KabarNet.in

Aktual Tajam

Rintihan Seorang Mayor TNI AL di Indonesia Timur

Posted by KabarNet pada 03/08/2011

Jika melihat hubungan Indonesia dengan Malaysia yang memanas tidak begitu membuat risau karena yakin akan bisa diselesaikan dengan bijaksana. Kalaupun harus berperang maka TNI yakin menang dan sudah siap siaga karena dunia tahu kekuatan tentara Indonesia adalah terbaik ke-13 di dunia. Dan dunia mengakui bahwa Indonesia adalah negara cinta damai dan pemimpin ASEAN yang memayungi. Sehingga bisa dipastikan “tidak akan terjadi” perang.

Banyaknya aksi perampokan di darat serta berbagai isu terorisme tidak membuatnya sedih si Mayor TNI AL ini karena yakin hal-hal begitu bisa diselesaikan dengan baik dan tidak makan waktu lama.

Yang membuatnya sedih adalah kasus “perampokan” paling akbar oleh Amerika di bumi Papua Indonesia, pembalakan liar hutan hutan di Kalimantan dan Papua yang di-majikan-i orang Malaysia. Serta kasus penyelundupan besar-besaran dengan ‘kongkalikong’ antara pelaku dengan instansi yang berwenang. Serta perdagangan senjata di perbatasan Filipina, Malaysia dan Australia yang tentu saja ada “becking”nya orang besar di Indonesia.

Untuk keempat kasus tersebut si Mayor ini harus prihatin karena menahan gejolak idealisme sebagai TNI yang harus mengamankan NKRI, tapi di sisi lain “para pembesar” justru merusak negerinya sendiri. “Saya hanya seorang mayor bisa berbuat apa?” kata si Mayor kepada tribunnews.com, Sabtu (4/9/2010) malam.

Coba bayangkan kasus penambangan EMAS di PAPUA. Si Mayor pernah berhasil menyelinap masuk ke lokasi pertambangan itu dan melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana Amerika mengeruk harta karun Indonesia secara besar-besaran dan “dilegalkan” oleh pemerintah dengan “kontrak” yang sangat merugikan rakyat Indonesia.

Dalam sehari saja, perusahaan Amerika itu bisa mengangkut sekitar 175.000 ton biji pasir emas dari bumi Papua melewati perairan Samudera Pasifik. Indonesia dapat apa?? tidak ada sama sekali uang masuk ke kas negara. Kalau 20 persen saja dari jumlah emas yang diangkut itu untuk kas negara maka sudah cukup untuk biaya pendidikan dan kesehatan GRATIS seluruh Indonesia selama-lamanya.

Penambangan emas di Timika, terbesar di dunia, memang sejak awal sangat merugikan rakyat Indonesia karena hanya 0% untuk kas negara.

Indonesia sewajarnya mendapat manfaat yang proposional dari tambang yang dimilki. Hal ini bisa dicapai jika kontrak kerja yang ditandatangani antara lain berisi ketentuan-ketentuan yang adil, transparan, dan memihak kepentingan negara dan rakyat. Ternyata pemerintah pada masa lalu, hingga kini tidak mampu mengambil manfaat optimal.

Hingga Tahun 1976 perusahaan itu gratis atau setor ke negara 0%, enak kan?
Tahun 1976-1983 pemerintah kenakan (PPh) sebesar 35% (bukan produk yang dikenai pajak tapi hanya penghasilan !)
Tahun 1984 pemerintah dapat royalti 1% atas penjualan emas dan perak.
Tahun 1994 pemerintah mengeluarkan PP No.20/1994 belum maksimal.

Seharusnya Presiden SBY bisa mengeluarkan PP untuk menghilangkan berbagai kerugian dengan menjadikan BUMN dan BUMD sebagai pemegang saham mayoritas di Freeport atau Timika

Perusahaan yang melakukan kontrak kerja dengan pemerintah untuk mengeruk emas terbesar di dunia itu, diduga ada penyelewengan, manipulasi, dugaan KKN, tekanan politik, dan jauh dari kaidah-kaidah bisnis dan negara yang terpuji dan beradab. Coba hitung lagi jika di bawah emas itu terdapat cadangan URANIUM terbesar di dunia. Berapa nilainya?? Harga URANIUN berapa kali lipat dari harga emas?? Indonesia itu SANGAT KAYA!

Selama 42 tahun periode tambang (1967-2009) bangsa Indonesia tidak mendapatkan hasil yang optimal dan sebanding dari potensi tambang Timika.

Dan jika Presiden tidak melakukan perubahan dengan PP maka harta karun di Papua itu akan terus dikeruk hingga tahun 2041. Menagislah rakyat Indonesia tanpa sadar kekayaannya diangkut ke Amerika.

Padahal kalau rakyat tahu, berbagai manipulasi data dilakukan oleh perusahaan tersebut untuk mengelabuhi pajak kepada pemerintah. Katakanlah ada 100 kapal yang mengangkut emas dari Papua ke Amerika maka yang dilaporkan hanya 10 kapal saja agar pajak royalti 1% itu bisa diperkecil lagi nominalnya. (narasumber dirahasiakan demi keamanan) Source

Baca Juga:

Ternyata, Negara AS Dibangun dari Emas Papua!!

21 Tanggapan to “Rintihan Seorang Mayor TNI AL di Indonesia Timur”

  1. [...] This post was mentioned on Twitter by kabarnet, Gontor. Gontor said: Rintihan Seorang Mayor TNI AL di Indonesia Timur: TRIBUNNEWS.COM – Melihat hubungan Indonesia dengan Malaysia yang… http://bit.ly/bEXbok [...]

  2. Anonymous said

    Sungguh Ironi bangsa ini..Kita punya Harta Karun yang begitu berlimpah tapi bukan bangsa ini yg menikmatinya malah dibagikan begitu saja oleh bangsa asing… menurut saya ini sama saja menzolimi bangsa kita sendiri.. Untuk Para penguasa n pemimpin Tolong buka mata n hati untuk rakyat Indonesia..

  3. berpulih ribu mil nuh jauh di seberang laut,sebuah negara hidup tentram dan makmur dengan gedung2 tinggi tanpa harus merusak,mengeruk wilayah alam nya sendiri, sedangkan papua, hidup dalam keadaan menyedihkan dan didukung oleh orang orang indonesia sendiri yang haus kekuasaan dan uang, Tamak dan sangat sangat rakus !

  4. Internet said

    baru tau nih, thanks

  5. aduch Bangsa ini kecolonga lagi gara hy persolan politik dalam degeri yg berlarut shg tdk sempat lg memikirkan tanah pertiwi di obok2 karena ada kepentingan /tekanan luar negeri Indonesia seharus merdeka tampa tekanan siapapun. kita shrsnya mengelola sendiri agar dpt menikmati hasil mulai sekarang usir aku baru tahu sebenarnya. betapa liciknya negara US adalah maling besar 100 kapal memberitahu 10 kapal kenapa tdak ditangkap takut pada penguasa rakyat yg akan membelanya mayor berjuang rakyat ada dibelakang sampai tetesan darah maju serentak pantang mundur

  6. pemberitaan selama ini berita kurang benar hy sebatas rakyat demo perusak ternyata dibalik itu rakyat papua dan rakyat indonesia menangis sungguh kecam penguasa yg membela perusahaan asing yg mencuri harta karun negeri ini. karena ketamaan, keserakahan, kehausan kedudukan hg tidak menghiraukan rakyat. rakyat yg disalahkan yg d anggap pembrontak teroris kek sebenar siapa permpok/teroris sebenarnya. duch yaa Allah hancurkan musnahkan berilah kekuatan bg rakyat indonesia untuk memerangai para Teroris sejati/perampok bangsa tercinta ini dg persatuan dan kesatuan mari hancurkan sgla bentuk cara kemunafikan yg akan merusak bangsa ini walau itu siapa yg kita hadapi allah pasti ada dsisi kita Amin

  7. rakyat indonesia satukan langkah satukan kata merdeka kita bela yg benar dan bukalah para penguasa negeri ini jgnlah mementikan pribadi tetapi bangsa ini, agar tdk terjajah oleh bangsa lain krn keserakahan , ketamaan kemunafikan bangsa ini hancur , dirampok harta kita diambil kita tinggal diam malah kita tetap di bodohi dg pemberitaan salah/di balik hati menagis mendengar /mengetahui sebenarnya terkejut panas terbakar bukalah hatimu wahai para penguasa ingat masa depan anak cucu kita, diman hati nurani nya ini bukan benci atau dendam kpd penguasa tetapi agar sadarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr bukalh dari pada dikerjakan bangsa lain lbh baik kerjakan sendiri untuk kepentingan bangsa ini dan rakyat Indonesiasaarlah sadarkah sadarlah

  8. Pasti pelakunya akan mendapat balasan setimpal. Tuhan pasti punya rencana yang lebih baik. Tuhan juga berjanji, tidak akan memberikan cobaan yang melebihi kemampuan hamba-Nya. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia masih SANGAT KAYA. Sabarlah Saudaraku…

  9. Dally Subagijo said

    Rakusssss…………….. dan sadarlah yang terlibat bahwa kau akan mati dan semua yang kamu ambil tidak akan kamu bawa mati, justru neraka jahanam yang sudah kau bangun di bumi……..

    Keyakinanku bahwa : Tanah yang di janjikan Tuhan adalah Indonesia, makanya semua bangsa ingin mengambil Tanah Air ini……
    Mari sodara ku kita bersatu dan tumbangkan ketidakadilan di negeri ini……

  10. Bawor said

    sesudah bung karno pergi,semua berfikir jadi pengikut amerika itulah yg terbaik ,dimulai dengan kabinet tehnokrat yg akhirnya menjual hutan,laut dan tambang indonesia dengan sangat murah,sedikit untuk mereka dan lebih sedikit lagi utk rakyat kita.sedangkan rakyat sekitar lokasi kebagian longsor,pencemaran dan kemiskinan yg lebih parah serta kehilangan binatang buruan.mereka dicap anti pembangunan jika menentang exploitasi itu.jika saja rakyat sebagai orang yang teraniaya seluruhnya berdoa kepada Tuhan YME mungkin akan jatuh azab kpd mereka2 penjual negara itu dan keturunannya.Namun kenapa bencana dan sengsara selalu menimpa rakyat yg sdh berkorban spt itu,bukannya kpd mereka yang sekarang bergelimang kemewahan 7 turunan itu?Masihkah ada perhatian Tuhan untuk bangsa kita?

  11. Lha iya…katanya orang-orang indonesia itu pinter pinter, yang juara fisika, juara matematika di olimpiade. Yang profesor dan doktor supersibuk nggak kehitung jumlahnya. Yang ahli hukum baik hukum internasional maupun hukum tatanegara, ahli politik, ahli sejarah, teknokrat dengan segudang prestasi juga nggak ketulungan jumlahnya…dus mereka lebih banyak berkutat dibidangnya masing-masing lupa ama sejarah…BUNG KARNO…Kutitipkan bangsa dan negara padamu…BK diilhami semangat AMPERA merebut dari kolonialisme kemudian mengantar rakyat Indonesia KEPINTU GERBANG KEMERDEKAAN tanpa pamrih murni sebuah perjuangan dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat (Baca : TAHTA UNTUK RAKYAT, Sri Sultan HB IX). Ahli sejarah tidak lupa hal ini. Yang menjadi masalah mereka tidak punya NYALI untuk membela bangsanya, mempertahankan BUMI PERTIWI NUSANTARA tercinta dari para KAPITALIS tingkat dunia. (Baca: SELAMATKAN INDONESIA, Amien Rais) disamping para politikus dlm negeri yang dari tahun ketahun hanya berkompetisi menduduki kursi empuk jabatan penuh fasilitas yang diambil dari uang rakyat (pajak baik yg formal maupun yg mengada ada) ditambah persoalan komunitas kaum grassroot yang tidak direformasi budayanya (Baca : Konsumtif). Semuanya nanti tinggal kenangan bila tidak segera dirintis pionir-pionir patriotik patriotik kelas wahid.

  12. sutanmarajo said

    sebenarnya memang kebodohan dan kemalasan kita sendiri yg menyebabkan bangsa lain bisa mendikte kita,yg malas bukan hanya rakyat biasa yg yg memang tdk punya uang dan waktu utk belajar (waktunya habis utk mencari sesuap nasi) ttpi para pemimpin yg malas berusaha memajukan bangsanya ,yg penting dia bergaji besar dan hidup mewah biarpun sekelilingnya kelaparan.Kita bisa lihat negara Kongo yg kaya berlian ttpi rakyatnya diadu domba untuk saling berperang,hal ini mungkin juga trjadi di Papua kita.Para pemimpin dan para anggota DPR tolong hiduplah dengan sederhana dan ingatlah selalu rakyatmu yg lugu2 itu jangan diperbodoh pula dan diberi pepesan kosong setiaphari atau setiap 5 tahun.

  13. Anonymous said

    uuuiIIHHHHHHHH,… kDang Rakyat Indonesia pengen pada makan aja Susah,…..
    Enak E Dewe,…. ngambil SDA kita,.. khususnya Rakyat Papua yang terlihat belum ada perklembangan secara Sidnifikan,….
    Apakah Pemerintah akan berpangku tangan saja,…?
    Takutkah kita pada Orang AS,…?????

  14. Fajar said

    Harusnya bangsa kita mengisolasikan diri agar negara kita makmur… wan prestasi ga jadi masalah yg penting kedepannya success sampai tujuh turunan anak cicit kita… ( lihat jepang sekarang )

    Bubarkan perjanjian2 dengan bangsa yg merugikan bangsa kita… Kita olah sendiri… pasti INDONESIA lebih maju dari pada negara adidaya yg ada…..

  15. majutak gentar membela yang benar

  16. rakyat Indonesia said

    Assalaamuallaikum..
    mohon maaf sebelumnya apabila saya terlambat bergabung..
    tolong sampaikan kepada bapak mayor agar terus berjuang, sebisa mungkin mengadakn musyawarah, kepada para pemegang kebijakan agar SESEGERA mungkin menghentikan kegiatan pertambangan freeport dan pembalakan hutan liar di Papua, ini semua demi menjaga alam kita supaya tidak ada bencana lagi yang datang.
    terus berjuang Pak, meskipun kita tidak bisa membantu secara langsung, namun kami selalu berdo’a demi kebaikan negeri ini.
    Banyak bidang yang bisa kita kelola dengan baik dan manajemen uang yang Jujur, akan dapat memberi kesejahteraan rakyat Indonesia.
    Kita bisa saja berusaha memajukan bidang pertanian dan perkebunan, tanpa merusak alam, justru akan membantu keseimbangan alam.
    Apabila menambang, menambang seperlunya saja, apabila menebang, gunakan cara tebang pilih, dan sudah mempersiapkan pengganti dari pohon yang ditebang tadi.
    Ayo, kita jaga kelestarian Bumi kita.
    Indonesia adalah negara kaya, dengan penduduk yang mempunyai banyak potensi,namun sby dan kabinetnya tidak bisa mengatur bangsa, justru merusak bangsa.
    Ayo, jangan tunda lagi, sekarang juga kita harus berubah menjadi yang baik.
    Mari kita berjuang terus saudaraku, Allah SWT mencintai umatnya yang berbuat baik.

  17. rakyat Indonesia said

    sby, segera tutup freeport
    sesegera mungkin.
    tak cukupkah contoh bencana yang menimpa kita akhir2 ini?

  18. budiono said

    wahay soda

  19. baguz pontang said

    wahai sodaraaa…….dan para sahabatku
    lihatlah kekaya”an di negara kita
    yang penuh dengan harta yang tak kita duga..
    emang sih,indonesia kata neggara lain terkenal orang bodoh
    masak kita mau dikatakan orang bodoh,sehingga neggara kita di injak injak sama neggara lain.coba kita berfikir,rakyat indonesia masih banyak kekurangan pekerjaan dan penuh dengan kemiskinan,coba kita besama untuk memikirkan semua ini,masak kita rela kekayaan alam di negara kita di curi orang lain hanya dengan rayuan rupiah. seandainya SBY tegas mengatasi ilegal pertambangan emas ini,mungkin masyarakat kita tidak akan ada lagi yang namanya pengangguran dan kemiskinan, pasti negara kita tidak akan di hina oleh negara lain dan menjadi “INDONESIA MERDEKA”.

  20. Gak heran. said

    Begitu bergema, muncul deh isu-isu lain, ujung-2nya rakyat lupa emasnya terus dikeruk. Kalau begini, siapa yang bodoh ya ?

  21. justaf said

    emangnya segala yang ada didunia ada yang gratis ???
    bayar dulu ama preman ( amerika) . kalo engga indonesia akan di kocar kacirkan …….

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.861 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: