yg mengatur, ini semua bukan salah siapa2 hanya semua sudah menjadi keputusan Tuhan. sama saja dengan peristiwa kapal TITANIC. semua ini trjadi agar kita bisa merenung, bahwa tidak ad didunia ini yang bisa melawan kekuasaan TUHAN. Bayangkan saja, pesawat sukhoi yang begitu canggihnya hancur berkeping2 bersama bersama para penumpang termasuk pilot yg dianggap paling berpengalaman hingga memiliki kurang lebi 14.000jam terbang. Turut berduka cita untuk korban yang telah berpulang. semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan dapat mengambil hikmah dari peristiwa ini juga bagi kita semua. amin.

  23. sea destiny said

    Jgn salahkan Tuhan dlm hal ini krn atas kehedakNya….
    Manusia menemui azal bisa krn atas kehendakNya tp jg krn kesalahan manusia itu sendiri yg menyebabkan dirix jg org lain yg akhirnya menimbulkan musibah !!??
    Qt hny bs memohon perlindunganNya saat kita msh hidup n mendoakan arwah org yg meninggal krn musibah taupun sebab lain….

  24. ipanase said

    berduka
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/05/19/motor-matic-injeksi-irit-harga-murah-yamaha-mio-j/

  25. semua sudah ada yang ngatur..tinggal kita pasrahkan saja kepada Alloh…semoga tabah bagi keluarga korban…

  26. khoirunnisa said

    kaasihan banget

  27. Baju bayi said

    Wow, marvelous blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look easy. The overall look of your site is fantastic, as well as the content!. Thanks For Your article about Potongan Tubuh Jenazah & .

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.864 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: