KabarNet.in

Aktual Tajam

Pontianak Mencekam, Warga Dayak Serang FPI

Posted by KabarNet pada 15/03/2012

Ilustrasi

Pontianak – KabarNet: Situasi Kota Pontianak, Kalimatan Barat saat ini dalam kondisi mencekam. FPI Pontianak, diinformasikan sedang diserang warga Dayak, bahkan dikabarkan kedua kubu saat ini dalam kondisi sudah berhadap-hadapan. Tepatnya pada waktu ashar tadi, Kamis (15/3/12), Sultan Pontianak pun ikut turun ke lapangan ditengah-tengah warga muslim yang sedang berhadapan dengan warga Dayak dari luar Pontianak yang akan menyerang.

Saat ini massa Umat Islam dan FPI telah berkumpul di lapangan YARSI, demikian pula ribuan warga Dayak, bahkan diberitakan sejumlah kendaraan truk telah berkumpul di Rumah Betang Pontianak (sebelumnya tertulis 200 truk). Pihak Aparat harus segera merespon keadaan ini sebelum timbul kerusuhan besar yang bernuansa SARA. Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan dari pihak aparat. Demikian informasi yang diterima KabarNet beberapa saat lalu.

Gejala keributan ini sudah terindikasi sejak beberapa hari lalu. Aksi tersebut adalah kelanjutan dari aksi hari sebelumnya. Kemarin, puluhan mahasiswa Dayak melakukan aksi dengan memasang spanduk penolakan terhadap FPI. Umat Islam Kalbar tidak terima dengan kelakuan sekelompok mahasiswa itu. Lantas mereka menurunkan spanduk-spanduk penolakan terhadap FPI, sehingga terjadilah konflik antara mahasiswa Dayak yang telah terprovokasi dengan umat Islam Dayak..

Setelah mahasiswa Dayak itu mundur karena jumlah mereka sedikit, ternyata sekitar seribu warga Dayak yang sudah disiapkan, balik menyerang umat Islam. Orang Dayak yang membawa senjata tajam itu berkumpul di daerah Sungai Jawi, Pontianak Barat, Rabu (14/3/2012) sekitar pukul 17.00 WIB.

Sebelumnya, Voa-Islam.COM memberitakan. Rabu malam (14/03/2012), Kota Pontianak mencekam. Jalan-jalan utama menuju kota Pontianak diblokir oleh ratusan TNI dan Polri. Kejadian ini dipicu insiden yang terjadi pada Rabu siang (14/03/2012) di daerah Sui Jawi, tepatnya di Jl. KH Wahid Hasyim, Kalbar ketika seorang aktivis Dayak memasang spanduk penolakan FPI yang mengatasnamakan organisasi pemuda dayak, spanduk tersebut dipasang di halaman asrama “PANGSUMA” (sebelumnya tertulis PANAMA) yang merupakan asrama perkumpulan Mahasiswa Dayak.

Salah seorang anggota FPI yang kebetulan melintas dan melihat spanduk tersebut, meminta agar spanduk diturunkan, namun pemilik spanduk justru melawan laskar FPI tersebut dengan nada menantang. Anggota FPI yang lain beserta polisi pun mulai berdatangan. Oleh pihak kepolisian, spanduk tersebut diminta untuk diturunkan, namun pemilik spanduk tersebut tetap melawan polisi tersebut. Massa yang tak suka ulah Dayak pun geram lalu merebut dan menurunkan paksa spanduk tersebut dan berusaha memasuki asrama. Namun hal tersebut dibubarkan paksa oleh polisi. Aktivis dayak provokator itu pun lalu diamankan oleh kepolisian. Akibat peristiwa ini, mengundang keributan yang lebih besar hingga akhirnya membuat warga muslim berhadap-hadapan dengan warga Dayak.

Masyarakat muslim yang bersimpati kepada FPI tidak berhenti berdatangan dari berbagai penjuru kota, bahkan luar kota. Hingga Rabu sore hari (14/03/201) mereka mengepung asrama “PANGSUMA” yang berisikan para aktivis perkumpulan mahasiswa Dayak. Asrama lalu dijaga ketat oleh pasukan anti huru-hara berpakaian lengkap. Para mahasiswa dayak itu pun terkepung selama 3 jam hingga akhirnya dievakuasi oleh pihak kepolisian untuk dibawa ke rumah adat Dayak Kalimantan Barat yang merupakan “markas” pemuda-pemuda Dayak di Kota Pontianak. Jalan-jalan menuju akses kota Pontianak pun mulai diblokir untuk mengantisipasi datangnya masyarakat menuju lokasi Asrama.

Melihat kondisi yang begitu memanas, maka pada malam tersebut diadakanlah pertemuan yang dimpimpin oleh Wakapolda Kalbar Komisaris Besar Syafarudin. Dihadiri Wakil Walikota Pontianak – Paryadi, Kapolresta Pontianak Kombes Muharrom Riyadi, Dandim Pontianak Letkol Bima Yoga dan Dewan Adat Dayak Yakobus Kumis, serta Ketua DPD FPI Pontianak Ishak Ali Al Muntahar. Malam itu sebenarnya diputuskan bahwa dari pihak Dayak dan FPI sepakat untuk saling menahan diri. Namun entah mengapa sampai saat ini ketegangan antara dua kubu belum juga mereda. [KbrNet/Voa-Islam]

485 Tanggapan to “Pontianak Mencekam, Warga Dayak Serang FPI”

  1. Muslem said

    Kita sesama bangsa seharusnya kompak, sebaiknya masalah itu diselesaikan dengan kekeluargaan jangan seperti ini.
    mudah-mudahan kejadian ini cepat selesai.
    Aamiin ..

  2. Anonymous said

    Janganlah kau benci FPI KARENA MEREKA SEBAGIAN DARI TAMENGNYA ISLAM.. DAN JANGAN KALIAN MEMBENCI DAYAK KARENA MEREKA SAMA SAUDARA KITA.. BHINEKA TUNGGAL IKA. BENCILAH KEMUNGKARAN

  3. rezabecks said

    Dipikir2 apa Tuhan itu perlu dibela ? Kan Tuhan itu yang empunya semuanya, kalo DIA berkehendak pasti terwujud, kalo perlu dibela manusia berarti apakah Tuhan nda mampu ? Direnungi …

  4. siahaanlah said

    Mari BELAJAR DARI NEGARA BERKEMBANG YANG JAUH LEBIH DULU MENJALANKAN DEMOKRASI BEBAS …KOREA, MALAYSIA, DLL
    KALAU BANGSA INI MEMANG GAK SANGGUP, DAN HARUS KEMBALI MAEN TANGAN BESI SEPERTI JAMAN doeloe..YA JUJUR SAJALAH…APA KATA DUNIA???
    Apakah MEMANG MENTAL KITA ……????? Hendaknya semua pihak jangan mau jadi ”babu” nafsu…

  5. Rezakiper said

    Rezabecks berkata
    18/03/2012 pada 11:46 e

    Dipikir2 apa Tuhan itu perlu dibela ? Kan Tuhan itu yang empunya semuanya, kalo DIA berkehendak pasti terwujud, kalo perlu dibela manusia berarti apakah Tuhan nda mampu ? Direnungi …

    #

    KOMENTAR:

    Setuju dgn @Rezabecks

    AlQur’an dikencingi, umat Islam ga boleh protes, biarin aja nanti Allah SWT yg bela.

    Alkitab/Bible diberakin, biarin aja umat Kristiani ga boleh protes,nanti Bapa & Yesus & Roh Kudus yg bela.

    Kitab Weda dipake ngepel kandang sapi, umat Hindu ga boleh protes,biarin aja nanti Dewa Wisnu yg bela.

    Tripitaka dipake sbg toilet paper buat ngelap tai, umat Buddha ga boleh protes, biarin aja nanti Sang Buddha Gautama yg bela.

    Masjid dibom biarin aja, umat Islam ga boleh protes, nanti Allah SWT yg bela.

    Gereja dibakar, umat Kristiani ga boleh protes, biarin aja nanti Bapa & Yesus & Roh Kudus yg bela.

    Sri Paus disodomi rame2, umat Kristiani ga boleh protes, biarin aja nanti Bapa & Yesus & Roh Kudus yg bela.

    #

    ( @Penonton: -> ternyata ada juga manusia berotak keledai )

  6. Indra said

    Daripada nolak FPI mending pada demo nolak kenaikan BBM aja

  7. NKRI said

    Indonesia Raya

    Indonesia tanah airku
    Tanah tumpah darahku
    Disanalah aku berdiri
    Jadi pandu ibuku

    Indonesia kebangsaanku
    Bangsa dan Tanah Airku
    Marilah kita berseru
    Indonesia bersatu

    Hiduplah tanahku
    Hiduplah negriku
    Bangsaku Rakyatku semuanya
    Bangunlah jiwanya
    Bangunlah badannya
    Untuk Indonesia Raya

    Indonesia Raya
    Merdeka Merdeka
    Tanahku negriku yang kucinta

    Indonesia Raya
    Merdeka Merdeka
    Hiduplah Indonesia Raya

    Indonesia Raya
    Merdeka Merdeka
    Tanahku negriku yang kucinta

    Indonesia Raya
    Merdeka Merdeka
    Hiduplah Indonesia Raya.

  8. Ini Yang Betul! said

    AWAS! @RAKYAT INDONESIA WASPADALAH!

    Ini skenario ADU DOMBA oleh Rezim SBY.

    Umat Islam & FPI sengaja DIADU DOMBA dengan Warga Dayak agar terjadi konflik dgn tujuan untuk mengalihkan perhatian masyarakat dari isu2:
    …………..kenaikan harga BBM
    …………..korupsi kader2 Partai Demokrat
    …………..korupsi anggota2 DPR
    …………..korupsi proyek2 pemerintah
    …………..kegagalan2 Pemerintah Rezim SBY.

    Ingatlah, Wahai Saudara2ku bangsa Indonesia yg tercinta.
    Warga Dayak itu rakyat yg cinta damai. FPI pun ormas yg tidak pernah memegang senjata pembunuh dan sejak berdiri tak pernah ada seorangpun yg mati karena FPI.

    KITA SEDANG DIADU DOMBA.
    KITA SEDANG DIADU DOMBA.
    KITA SEDANG DIADU DOMBA.
    KITA SEDANG DIADU DOMBA.
    KITA SEDANG DIADU DOMBA.
    KITA SEDANG DIADU DOMBA.
    KITA SEDANG DIADU DOMBA.
    KITA SEDANG DIADU DOMBA.
    KITA SEDANG DIADU DOMBA.
    KITA SEDANG DIADU DOMBA.

    Wahai Saudara2ku bangsa Indonesia yg tercinta.

    Kalian orang2 Cerdas!
    Kalian orang2 Cerdas!
    Kalian orang2 Cerdas!

    Jangan mau diprovokasi oleh rezim SBY!
    Jangan Mau Diadu Domba oleh Rezim SBY!

    Mari kita akhiri perdebatan bodoh ini!

    Terima kasih dan maaf.

  9. Anonymous said

    menyangkut penulisan di atas, mohon diralat lagi dalam bahasanya. saya kira FPI itu satu organisasi begitu pula mahasiswa di asrama pangsuma itu satu organisasi. tulisan di atas menyebutkan umat muslim, dalam hal ini saya faham antara FPI dan MUSLIM tapi jangan di kaitkan antara FPI dan muslim (MUSLIM itu satu Agama yang jadi panutan).j adi tulisan yang anda tulisakan itu tidak semuanya warga muslim/islam yang menyetujui hal itu begitu pula sebaliknya warga dayak, di KAL_BAR sendiri masyarakat dayak terbagi dari berbagai suku. Organisasi teteap organisasi jangan dikaitkan sama agama.

  10. NKRI said

    @Admin Kabarnet

    Sperti Anda lihat sendiri prdebatan ttg masalah ini tdk mengarah ke solusi positif yg mendinginkan suasana. Tp bahkan makin memanas menjurus ke perpecahan dan disintegrasi bangsa.

    ADA BEBERAPA PROVOKATOR YG MENYUSUP DAN IKUT BERKOMENTAR. TERBACA DARI KOMENTARNYA YG TIDAK BERSAHABAT DAN BERNADA MEMANASKAN SITUASI YG SUDAH PANAS!

    Saya mengusulkan sebaiknya thread ini dihapus, atau setidaknya fasilitas utk menulis komentar ditutup aja. Terima kasih.

  11. Anonymous said

    yang termakan isu dan provokasi berarti dikadali mentah mentah mau nggak makan kadal mentah mentah ?

  12. m1stik said

    jangan mau terprovokasi,saudara2ku.
    Ujung2nya akan menderita.kami diposo sudah merasakan dampaknya.yang ada hanya penyesalan.semoga kita tetap hidup damai.
    Ingat,TORANG SAMUA BASUDARA.

  13. dimana ada FPI pasti ada keributan bukan adanya umat islam,… islam cinta damai tapi yang suka bikin ulah itu FPI_nya klo mau digorok … gorok aja FPI_nya.. krn yang selalu bikin rusak sesuatu itu setan adanya

  14. Agus Fauzi said

    @Ronald Den’s yang bilang “dimana ada FPI pasti ada keributan bukan adanya umat islam,… islam cinta damai tapi yang suka bikin ulah itu FPI_nya klo mau digorok … gorok aja FPI_nya.. krn yang selalu bikin rusak sesuatu itu setan adanya”

    Yang setan sebetulnya kamu ronald den’s, yang mesti digorok sebetulnya kamu! dasar antek Liberal! mau rusuh disini ya, ngenet isinya spam melulu. Lihat berita dibawah.

    “Sebelumnya dikabarkan, saat Ketua Umum Habib Rizieq Syihab datang ke Pontianak, Ketua DAD Kalbar Yacobus Kumis menemuinya di rumah salah seorang pengurus FPI di Pontianak. Dalam pertemuan yang berlangsung pada Senin (12/3/2012), sekitar 17.30 WIB, terjadi kesepakatan FPI Kalbar akan selalu berdialog dan bekerjasama dengan DAD Kalbar.

    “Ada kesepakatan bahwa FPI Kalbar dan DAD Kalbar akan selalu membuka dialog dan bekerjasama membela rakyat dan negara”, kata Habib Rizieq dalam SMS-nya kepada Suara Islam Online, Senin malam sekitar pukul 19.44 WIB.

    Kalau DADnya saja bertemu dan akan menjalin kerjasama dengan FPI, lantas mengapa ada segelintir mahasiswa yang menolak. Ketahuan sekali provokatornya.”

    Setuju sama agan Ini Yang Betul!

  15. along said

    mudah mudahan KALBAR aman dan tentram

  16. erlina said

    buat anonymous sebaiknya belajar agama lebih banyak lagi, kira-kira 20 tahun gitu lah….pahami jihad yang sebenarnya !!!

  17. acie said

    yaaaa.. jangan saling melukai.. luka satuu.. turuun semuua.. benar ga ?? rukuun2 ajalah yaaaa.. jangan sering anarkiiss :)

  18. agus.juba said

    Hadeh,,,,hadeh,,,,,saya juga atau kami orang borneo kita tahuorang borneo sopan,tapi kami dukung fpi dan sayang juga orang dayak,saudaraku dayak kita pernah menang lawan suku madura dan letta islam lamkari atau ldii,itu semua karna merka sombong dan sok jago,jadi kami harap kita jagan melupakan itu salam borneo

  19. Semoga Allah selalu melindungi dan menguatkan FPI………maju terus dalam amal makruf wa nahi mungkar

  20. Anonymous said

    Sebagai salah satu warge negara Indonesia yang sudah lama tinggal di negara Eropa, saya selalu pulang ke tanah air untuk melihat keluarga, teman-teman, tetangga yang sudah saya kenal sejak saya kecil. Bahkan saya juga mempunyai dua kakak ipar yang sangat saya sayangi, dan mereka asalnya dari dearah pedalaman yang kita kenal dengan kata dayak. Kita selalu hidup damai dan sejahterah sampai saat ini.
    Bersama ini, saya berharap kepada masyarakat indonesia dimana saja kalian berada, marilah kita hidup bersama dengan damai dan kompak, setiap masalah yang datang dalam hidup ini, selalu ada jalan keluarnya. Satu suku untuk semua, dan semua untuk satu suku. Saya bangga sebagai warga negara indonesia, marilah kita ujudkan kedamaian dan kesejahteraan sebagai contoh anak-anak kita di hari tua.

    Salam sejahterah dari Jerman

    Ratna

  21. Anonymous said

    muda2han pristiwa di kalbar cpt sLsai

  22. Ibrahim Aza said

    Demografi Kalimantan Barat (Kalbar) –
    Suku bangsa : Dayak (35%), Melayu (13%), Sambas (12%), Tionghoa (9%), Jawa (9%), Kendayan (8%))[3] – Agama : Islam (57,6%), Katolik (24,1%), Protestan (10%), Buddha (6,4%), Hindu (0,2%), lain-lain (1,7%) – Bahasa : Bahasa Indonesia, Bahasa Dayak, Bahasa melayu, Bahasa Tionghoa

    Demografi Kalimantan Tengah (Kalteng) –
    Suku bangsa : Banjar (24,20%), Jawa (18,06%),
    Ngaju (18,02%), Dayak Sampit (9,57%), Bakumpai (7,51%), Madura (3,46%), Katingan (3,34%), Maanyan (2,80%) [2] –
    Agama : Islam (69,67%), Protestan (16,41%), Hindu (10,69), Katolik (3,11%), Buddha (0,12%) –
    Bahasa : Bahasa Dayak, Bahasa Indonesia

    Demografi Kalimantan Selatan (Kalsel) –
    Suku bangsa : Banjar , Dayak ,Jawa , Bugis [3] –
    Agama : Islam (96,80%), Protestan (2,85%), Katolik (1,81%), Hindu (0,95%), Buddha (0,17%) –
    Bahasa : Bahasa Indonesia(id), Bahasa Banjar (bjn), Bahasa Bakumpai (bkr), Bahasa Bukit (bvu), Bahasa Dusun Deyah (dun), Bahasa Maanyan (mhy).

    Demografi Kalimantan Timur (Kaltim) –
    Suku bangsa : Jawa (29,55%), Bugis (18,26%), Banjar (13,94%), Dayak (9,91%), Kutai (9,21%), Madura (1,24%), Tionghoa (1,16%), dan Lain-lain (16,73%).[4] –
    Agama : Islam (82,3%), Kristen (Protestan & Katolik) (16,4%), Hindu (0,58%), dan Budha (0,78%) (2009)[5] –
    Bahasa : Bahasa Indonesia, Banjar, Dayak, Kutai

  23. Ibrahim Aza said

    Di setiap Rukun Tetangga (RT) harus dibentuk perkumpulan Majelis Taklim, yakni Majelis Taklim Kaum Bapak dan Majelis Taklim Kaum Ibu, beranggotakan seluruh kaum bapak/ibu di RT. setempat, sebagai media dakwah dan media untuk meningkatkan silaturrahim dan ukhuwah islamiyah bagi kaum muslimin setempat, selain sbg benteng melawan pemurtadan.

    Majelis Taklim harus memiliki silabus (daftar kitab/buku yang diajarkan), misalnya kitab tafsir Al Quran, kitab shahih bukhari, kitab shahih muslim, dll.

  24. Ibrahim Aza said

    Kegiatan utama dari Ikatan Remaja Masjid (IRMA) tentunya adalah Majelis Taklim Remaja (Pengajian Remaja), yang diadakan secara rutin seminggu sekali untuk meningkatkan ilmu agama bagi para anggota IRMA bersangkutan.

  25. SAPAR said

    assalamualaikum smuax….utk bang MISTIK slm knl saudara….syukurlah smuax udah bs tergendali dgn aman,mendinggan kita demo ke pemerintah aja tentang BBM….

  26. some one in the dark said

    demo boleh demo tapi jangan demo pake ala FPi. manfaatkan waktu, tenaga, nalar, dan semuanya demi kesejahteraan bangsa ini

  27. banyak yang cinta damai tapi perang semakin ramai ckckckck

  28. chris said

    assjalamualaikum.wr wb,saudara saudaraku yg seiman,sesungguhnya musuh islam itu tdk nampak nyata didunia,tetapi musuh kita syaitan musuh nyata bagimu

  29. opik said

    Kenapa y bangsa kita semakin terpuruk dan g bisa berfikir positip tuh klo mau perang perangi negara yg telah marebut hak kita bukan kita malah perang dlm negri

  30. angga said

    Usir aje kang ………… :)
    Ane Di dukung mana yang benar aje..qq

  31. Anonymous said

    AL ANFAAL [8:1] Mereka menanyakan kepadamu tentang (pembagian) harta rampasan perang. Katakanlah: “Harta rampasan perang kepunyaan Allah dan Rasul593, oleh sebab itu bertakwalah kepada Allah dan perbaikilah perhubungan di antara sesamamu; dan ta’atlah kepada Allah dan Rasul-Nya jika kamu adalah orang-orang yang beriman.”

    AlMu’minuun 5-6
    “Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela.”

    Ayo Jihad….. Allahuakbar…… seperti kerusuhan 1998…. bakaaaaar….. rampaaaas…. perkosaaaa…..

  32. HT said

    Alkitab I Samuel 15:2-3 yang berbunyi sebagai berikut :
    2.Beginilah firman Tuhan semesta alam : Aku akan membalas apa yang dilakukan orang Amalek kepada orang Israel,karena orang Amalek menghalangi mereka,ketika orang Israel pergi dari Mesir.
    3.Jadi pergilah sekarang,kalahkanlah orang Amalek,tumpaslah segala yang ada padanya,dan JANGANLAH ADA BELAS KASIHAN KEPADANYA.
    Bunuhlah semuanya,laki-laki maupun PEREMPUAN,ANAK-ANAK maupun ANAK-ANAK-ANAK YANG MENYUSU,LEMBU maupun DOMBA,UNTA maupun KELEDAI.

    ( ulangan 20:14 ) Hanya perempuan,anak-anak,hewan dan segala yang ada di kota itu,yakni seluruh jarahan itu,boleh kaurampas bagimu sendiri,dan jarahan yang dari musuhmu ini,yang diberikan kepadamu oleh TUHAN,Allahmu,boleh kaupergunakan.

  33. Anonymous said

    Baugus Al Kitab apa Al Quran sih? bingung?

  34. Maria Sitompoel said

    ummat islam pasti menang

  35. Gue sependapat dengan Dayak, Fpi jgn merajalela di indonesia karena indonesia ini milik 5 agama.

  36. STOP…!!! FPI..

  37. Singkirkan FPI. Jadikan lah bangsa indonesia bangsa yg tidak akan membedakan satu dengan yang lain

  38. Gue dukung dayak, Enyalah engkau FPI, Mari kita semua memuji Tuhan YESUS

  39. Hai… FPI, Jangan macam2 dengan dayak ya.

  40. kalian hina suku kami diam dan kalian tetap saudara kami..politik kalian kuasai kami diam dan kalian tetap saudara kami…perekonomian kalian kuasai kami diam dan kalian tetaplah saudara kami sampai kapanpun meskipun kalian berbeda agama, suku, ras dan budaya…

    tapi jika ISLAM dan Nabi kami tercinta dihina…Kitab Alquran kami kalian injak-injak…jangankan harta nyawa kami pasang dan darah akan kami alirkan demi membela Allah dan Rasulnya…

    kami cinta syahid … kami rindu mati syahid kami prajurit islam pencari kemuliaan, persaudaraan dan pemburu mati syahid…bagi kami kematian adalah awal kehidupan abadi

    orang yang benar2 islam cinta kedamaian…ALLAHU AKBAR

    stop kekerasan … stop provokator…

  41. Anonymous said

    sepertinya brita di atas menyalahkan salah satu pihak saja

  42. anas said

    Silakan klik 100 kebenaran alquran

  43. m. Radit said

    fpi tu. . .di bunuh pun pakai fpi mendua kan tuhan mau menang sendiri suku dayak mau di lawan mana bisa kalimantan udah pusat nya suku dayak. Suku dayak ngak bakal gentar menghadapi suku apa pun apa lagi fpi

  44. nah itulah ISLAM [FPI] yang selalu memaksakan kehendak apa sih maunya ,begitu pentingkah FPI di dalam masyarakat masak ISLAM perlu pembela ,memang ISLAM punya masalah,sampe pake pembela segala takut ya tapi takut ame siape ye

  45. usir aja FPI dari tanah kalimantan dimana saja ,bukan menyelesaikan masalah bahkan bikin masalah ,dimn ada FPI selalu ada kekacauan sudah sering terjadi di jawa tanpa mengenal peri kemanusiaan. tak percaya buktikan sepak terjangnya

  46. Anonymous said

    To rezabecks,,,,,,,,,,
    Klo kamu mati jangan kau sesali dngan perkata an mu,,,,,,biarin aja tuhan menyiksamu,,,,,,,,

  47. Anonymous said

    ORG2 dayak banyak juga yg ber agama muslim,jadi tolong jangan samakan suku dan agama,kalau suku ya suku kalau agama ya agama…..

  48. ali hasan said

    DAYAK TOLOL…,,, orang yang mau di adu domba itu orang BODOH.,, padahal dayak juga ada muslim,,masa nyerang muslim dan bela kafir dayak harby..,, muslim kafir semua isinya tu kalimantan ya?

  49. ali hasan said

    dalam alqur’an di katakan SIAPA YANG BERPERANG DEMI SUKU,,LALU MATI,,,MAKA MATINYA KAFIR.,, dasar DAYAK goblok….,,, ISLAM KTP doank.

  50. paseo said

    ingat..orang orang yang membawa agama untuk mencari nafkah adalah orang bejat dan dosa nya tak kan terampuni. islam itu damai tak mengajarkan kita untuk membuat onar dan mengancam orang lain..

  51. bagyo said

    ada warga dayak dan ada juga preman didikan penguasa serakah yang mengatasnamakan suku dayak, ini yg ga banyak orang faham jadi harus diteliti dulu, juga ada provokator asing maupun lokal, kalo ga faham ,yang jadi korban rakyat……..

  52. Pangalayo said

    Menurut saya yang nama nya islam tetap satu jangan bikin satu dua macam atw macam2 organisasi itu yg bikin ribut.tpi di kalteng fpi tetap di tolak keberadaan nya.

  53. syah said

    aku adlah kturunan dayak
    kmi tidak akn membunuh kalau tdk ad yg memulai

  54. Musllim said

    Klw para habaib2 para awlia yg membela islam ini di diskriminasi trus menerus.indonesia akn lebih hancur ..
    Hay kalian jgn prnah mncampur tangani urusan2 habaib,dan jngn smpi mengolok2’ki nya .. Lihat akbt’a
    krna para habaib adlh ank cucu nabi muhamad saw.barng siapa yg tdk ska dngn para habaib2.dia psti akn claka di ahrat nanti ..

  55. Ank banten said

    Klw para habaib2 para awlia yg membela islam ini di diskriminasi trus menerus.indonesia akn lebih hancur ..
    Hay kalian jgn prnah mncampur tangani urusan2 habaib,dan jngn smpi mengolok2’ki nya .. Lihat akbt’a
    krna para habaib adlh ank cucu nabi muhamad saw.barng siapa yg tdk ska dngn para habaib2.dia psti akn claka di ahrat nanti ..

  56. Waraney said

    Suku Dayak harus lebih sabar,Fpi jangan menyelesaikan masalah dengan cara anarkis. Apabila suku Dayak merasa terusik maka akan ada pertikaian.Apabila Fpi melakukan kekerasan maka terjadilah pertikaian. Apabila terjadi kerusuhan sudah pasti di menangkan Suku Dayak!…ingat banyak saudara kita di luar pulau/merantau jadi jagalah ketenangan masing2. tidak ada yg menginginkan perang…dan akan sangat bahaya buat Fpi apabila mmbuat Suku Dayak terusik.
    saya bicara soal perang karena sepertinya banyak yang mengiginkan,tidakkah anda bercermin dari kejadian beberapa tahun silam!
    perlu di pahami juga untuk tidak mengunakan kata “Kristen Kafir”.

    Pakatuan wo pakalawiren! I yayat U santi…!

  57. Anonymous said

    Thread ini yg Provokator. Saya islam. Saya pnya tmn dayak.
    Rokok saya bagi dengan dia,
    Makan sepiring saya bagi dgn dia,
    Kita susah sama sama.
    Dan kami ga peduli thread kotor macam ini.. Sampah

  58. amran said

    setelah saya baca, ternyata ada beberapa tulisan di atas yang sengaja dipelintir…

  59. Anonymous said

    ini memang ada provokator kotor,yang ingin menjadikan manusia saling membenci satu sama lain,apalagi ttg SARA…pikir baik2 sebelum bertindak,kitai menua anang jadi gila,anang mayoh peninga ti nadai2…sama ngisi kesampau diri..orang2 dirik2…

  60. yuri said

    bantai FPI … Kite orang dayak tadak boleh takut same FPI.

  61. yura said

    bantai Dayak … Kite orang beradab tadak boleh takut same Dayak.

  62. liman-x ..madura said

    damai kawan .,.ta’smua org suku jahat..trutama madura..dayak viking madura+fpi

  63. Igan said

    FPI anjing Front Pembela Iblis…hanya membuat kerusuhan dan teror dengan segala bentuk kekerasannya

  64. Damai itu indah said

    Semua ilmu pasti ada kelemahanya dan semua penyakit pasti ada obatnya.krn Tuhan menciptakan sesuatu serba berpasangan.semua sukupun pasti ada kelebhanya.jd apa itu suku jawa,dayak,madura,bugis atau apa saja yg mempunyai kelebhan janganlah menyombongkan diri…lbh baik kita bersatu,saling menghargai n menghormati satu sama lain.

  65. Anonymous said

    kalbar itu propinsi yang paling eksotis, dari sejarah berdirinya yang menghimpun berbagai suku di kalbar, dari sungai sungai nya, tugu khatulistiwa, sejarah masa lalu yang gemilang, banyak lahirnya tokoh tokoh agama dan negarawan yang berpengaruh di indonesia, ini semua ulah dari orang orang luar kalbar (provokator) yang ingin kalbar mundur dalam pembangunan, ingat peristiwa mandor banyak masyarakat kalbar yang pintar pintar di bunuh karena jepang takut kita akan melawan …. saya banyak berkawan dengan saudara kita dari suku dayak, madura, jawa, melayu yang lain agama … tetapi tidak sedikit pun ada rasa kecurigaan antar sesama … malahan hanya berpikir untuk kemajuan daerah nya ….

  66. Anonymous said

    Laura cinta damai….semoga semuanya menjadi bersatu…hidup fpi hidup dayak…semuanya dech i love u full

  67. Anonymous said

    habisi aja tu fpi krna mreka terkutuk dunia akherat. fpi emang pantas jd sampah

  68. frans said

    saya perjelaskan lagi dan tolong direnungi !
    masalah suku sekarang itu sudah tidak ada, itu hanya cerita lama. Umat Islam itu tidak salah, yang salah itu adalah organisasi fpi yang mengatas namakan agama, karena tidak ada agama yang mengijinkan untuk melakukan kekerasan kepada sesama. Mereka hanyalah segilintir orang yang rasis dan fanatik kepada agama.

  69. Anonymous said

    semogadaerahpontianaktetap temtam

  70. dom said

    INGAT PANCASILA ADALAH BENTUK PERJANJIAN PERSATUAN DI NEGARA INDONESIA . . .
    JANGAN BANGUNKAN KEMBALI PARA PAHLAWAN YANG TELAH GUGUR . . .
    darah kamu yang menyerang dia adalah teman pejuang Indonesia ,Tapi
    darah kamu yang diserang sama saja teman pejuang Indonesia . . .
    darah mu adalah darah kami . . .
    Kita pernah melakukan kesalahan sehingga K A L A H melawan penjajah karena E G O I S
    Orang E G O I S tidak akan pernah diakui di INDONESIA . . . .
    sebab Indonesia ada bukan hanya kamu
    tetapi aku disamping mu
    dan kalian semua atas nama darah nenek moyang kita . . .

  71. Anonymous said

    mas klo nulis berita yg bener ya jangan belain islam terus OK!!!!!!!!

  72. Fernando AT , Las Palmas said

    kalau anda baik dan Tuhan setuju, anda boleh terus ada seperti indahnya bunga2 di pagi hari yang semerbak mewangi, TETAPI kalau tidak ANDA seperti rumput kering ditiup angin dan L e n y a p . . . orang yahudi, arab, taiwan, moro siapapun yang baik bilang damai itu indah . . . mau bukti ? Zelamah mencermati apa yang akan terzadi….

  73. Anonymous said

    Kita org kalimantan Barat. .
    Damai lah. .

  74. Anonymous said

    dasar tukang onar

  75. Anonymous said

    di kaltim ada juga suku PASER BOS………………

  76. Anonymous said

    AJA NET@ di Kal-tim ada juga suku PASER kami bukan orang dayak,kutai atau banjar ”olo manin aso buen si olondo”

  77. anak cucu temenggung husin said

    bangkal amat….lajak diak am,gasak amat2,….ti udh telanjur perang baru nesal…sampau kuali sampai dapur ndai berasap….ingat anak ucu kitai jax…..

  78. Ahmad jawa said

    Assalamu alaikum wr wb, Sebagai warga NKRI sebaiknya artikel ini di masukan closed saja, tulisan sampah menghasut dan hanya mengajak ke pertempuran, saya sebagai muslim sangat tida nyaman membaca, sesama muslim bersaudara, satu sakit merasakan sakit semua, fpi bagian dari muslim, jadi kalo mau bubarkan fpi lihatlah ada siapa di belakang fpi, maka jika perang terhadap fpi maka perang terhadap muslim sedunia, marilah kita buka kacamata hitam kita, ketika di tv ada berita kekerasan yang dilakukan fpi maka yang ada hanya tempat judi, mesum dan portitusi, jangankan islam saya rasa semua agama melarang semua kegiatan itu, so jika kalian bukan pelaku seperti itu kenapa harus risih, jika kalian memang suku atau agama anda yang benar, maka peduli lah akan generasi yang akan datang, dan rawat didiklah generasi anda, kalo tidak maka kedepan yang ada hanya seonggok manusia tanpa pendidikan yang kelaparan, maka yang ada hanya kerusuhan…. sekali lagi, di kerangka NKRI kita berbineka tunggal eka, kita bekerja sama dalam kebaikan, dan sebaliknya kita dilarang bekerjasama dalam hasut hasutan, semua suku punya harga diri, semua agama punya harga diri, semua masalah ada akarnya, semua makluk hidup punya hak hidup, so…..pembantaian sudah terjadi yang lalubiarlah berlalu, namun bukan sedikitpun semua menjadi penyiut nyali seorang muslim, jika pembantaian itu memang sesuatu yang salah maka kami sebagai muslim menang atau kalah tidak akan takut menghadapai, jika pembantaian itu memang benar maka sebagai muslim kami menghargai…..sekali lagi tiada tuhan selain alloh, saksikanlah hidupku matiku hanya untuk alloh, kami cinta damai, tapi kami tak takut berperang !!! maka jangan coba coba mendholimi saudara kami dimanapun berada, kami adalah jiwa kesatuan, kesatuan dayak melayu jawa cina bugis dan banyak lainnya, yang muslim yang bersaudara….kami tidak mengenal suku, suku kami sama, suku islam, muhammad nabi kami, sebagai komandan perang tertinggi, ketika kami ikrar masuk islam, maka hilanglah suku kami, hilanglah harta kami, hilanglah jiwa kami, yang ada hanyalah hidup mulia atau mati syahid, ……..yang benar akan kelihatan benar dan yang salah akan keliatan salah, maka jangan ada hasutan….ingat….dayak melayu jawa cina dll dll yang memeluk islam, adalah tanggung jawab muslim bersama ketentramannya di dunia, maka jangan sekali sekali mendholiminya………jika mengancam kami dengan kematian, sesungguhnya kematian yang menghantarkan menemui tuhan kami adalah suatu cita cita tertinggi, kecuali kematian itu memasukan kami ke neraka, takut takutila kami biar bertobat, karena kami takut mati dalam keadaan jahil…..salam persaudaraan, salam perang !!

  79. Anonymous said

    kami tidak pernah mengusik orang lain maupun agama orang lain tapi kami merasa tidak nyaman dinegara tercinta ini untuk menjalankan ibadah agama kami,,dan kami telah berusaha sabar tapi sampe kapan kami dapat bertahan sabar,,??? janganlah kamu berpikir hanya kamu yang mencintai agamamu,kamipun sangat mencintai agama kami,,demi agama,,,kita sama2 tidak takut mati,,maka janganlah kamu paksakan agamamu terhadap orang lain yang tidak seagama dengan kamu,biarlah kita menjalankan perintah agama kita masing – masing tanpa mengusik satu sama lain…!!!!!!!!!!

  80. Tuhan said

    Kalian semua manusia saya masukin ke neraka ya..karna saya yg punya alam semesta..wakakakaka wahahahaha wkakaka mati kalian

  81. Anonymous said

    lucu ya…saling menghina ngak ada guna nya kali ! bukannya islam cinta damai ya tapi kayaknya dari tingkah FPI selama ini nggak ada damai damai nya deh !

  82. :-P said

    dayak nggak bodoh ! yang bodoh kalian buta ya FPI itu udh mempermalukan islam…sebagai umat islam harusnya kita cinta damai bukan kekerasan !

  83. kalian harusnya sadar dayak nggak salah toh dia hanya nolak kekerasan yang selama in di lakukan FPI . kalau saja FPI tidak perna mengatas namakan agama untuk kekerasan pasti tidak ada hal seperti ini .

  84. propaganda said

    fpi ada sejak zaman sby, sengaja dibuat sbg alat utk kepentingan barat, coba liat timur tengah sekarang, ISiS yg digunakan barat utk mengacaukan timu tengah, kota2 nya hancur karna perang bawa2 agama, balik ke 20thn kblakang, bgt jg thn 65, kita dikadalin sm asu menyebabkan jutan sodara kita terbunuh..

  85. Anonymous said

    hoi bubar!!!bubar!!!
    kalian smw bukan tuhan..gk usah saling menghakimi…lupakan dendam lama….
    katanya satu bangsa adalah satu saudara??

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.038 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: