KabarNet.in

Aktual Tajam

Warga Mesuji Disembelih & Digantung di Tiang Listrik

Posted by KabarNet pada 14/12/2011

Jakart – KabarNet: Kejahatan kemanusiaan berupa pembantaian terhadap 30 petani Lampung terungkap setelah adanya laporan yang disampaikan warga Mesuji, Lampung ke Komisi III DPR-RI hari ini.

Warga Mesuji, Provinsi Lampung, menemui Komisi III DPR, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, hari ini Rabu, (14/12). Mereka didampingi aktor Pong Harjatmo dan mantan Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat Mayor Jenderal TNI (Purn) Saurip Kadi. Selain itu juga hadir para aktivis Front Pembela Islam.

Kedatangan mereka ini untuk mengadukan dugaan pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan aparat kepolisian terkait kasus sengketa tanah dengan perusahaan asal Malaysia. Meraka membawa bukti berupa video pembantaian. “Banyak lahan perkebunan di Sumatera yang dikuasai asing. Jadi ini sengketa lahan,” kata Pong.

Tapi sayangnya, masih kata Pong, masyarakat yang menjadi korban dari perebutan lahan oleh perusahaan asing tersebut, justru diperlakukan secara sadis oleh kepolisian. Padahal, mestinya, polisi itu mengabdi kepada rakyat, bukan malah kepada perusahaan asing. “Tindakannya sadis. Ada orang lapor ditahan sekian bulan. Orang mempertahankan tanahnya dibunuh, dipotong seperti binatang,” jelas Pong.

Dari video tersebut, jelas Pong, aparat yang melakukan pembunuhan adalah pasukan brigade mobil (Brimob). Meski, dalam video juga tampak ada aparat yang mengenakan seragam loreng. “Itu melebihi penjajah,” jelasnya.

Cakram atau CD yang berisi video penyembelihan yang diperoleh wartawan DPR, menunjukkan betapa biadabnya para pelaku. Saking biadabnya, para wartawan tidak berani menyaksikan adegan demi adegan dari penyembelihan beberapa orang warga Meruji. “Biadab. Kayak motong ayam aja tuh orang,” sergah seorang wartawan yang menyaksikan pemutaran video tersebut di gedung DPR, sesaat lalu (Rabu, 14/12). Tak lama kemudian, dia pun pergi karena tidak kuat melihat adegan penyembelihan itu.

Dalam cakram tersebut, ada dua file foto dan video. Untuk foto, file pertama diberi judul “Foto Kejadian Baku Tembak Antara Petani & Aparat di Lampung”. File foto kedua berjudul “Pelanggaran HAM”. Sedangkan file video pertama diberi judul “Bentrok Warga Sungai Sodong Vs PT SWA”, file video kedua diberi judul “Kisah Sadis I”, file ketiga berjudul “Kisah Sadis 2-Sodong Palembang” dan file 3 berjudul potong kepala.

Ketika file video pertama yang berjudul kisah Sadis I diputar, tampak pemandangan mengenaskan. Di satu desa, tepatnya di pinggir jalan, tampak tubuh manusia tanpa kepala digantung di tiang listrik yang ada di pinggir jalan. Pria itu memakai kaos berwarna biru dan bercelana jean biru. Tangan kanan lelaki itu mulai dari siku diikat di tiang listrik.

Setelah pemandangan mengenaskan itu, nampak gambar di salah satu halaman rumah tergeletak sosok lelaki berperawakan kekar sudah tak bernyawa. Tubuh lelaki berpakaian kemeja putih dan bercelana jean serta bersepatu cats warna putih penuh luka bacokan. Di bagian kepalanya mengalir darah segar. Setelah itu, dua kepala manusia yang diletakkan di atas atap mobil berwarna merah muncul dalam adegan berikutnya. Ada dua video yang merekam proses pemenggalan dua kepala pria, sementara tampak satu pria bersenjata api laras panjang dengan menutup kepala sedang memegang kepala yang telah terpenggal.

Peristiwa ini berawal dari perluasan lahan oleh perusahaan PT Silva Inhutani sejak tahun 2003. Perusahaan yang berdiri tahun 1997 itu, terus menyerobot lahan warga untuk ditanami kelapa sawit dan karet.

Sementara, mantan anggota DPR Mayor Jenderal (Purn) Saurip Kadi, yang ikut mendampingi warga mengatakan, perusahaan itu kesulitan mengusir penduduk dan kemudian meminta bantuan aparat. Selain meminta bantuan aparat, perusahaan itu juga membentuk kelompok keamanan sendiri. “Mereka bentuk Pam Swakarsa untuk membenturkan rakyat dengan rakyat tapi di belakangnya aparat. Ketika warga mengadu ke aparat tidak dilayani. Intimidasi dari oknum aparat dan pihak perusahaan sangat masif di sana,” kata Saurip.

Laporan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang disampaikan warga Mesuji, Lampung, membuat anggota Komisi III tercengang. Mereka seakan tidak percaya hal ini bisa terjadi di Indonesia. “Saya sangat prihatin, bagaimana hal kayak begini masih terjadi di Indonesia. Aparat keamanan yang seharusnya menjadi pengayom dan pelindung malah menteror warganya,” kata anggota Komisi III dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Aboebakar, Rabu, (14/12).

Aboe menilai tindakan yang dilakukan aparat tersebut sangat biadab dan termasuk pelanggaran HAM berat. “Kalau lihat rekamannya, Anda pasti tidak kuat. Bagaimana bisa manusia disembelih begitu, kayak ayam saja, sungguh ini sangat biadab, saya kira ini sudah termasuk pelanggaran HAM berat,” tegas Aboe.

Sekretaris Fraksi Hanura Saleh Husin juga prihatin atas pristiwa ini. Perlakuan tersebut sangat disayangkan. “Ini sanghat disayangkan. Walaupun mungkin ini hanya oknum. Tapi kok masih ada oknum aparat yang bekerja bukan untuk rakyat, tapi untuk perusahaan. Ini tidak dibenarkan sama sekali,” kata, Rabu, (14/12).

Karena itu, Saleh mendesak Kapolri Timur Pradopo mengusut kasus tersebut. “Ini di luar perikemanusiaan. Kapolri harus bertindak cepat usut tuntas masalah ini. Pelakunya harus diganjar benar-benar berat. Tidak bisa tidak. Karena ini pelanggaran HAM,” tegasnya lagi. seperti dikutip harian online Rakyat Merdeka.

Menurut Saleh, Kapolri Timur perlu untuk segera bertindak cepat setidaknya karena dua hal. Pertama, agar warga Mesuji yang selama ini sudah pesimis dengan aparat penegak hukum dan Kepolisian dapat menegakkan keadilan, bisa tumbuh kembali kepercayaannya bahwa hukum memang masih ada di negeri ini. Kedua hal ini juga untuk menghindari agar masyarakat tidak bergerak liar dan membabi buta.

Sementara itu, Petinggi Polri belum Tahu atas peristiwa Pembantaian Warga di Lampung. Polri sedang mendalami laporan adanya pelanggaran HAM yang dilakukan anggota Brimob terhadap Warga Mesuji, Provinsi Lampung. Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Mabes Polri, Boy Rafli Amar mengatakan sampai saat ini pihaknya masih mencari data soal peristiwa itu. “Kita lagi nyari (datanya), peristiwanya kapan, dimana. Jadi saya belum bisa memberikan informasi awal. Kalau sudah ada informasinya, pasti disampaikan,” kata Boy yang mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini.

Hal senada juga disampaikan Penasehat Kapolri, Kastorius Sinaga. Ia menegaskan akan mencari data pelanggaran hak asasi manusia berat yang dilakukan aparat kepolisian terhadap Warga Mesuji, Provinsi Lampung terkait kasus sengketa tanah dengan perusahaan asal Malaysia. “Saya cari informasinya dulu, baru nanti saya komentar ya,” singkat Kastorius, Rabu (14/12).

Komisi III DPR berkomitmen mengungkap kasus kejahatan kemanusiaan berupa pembantaian terhadap 30 petani Lampung terungkap setelah disampaikan warga Mesuji, Lampung dengan meminta keterangan Kapolri Jenderal Timur Pradopo, Rabu malam ini. “Nanti malam kita akan ketemu Kapolri. Kami akan minta penjelasan kepada Pak Timur mengenai hal ini,” kata anggota Komisi III DPR-RI Aboe Bakar Al Habsyi di Jakarta, Rabu (14/12).

Sebagaimana diketahui, dalam laporan warga Mesuji, Lampung disebutkan bahwa pembunuhan keji terhadap 30 petani yang terjadi pada 2009 hingga 2011 itu dilakukan saat penggusuran terhadap masyarakat dilakukan. Oleh karena itu, Komisi III DPR harus mengungkap tuntas kasus tersebut. Meski ada informasi bahwa Kapolda Lampung sudah dicopot. Tapi itu saja tidak cukup. Kapolri Timur Pradopo dan Presiden SBY harus bertanggung jawab. [KbrNet/RMOL/Slm]

94 Tanggapan to “Warga Mesuji Disembelih & Digantung di Tiang Listrik”

  1. rendi said

    Sudah muak kami mendengar kebobrokan negeri ini,yg tidak pernah mau belajar dari kesalahan kesalahan terdahulu.. Dan di sini lebih hebatnya lagi pemerintah dan aparat hukum sudah di kangkangi oleh investor asing untuk mendzolimi rakyatnya sendiri.. Hukum mana lagi yg bisa kami percaya..??

  2. Anonymous said

    Mereka yg ikut membnty adlh a*j*ng.

  3. pencit_87 said

    aparat TNI kok dikuasai perusahaan……!!!!!
    turunkan saja…..!!!

  4. Rafffff said

    Kita tidak usah memperkeruh suasana beri kesempatan kepada pihak terkait untuk mengusuthya, apabila diselewengkan neraka yang akan menyeretnya Allah Maha mengetahui, semoga kebenaran masih bisa ditegakkan amin.

  5. Anonymous said

    apa yang KPK lakukan sekarang sibuk dengan wanita bisnis yang tidak membunuh siapa pun, atau mungkin KPK takut Brimob, Brimob dapat membunuh KPK seperti mereka membunuh para petani

  6. Anonymous said

    saya minta maaf KPK kesalahan saya hanya berurusan dengan materi uang tidak berurusan dengan petani membunuh Miskin

  7. West Papua said

    Kami di Papua tidak heran dengan Peristiwa Mesuji. Itulah bukti kekejaman NKRI terhadap warga negaranya

  8. pencit_87 said

    Kita lihat aja penelusuran POLRI cepat atau lama……!!! klo cpt berarti memang akan bener2 di usut,, krn aparat Polisi dan banyak sekali Pejabat2 yg tersangkut didalamnya. klo pengusutan memakan waktu yg lama, saya Yakin se Yakin nya masalah ini akan tertutup dgn sendirinya… Pesan saya terhadap Bpk Mayjen(purn) Saurip Kadi, Tolong Pak,,,simpan baik2 CD rekaman itu, jgn sampai jatuh ke tangan orang2 yg tidak menginginkan masalah ini TERUNGKAP, krn hanya CD itu lah yg akan menjadi saksi kunci nanti. Dan kita lihat nanti, apakah POLRI akan benar2 melayani Masyarakat, Membela Rakyat, atau akan MELINDUNGI APARAT yg telah MELANGGAR HAM BERAT……..

  9. Supar said

    Apa Salah Kalau nanti nya banyak gerakan memisahkan diri dari NKRI ?????
    Lebih baik miskin tapi merdeka dari pada hidup di tindas sistem yang mengatasnamakan NEGARA. Bedebah kalian !!!!!!!

  10. nyawa harus diganti dengan nyawa!
    hukum mati aprat dan tutup perusahaan keparat yang telah membantai petani!
    ini genosida.
    laksanakan Reforma Agraria sejati. Tanah untuk Rakyat!

  11. Anahermin said

    Sgt sedih,prihatin dan miris…bagaimana mungkin hal ini tjdi kok d biarkan?lbh menyedihkn lg sy sbg warga lampung n setiap hr baca koran tp kok gak pernah tau ttg ini

  12. mbahsuro said

    sangat aneh kalau tahun 1997 s/d 2003 ada mayat tanpa kepala digantung di tiang listrik, dan tigapuluh petani dibunuh tapi tidak heboh…dan baru sekarang hal ini diblow ke media masa. da apa ini?? jelas hal itu sangat biadab..tapi kok baru sekarang ya?? mau nutupi kasua korupsi…hayo sodara-sodara!!! jangan lengah!!! kita awasi usut kasus ini tapi jangan lupa kita sama kasus KPK lainnya!!! emang brengsek lah orang2 tuh..

  13. Suganda said

    Tu FPI kok ikut2 pulang ke komisi III DPR?mau ikut cmpur komentr2 mslh pelanggaran HAM??busset…da lupa nya planggaran HAM yg dilakukan FPI dimonas.?

  14. Anonymous said

    NKRI ma’af ya kalau saya ngak pernah bangga menjadi warga negaramu…… memalukan!!!!!!!!!!
    Dulu belajar agamanya dimana toh, dosa apa Ibu2x yg melahirkan manusia seperti itu.

  15. yg melakukannya bener-bener bukan manusia…
    Astaghfirulloh..apa bnr skrg byk org yg telah kehilangan hati nurani,,?

  16. Anonymous said

    penghianat bangsa merajalela

  17. Sungguh biadab dan tak lagi punya rasa kemanusiaan. usut tuntas aparat yang terlibat dan ganjar dengan hukuman seberat-beratnya. HUKUM HARUS DITEGAKKAN TANPA PANDANG BULU. SUNGGUH BIADABBBBBBBBBBBB !!!!!!!

  18. Aris said

    Untuk oknum2 keparat..eh maksud’y aparat..yg ky gt,di hukum mati aja nanti..setuju..

  19. Ilham said

    semoga oknum2 itu diampuni dosanya oleh Tuhan. karena mereka akan butuh banyak sekali pengampunan. :mad:

  20. Naga Tidur said

    Indonesia memang belum merdeka

  21. si Oom! said

    sekalian saja datangkan tentara bayaran :twisted:

  22. kacung said

    katanya negara muslim terbesar tetapi…

  23. Nauzubillah… sebentar lagi laknat Allah akan turun kepada orang-orang yang melakukan pembunuhan tersebut,… yang jelas rakyat indonesia berdoa agar orang yang melakukan pembunuhan terhadap rakyat kecil hidupnya akan sengsara dunia akhirat,… aminn..

  24. gagah kok di depan rakyat sendiri…….harusnya separatis papua dong yg sikat..bukan rakyat sendiri

  25. Anjing aja masih punya hati

  26. Amelia said

    Setuju dgn mbahsuro…. Ini kasus biadab, tp jgn lupa ada kasus korupsi jg yg sdg jd sorotan media.

  27. aldi said

    Dari dulu kepolisian itu bukan lah aparat tapi adalah keparat. blia perlu bubarkan Badan kepolisian itu..karena kepolisian tidak pernah memberikan citra baik selama ini..polisi

  28. nn said

    biadab.

    http://thetruthonly1.wordpress.com/2011/12/15/fatwa-emas-syaikh-robi-hafidhohulloh-bahwa-yayasan-memecah-salafyyin/

  29. rakyat said

    aparat lagi, aparat lagi
    ga punya hati nurani, ga punya otak
    ganti semua pejabat yg tersangkut kasus ini kalo ga mo kasusnya terulang

  30. Gigikau said

    @Suganda

    Eh su tau apa lu dengan peristiwa monas……sudah jelas hari itu jadwal demo fpi yang berijin, tapi lsm biadab yang membawa-bawa ibu dan anak” demo tanpa ijin dengan teganya membentrokkan mereka dengan tingkah dan kata” provokatif!!! Siapa yang gak marah kalau islam dikata-katain anj..g dsb!!! kalau mikir suatu permasalahan itu nalar yang di pake bukan ati lu yang busuk….!!!

  31. Anonymous said

    inilah klo jdi aparat msuk y udah pke nyogok,ga murni…jdi aparat hanya utk pamer kekuatan dan jabatan…

  32. Rakyat Indonesia said

    Innalilahi wa inna ilaihi rojiun…. saya sangat sedih dan MARAH melihat saudara kita dibantai di negeri kita sendiri. Pemimpin negeri ini harus bertanggung jawab, Ingat Allah maha adil dan azab Allah sangat pedih… Wahai pemimpin negeri ini, anda akan kami tuntut di DUNIA dan AKHIRAT.

  33. astagfirullah.. kejam sekali

    salam,
    muslimshares

    http://muslimshares.wordpress.com

  34. isan30 said

    aparat apa keparat?jadi anjing apa penjaga aset asing?

  35. ali said

    itu krn kebodohan kita semua

  36. Anonymous said

    MasyaAllah, Komnas HAM harus segera membentuk tim pencari fakta, MABES POLRI harus segera mengusut kalau perlu laporkan ke DUBES AS untuk INDONESIA. supaya pemerintah serius! biar diembargo lagi sama bang Obama, MAMPUS!!

  37. unik said

    tidak bisa dipercaya peristiwa keji tsb terjadi di negara INDONESIA…..!!!!!! smoga yang melakukan masuk neraka !!!!!!
    Usut Tuntas !!!!!!!!!!!!

  38. handy said

    Inalilahiwainalilahiirojiun.Saya begitu sedih,marah dan perihatin melihat berita ini.saya seorang pelajar.Aparat sekarang otaaakkk nya dimana?????Aku aja yang menjadi anggota pinru pramuka rela gag makan demi anggota saya.SBY terlalu lembek.Saya berdoa dan selalu berdoa agar ALLAH menurunkan soekarno baru soekarno yang lebih tegas dari SBY yang akan selalu ingat rakyat nya.KAMI KELUARGA SMPN1 Sukoharjo ikut berduka cita atas pembantaian itu.semoga ALLAH menempatkannya di tempat yang layak.AMIN AMIN AMIN ya robal ALAMIN.DOAKU UNTUK INDONESIA

  39. handy said

    Saya juga berpesan kepada bapak2 jenderal”bapak punya TNI yang berbagai kesatuannya ada.Majukan kopassus lalu kirim pasukan AU untuk udara dan AL untuk perbatasan dan AD untuk pengaman disana!pak tolong mereka saya sebagai pelajar wajib membela negara..pak ingat pasal 30 ayat 1 : setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.Rakyat di sana sudah berjuang mempertahankan diri untuk kemanan.Tapi mana POLRI nya???kok terima sogokan KE NERAKA AJA LOE SI KEPARAT!!!!!!”ingat pak jenderal jika memang ingin perang laksanakan mobilisasi.!

  40. Anonymous said

    Akan seperti biasanya, kalau satu kasus sudah melibatkan POLRI/TNI kasus tersebut akan hilang dengan sendirinya tanpa ada laporan penyelesaiannya. Kita lihat saja nanti…..

  41. sepoer_nation said

    wahai aparat yang kejam,seringlah berkaca diri

    bagaimana jika anak cucumu yang di sembelih? apa kalian tidak melihat ke sana??
    ingat karma itu selalu ada !!

    ——————————————
    tanamlah kejujuran sedini mungkin
    agar keturunanmu hidup sehat dan layak

  42. eddy said

    Bubarkan saja Polri dimana2 Polri sdh jadi musuh rakyat…

  43. Anonymous said

    Apakah mereka(pelaku pmbntaian) itu jga dsbut manusia…….tdak ada hkuman yg pntas selain di penggal kpala’a.

  44. Anonymous said

    bravo timor leste, krn engkaulah pionir kemerdekaan dari penjajah NKRI…. Selamat berjuang sodara2ku warga papua…kami di sumatra mendukungmu…nantikan kami menyusul jalan perjuanganmu…

  45. Ingatselalu said

    Kok ngga ada yg menghujat pemilik perusahaannya ya? kan dia yg membayar polisi/petugas keamanan buat membantai penduduk. Klo ngga dibayar, mana ada yg mau disuruh membunuh?ingat itu! Ato dia udah melarikan diri ke negara asalnya?

  46. apapun alsnnya baik pelaku atau bos dari prushaan thu hidupnya tidak akan damai ,kluarganya akan sengsara dunia dan akhirat…
    amiin

    tidak mempunyai prikemanusiaan sama sekali
    binatang ajha ngk sebiadab itu…

  47. Anonymous said

    huffft ,,, darah tinggi sy kambuh baca berita kayak gini,,,, lemes sy jadinya,, kenapa ya ada yg mau motongin kepala org hanya gara2 sesuatu hal kepentingan duniawi… manusia itu makhluk paling mulia diciptakan tuhan sob,,,, lantas kenapa se enak nya dipotong kepala nya,,,haduhhh,,,,,, apakah negeri ini sudah seperti hutan? hukum rimba berlaku?

  48. Anonymous said

    Revolusi atau pisah ….. !!! muak,,,eneg,,,mual,,geli,,,sebel,,,kesel,,,kecewa,,, !!!

    selalu saja begini….. mau jd apa negeri ini …… mau jd apa anak cucu kita nantinya….

  49. Follow blog’ku ya, ntar pasti aku follback http://andiweb3.wordpress.com

  50. Anonymous said

    Seandainya masih ada Pak Munir… :(

  51. Anonymous said

    Orang malaysia memang tidak berperikemanusiaan >kalau terbukti tutup saja perkebunannya KITA TIDAK BUTUH INVESTOR MALAYSIA JANANNAM! cari saja investor lain dari BRUNEI misalnya yang jauh lebih kaya dan lebih bermartabat daripada MAL ASIA(NEGARA ASIA YANG CACAT)!korban AUDIENSI KE DUTA BESAR AMERIKA SERIKAT, BIar malu tuh PRESIDEN! nggabecus melindungi WNI .

  52. gogo said

    Kapitalisme asing, neokolonialisme, usah menggigit dalam2 aparatur negara, dari Presiden ampe yang terbawah. smoga dalam waktu dekat Ada Revolusi Total demi mencegah hancurnya NKRI. bom tinggal menunggu waktu..

  53. garuda muda said

    inilah tanda dunia sudah mendekati akhir zaman,,dimana manusia perilakunya sudah seprti hewan,, ya kayak brimob yang membbantai saudaranya sendiri di mesuji hanya demi uang yang gak akan di bawa mati,,, sadrlah wahai anggota polri,, wajahmu tak pernah baik di mata rakyat bangsa ini,,,

  54. SUNGGUH BIADAB !! PARA PELAKU KEJI TIDAK BERPERIKEMANUSIAAN !! PEMERINTAH BERTANGGUNG JAWAB PENUH DALAM HAL INI . . JUJUR LAH WAHAI PEMERINTAH DAN TEGAKKAN KEADILAN SETEGAK TEGAKNYA !!

  55. duaribuan said

    blognya bagus, jangan lupa mampir http://duaribuan.wordpress.com..

  56. Mr.Bob said

    Prett

  57. JARED said

    kalau aku bertemu pelakunya…,habis kau!!! mau brimob kek,tentara yang katanya pasukan khusus kek, apalagi pamswakarsa,preman2 ormas…dan cecunguk2 yang kalau bergerombol merasa dirinya tidak akan pernah mati?! sadarlah kau bung…!!!! siapapun kau pelakunya kalau kau bertemu denganku siap2 lah kau gali kuburanmu sendiri sebelum kau ku habisi!!!

  58. maz nur said

    kacung pada@ tlng jngn bawa orang muslim, jngn buat msalah baru!!!

  59. taUbat said

    Ada ……… DPR, LSM, LBH dan ORMAS serta lembaga lainnya ..

    Sepertinya banyak persoalan yang tak terungkap/tersentuh kesemuanya …… seolah tertidur lelap entah terbuai apa ……..

    Peristiwa yang sudah menahun dan berkelanjutan baru sekarang terungkap, ironisnya berkaitan lagi2 hubungannya antara Aparat dan orang asing.

    Semoga cepat diselesaikan.

  60. THIS IS A REALY GENOCIDE ! For Mr.President SBY your government is very-very BAD ! Are you want to be are bad guy Mr.President SBY ? The world never to quieter for this moment ! Please refaired your government before destroy by People Power Of Indonesia ! Best Regard Dewanta Aries Sandy

  61. noni said

    sebenernya sih OD gak cocok dipakai bangsa kita, terbukti mental masyarakat dan pejabat daerah belum siap n sikap egoistisnya masih kental banget.

  62. Sadis benar dah…

  63. JALAN SATU2 NYA ADALAH, , BOM ATOM MALAYSIA.. ULANG LAH KEMBALI KEJADIAN HIROSHIMA DAN NAGASAKI… INDONESIA !! MANA TERORISMU ??

  64. Tya zihab said

    Mungkin Indonesia harus digulung dulu,pakai sapu lidi dikebas2 dulu kotoran dan debunya diseluruh gulungan itu,kemudian dibentang lagi.. Ternyata sby berguru pada suharto…turunkan saja sby,dah gak betah tunggu 2014,kelamaan bisa darahtinggi semua nih rakyat..

  65. SUPERMAN said

    TERNYATA, BINATANG ITU BISA JAUH LEBIH BERPERIKEMANUSIAAN DARIPADA MANUSIA SENDIRI YANG JUSTRU MALAH SUKA BERPERIKEBINATANGAN.

  66. anak15tahun said

    binatang aja masih punya hati,terus mereka pentesnya di sebut apa? Iblis?

  67. Anonymous said

    Bakar aja perusahaan sma aparat yg sifatnya macam binatang……………………………….

  68. Anonymous said

    memang tidak berperikemanusian

  69. Anonymous said

    di mnakah sbnrnya setaan itu brada?
    nyata dua ribu dua belaskah ini
    kiamaat ahlak…

  70. di mnakah sbnrnya setaan itu brada?
    nyata dua ribu dua belaskah ini
    kiamaat ahlak…

  71. ???!?
    kemanusian yg adil dan beradabkah ini namanya?

  72. Anonymous said

    dulu indonesia dijajah negara asing ….. masih mending !!!!
    sekarang……..!!!!
    masyarakat dijajah pejabatnya sendiri ….

    inget ya masyarakat dah abis ga bisa lo jd pejabat lg …..

    ” dibalik baju yang kalian pakai ada kewajiban & tanggung jawab yang menyeret kalian ke NERAKA “

  73. yang kaya uang dan jabatan berkuasa dan bagi dia nyawa harga diri orang kecil adalah sama dengan tumbal mereka tapi perlu di inget wahai orang orang kaya gitu biasanya umurnya panjang karna sama tuhan dikasih lebih nyawanya karna biar nanti balasan dari tuhan juga lama amiiiiiiinn yuk teman2 kita doakan bareng2 ya

  74. ya mudah2an pjabat yg berwenang dan yg terlibat dibalas sampai anak turunya sampai 7 turunan amien ayo doakan saudara2 kita yg teraniaya karna doanya orang teraniaya doanya terkabul

  75. aparat dan pejabat serta para konglomerat yg gak punya akhlak tinggal tggu balasan dari tuhanmu masing2 hidupmu gak akan tenang karna hak serta harga dirii serta nyawa orang kamu permainkan percayalah sampai anak turunmu hdpmu tdk akan bisa tenang

  76. Abidal aljaedi said

    Gila saraf edan

  77. angri said

    sedih banget, yang dibela perusahaan malaysia, yang ditindas rakyat sendiri, hadoow, percuma kalau diusut disini, sudah lapor/bawa ke mahkamah internasional saja, buat tuntutan atas kejahatan perang terhadap rakyat sipil.

  78. Anonymous said

    Na’udzubilahmindzalik

  79. Dear kabarnet.wordpress.com

    Selamat Siang,

    Kami dari Humas Merdeka.com bermaksud menawarkan content yang sesuai dengan tipikal blog Anda yang bisa digunakan secara gratis. Content ini sangat mudah aplikasinya dan sangat membantu Anda dalam Reblogging.
    Jika Anda berminat, silahkan kunjungi http://content.merdeka.com/ dan dapatkan contentnya.

    Terima kasih atensinya, kami menunggu kabar baik dari Anda.

    Salam,

    Humas Merdeka.com
    Selvie Chummairoch

  80. Aneh Bener Emng Apa Hak Dia Bunuh Dan Membantai
    wayahnya kan Polri tu bertanggung Jawab Berani Membela rakyat Yang Ditindas Itu kan Aneh apa Polri tu membela Pembantai Atau Porli takut BanCII LHOOOO….

  81. Anonymous said

    Itulah hebat nya indonesia
    Uang bisa membeli segalanya
    Dimana moral aparat penegak hukum.?!
    Apa mereka tak punya anak istri
    Apa kah hati nurani mereka sudah mati di sumbat uang BABI

    Biadap….
    Siapa yg menanam dia yg menuai hasilnya,
    Baik ataupun buruk!!!

  82. Anonymous said

    An7!nK ,,, EmnK Warga Malasia, Udah Kalo ada warga malasia ke indonesia, Matiin ajah bila perlu mutilasi ampe 1000 bagian.
    Si sUmanto suruh makan dagingnya.

  83. ReJa out_SID_er ACC said

    Hey ,,,

    Kalian yang terah membantai warga mesuji, gak ingatkah kalian Bahwa nanti jika kalian mati, akan ada siksa kubur buat kalian.
    yang pasti lebih sakit dari penderitaan warga mesuji.
    Dan saya do’akan agar kalian cepat menemui ajal kalian, supaya kalian bisa merasakan, sakitnya Kepala disembelih.
    saya juga pernah liat pidio pembantaiannya, ngeri banget dech.

  84. lina said

    iddiiiihhh sadis banget

  85. ananame said

    jangan mudah kita di provokasi dan dengan mudah di adudomba,,kalau di lihat dari adegan demi adegan di video tsb..dimana ada pria yg di gantung di tiang listrik..lalu kepala yg terpenggal di letakan di atas kap mobil,
    itu bukan pemukiman umum,
    tapi itu adalah camp-camp py PT..
    jadi yg di bantai itu siapa sebenarnya..??
    warga petani…?
    atau staff karyawan PT itu sendiri..?

  86. Anonymous said

    otak di balik kasus ini adalah tikus besar yg ada di jakarta, demi kepentinganya dia mengorbankan nyawa orang lain, ingat hukuman tuhan sudah menantinya.

  87. jarum emas said

    Pakai saja jasa kami, maka indonesia akan bubar. Kalian rakyat indonesia dapat membuat negara baru yang lebih baik. ( New World Order )

  88. jabrix said

    @gigikau
    Bapak kau pastilah anjing jalanan

  89. putra kucluk said

    masaallah. . . . ngeri x bacanya aku. . . . .

  90. Anonymous said

    apharat indo pgawai indo.kyak tai smua…kyak anjing yg punya duit yg mnang coba yg miskin mlah di injek2..dpr.bupati.gbernr. polisi..mlebihi babi+anjing..cman tentara yg bgus di mta q…

  91. warga indonesia yg malu dgn negaranya said

    jaman secanggih ini..masih ada hukum rimba seperti ini….warga yg fertekan kebutuhan yg mesti haruz mengisi perut anak istrinya…wajar kalau mereka berontak diperlakukan seperti pendatang ditanah leluhur mereka…..barusnya pt.silva ditutup ……dan pasti takkan ada lagi kejadian bangsattt seperti ini….kemana sby dan kroni2 nya….cuman duduk di istana sembari makan gaji buta….mudah2an perutnyameletus dikerubungi lalat…amienn…

  92. warga indonesia yg malu dgn negaranya said

    k3mana sby dan kroni2nya……cuman makan gaji buta….rakyat kelaparan aja tidak tahu…hingga ada anarkis seperti ini…..masih duduk manis tanpa ngelakuin apa2……mending gue bener2 jd tarzan di hutan…ketauan gue emang tinggal dihutan….drpd hidup dinegara ini…tapi gue harus jd tarzan…siapa yg kuat itu yg menang…..haruznya dia langsung datang dan mencabut izin dr pt.silva….seperti dia yg cepat pergi shopping saat gajian datang…presiden asuuuuuuuuu…….

  93. […] Palembang ke Bandar Lampung kita lewat Kabupaten Mesuji, jadi inget kasus pembantaian mesuji bukan itu yang mau gue bahas tapi, tapi […]

  94. Anonymous said

    kecewa dgn sby yg berlatar belakang jendral tp, tk bsa beri jaminan keamanan dinegerg ini.

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.046 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: