KabarNet.in

Aktual Tajam

Temanggung Rusuh, 1 Truk Polisi dan 3 Gereja Dibakar Massa

Posted by KabarNet pada 08/02/2011

Jakarta – Kerusuhan bernuansa SARA meletup di Temanggung, Jawa Tengah. Massa yang tak puas terhadap vonis 5 tahun terhadap Antonius Richmond Bawengan, terdakwa penistaan agama di Pengadilan Negeri Temanggung, mengamuk. Massa menilai vonis ini terlalu ringan.

Warga Temanggung yang berada di seputar Pengadilan Negeri Temanggung, Selasa (8/2/2011), semakin beringas. Mereka membakar satu truk pengendalian massa (dalmas) milik polisi di bagian atap dan bannya. Massa mengguyurkan bensin ke terpal dan menyulutnya dengan api. Kendaraan taktis (rantis) polisi juga dilempari batu dan digebuki.

Massa sempat merangsek maju. Sebuah mobil pemadam kebakaran sempat melindas sepeda motor saat massa mundur menyelamatkan diri. Hingga pukul 10.20, massa masih terkonsentrasi di depan gedung pengadilan, Jalan sudirman. Adapun ratusan personel Brigade Mobil Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Pengendalian Massa Polres Temanggung, dan satuan pendukung dari satuan Polri lain membanjiri seputaran PN Temanggung.

Kelompok massa yang sejak pagi memadati kawasan di sekitar gedung Pengadilan Negeri Temanggung bergerak maju. Mereka merangsek menyerang ke dalam gedung pengadilan, Selasa (8/2/2011). Aparat kepolisian, yang berjaga mengamankan persidangan terdakwa Antonius Richmond Bawengan (58), terpaksa  dua kali menembakkan tembakan peringatan. Sebelumnya, ratusan personel Brimob sudah lebih dulu bertahan di seputar gedung PN Temanggung. Sementara itu, di dalam ruang sidang tengah berlangsung pembacaan tuntutan atas Richmond.  Seperti yang diberitakan sebelumnya, kasus Richmond ini memang mengundang perhatian dan kegeraman massa.

Tiga Gereja Jadi Sasaran

Setidaknya tiga gereja di Temanggung, Jawa Tengah rusak karena menjadi sasaran amuk massa menyusul kerusuhan dalam persidangan. Gereja Bethel Indonesia yang berjarak sekitar dua kilometer dari PN Temanggung mengalami kerusakan akibat pembakaran oleh kelompok massa tersebut. Sebuah bangunan sekolah yang berada di lingkungan gereja terbakar pada sejumlah bagian. Termasuk enam unit motor hangus terbakar akibat insiden tersebut.

Selain itu, pembakaran juga terjadi di Gereja Pantekosta Temanggung. Belum diperoleh laporan mengenai dampak pembakaran di gereja tersebut. Sementara itu, Gereja Katolik Santo Petrus dan Paulus juga sempat dirusak massa. Bagian depan gereja rusak dilempari batu.

Kondisi terakhir di Kota Temanggung masih mencekam. Toko-toko di pusat kota menghentikan aktifitasnya. Sejumlah pedagang kaki lima pun harus tutup lebih cepat akibat kerusuhan ini. Sementara arus lalulintas menjadi kacau balau.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, sidang perkara penistaan agama ini diwarnai kerusuhan. Hanya sesaat setelah jaksa penuntut umum membacakan tuntutan 5 tahun untuk terdakwa Antonius, massa langsung menyerbu terdakwa dan meja sidang. Segera setelah itu, majelis hakim langsung diamankan dan dilarikan ke luar sidang. Massa di luar mengamuk, memecahkan kaca-kaca jendela, dan membakar kendaraan yang ada di sekitar gedung pengadilan.

Sidang kasus ini selalu dihadiri pengunjung dari berbagai ormas dan sering terjadi kericuhan. Menyitir Media Indonesia Online edisi Kamis, 20 Januari 2011, kasus yang menjerat warga asal Manado ini terjadi pada 3 Oktober 2010. Ketika itu Antonius yang menggunakan KTP berdomisili di Kebon Jeruk, Jakarta menginap di tempat saudaranya di Dusun Kenalan, Desa/Kecamatan Kranggan, Temanggung. Sedianya ia hanya semalam di tempat itu untuk melanjutkan pergi ke Magelang. Namun waktu sehari tersebut digunakan untuk membagikan buku dan selebaran berisi tulisan yang dianggap menghina umat Islam. Karenanya, sejak 26 Oktober 2010, ia ditahan.

Antonius

Dalam selebaran dan buku itu antara lain ditulis dinding Kabah yang terpasang hajar aswad merupakan kelamin wanita. Tempat pelemparan jumroh yang merupakan bangunan setengah lingkaran itu disebut terdakwa berkelamin laki-laki. Selain itu, terdakwa menggambarkan wajah Islam sebagi bengis dan kejam. Tulisan ini memancing emosi umat Islam. [kmps/ dtk/kn]

Sejumlah mobil dibakar masa di parkir gereja Pantekosta Temanggung Usai sidang vonis kasus penistaan agama di Temanggung, Jateng, (8/2). Foto: ANTARAnews

170 Tanggapan to “Temanggung Rusuh, 1 Truk Polisi dan 3 Gereja Dibakar Massa”

  1. Al barokah said

    Saya orang muslim, orang temangung dan saat itu di lokasi melihat kerusuhan lokasi, jelas yg merusak adalah orang islam TAPI ISLAM yg beraliran keras (bukan islam spt yg saya anut) mereka dari desa luar kota temanggung dan memakai koko (saya bilang islam congklang, krn bajunya celanannya congklang dan jenggot an) memang di dese mereka aliran islam spt itu sangat banyak pengikutnya, hidup mereka juga berbeda dgn orang2 islam yg saya anut, Saat ini teman2 dari ANSOR justru mengerahkan BANSER nya untuk menjaga gereja2 di kota saya… mohon ini dimengerti krn ISLAM di indonesia ada bbrp aliran, dan saya yg aliran cinta damai.. WASS

  2. bangihsan said

    Gusdur mah cuman mengikuti apa yg dia pikirkan dan tidak mau memikirkan orang lain,akan tetapi kejadian di temanggung beberapa saat yg lalu mengigatkan kita,bahwasannya aliran sesat harus di musnakan -tetapi bukan dgn kekerasan

  3. laura said

    kasihilah musuhmu.

  4. djemi said

    dlm ajaran kristen ampunilah kami seperti kami jg mengampuni org lain yg bersalah kpd kami

  5. Anonymous said

    Orang Atheis tidak seberani orang yg beragama, merusak,membakar dan membunuh karena tidak punya backing Allah

  6. Nurviana said

    Semuanya yang bisa diamati adalah “PROVOKATOR”

    Setiap kali acara yang ada di TV baik itu Dialog, berdebat,Diskusi tentang Ahmadiyah kalau bisa kita simpulkan sepertinya “Forum orang-orang buta yang memperdebatkan sebuah warna”

    Betapa tidak, mereka umumnya seperti orang berpenampilan intelek ternyata tidak paham mengenai hal Agama, apalagi bicara tentang Ahmadiyah, mereka lupa kalau pembicaraannya diperhatikan orang banyak didepan TV, dan semua penonton dikira bodoh ternyata mereka dalam mensikapi Ahmadiyah lebih LUCU dari pada Pelawak.

  7. jhon said

    kalo aq berada disana bukanlah gereja atau gedung yg aq rusak… tetapi yg aq rusak adalah muka antonius… dan bukan lah geraja yg ku bakar.. tetapi mulut antonius yg ku bakar…. gereja gk bersalah dan umat kristen yg gak bersalah pun jadi korban.. kasian mereka tempat ibadahnya jadi korban…. Allah Hu Akbar… antonius bakar.. dan hancurkan..!!!

  8. Nurviana said

    Kalau Saudara mau berbicara diforum media TV tentang kerusuhan yang terjadi di Indonesia, pertama yang harus kalian perhatikan sudah benarkan anda memahami tentang history dan misi utamanya Ahmadiyah.

    Kedua sudah sejauh manakah anda menguasai leteratur Islam kalau masih jauh lebih baik nggak perlu ikut-ikutan bicara di Media TV.

    Karena sekarang banyak orang cerdas yang mentertawai Argumentasi anda, karena apa! Para pemirsa menyimpulkan perdebatan anda dengan lawan bicaramu tidak ubahnya orang buta yang berdebat tentang seekr gajah.

  9. Konspirasi 2012.

    Pengikut Luchifer kerjanya rapi kan!

    Menciptakan kerusuhan dimana-mana tidak pernah terendus oleh Intelegen manapun.

    Semuanya adalah agendaku dimana aku datang, disitu adalah negaraku, disitu juga aku berkuasa.

    Aku menjadikan anda sebagai budak dinegerimu sendiri.

  10. Anonymous said

    dengan mengucapkan Allah Hu Akbar…melakukan pelanggaran hukum, apakah hal tsb tidak merupakan penistaan agama, seolah -olah wakil Allah di bumi

  11. Fatchurrohman Barcelona said

    Dalam urusan agama memang sulit..padahal negara kita bukanlah negara Islam yang tidak bisa diadili dengan hukum Islam. Biarlah mereka yang menganggap Islam itu keras..kan tau betapa indahnya islam jika di akhirat kelak.

  12. Adi said

    Bahwa orang yg menghina Allah SWT n Rasul SAW hukumannya adalah di bunuh,saat ini dia masih di beri keringanan oleh ummat islam….!

  13. betul sy setuju dg al barokah..wktu sy menyaksikan +/- 200 meter dr tkp sy liat kawanan cecunguk2 ala teroris lwat didpan sy.sy yakin seyakin2nya mreka bkan org tmanggung..sy lsg berpendapat psti itu skawanan cecurut2 (sy sbut dmikian krn teroris.baasyir cs.fpi dan kroni2nya tdk layak dianggap manusia) sisa2 piaraan teroris2 dan baasyir bangsat yg kmarin modar dibasmi densus 88 mereka mau balas dendam atas modarna anjing2 piaraan mereka..mk saya smpulkan segera basmi.ganyang.habisi baasyir dan anjing2nya tmasuk fpi.hti dan garis2 “setan” mereka yg slalu mnebar teror atasnama agama.sperti pd ms orba era bp.soeharto.yg mn indonesia damai.tntram tnpa adanya mereka.

  14. wahai manusia berbuatlah baik dgn sesamamu manusia! waktu kalian hanya separuh jam lagi!

  15. indoasli said

    sungguh celaka, jangan sampai orang yang mengaku islam melakukan kerusakan dan menyerang orang lain yang tidak membahayakan umat islam,, karena islam mengajarkan kasih sayang dan cinta damai

  16. Aneh bin ajaib…manusia sekarang lebih berkuasa menghakimi daripada ALLAH itu sendiri, hai …kalian dengarkanlah ,jika Tuhan yang kalian sembah itu ALLAH yang hidup bukankah Dia akan segera menghukum setiap musuh-NYA, mengapa kalian permalukan ALLAH itu sendiri…. Sikap kalianlah yang mempermalukan ALLAH ….. Penipu…..

  17. inten said

    Coba pikirkan masak2….. Yang berbuat jahat cuma satu orang, si Antonius gila itu…Jadi kalau mau mestinya bisakan sekelompok besar orang2 berusaha menyerbu untuk menangkap si Antonius itu, kemudian terserah mau digebukin atau dilempari batu2 kemudian dibakar … Jadi masyarakat tidak akan menyalahkan, karena memang itu ganjaran yang pantas buat si Bawengan !! Jangan ngrusak2 gereja, sekolahan dan panti2 yang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat kita, terutama masyarakat miskin…

  18. Angel said

    Hukumilah orang yang tepat, janganlah
    mengkorbakan orang dan benda tidak bersalah…….
    Amien!!!!

  19. mbah sura said

    orang yg cerdas adalah orang yg dapat memilah dan mimilih …mana yang harus dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan, shg dimata masyarakat dinilai baik sebagai orang yang mengenal dan tahu ajaranNya….di akhirat…masuk dalam keabadian sorga, anarkis bukanlah ajaran dariNya.

  20. bendot said

    It’s typical… Indonesia (ku?) Sering terjadi hal seperti ini. Rakyat jelata, sudah sulit menghidupkan keluarga, kesal dalam hati, dendam kepada siapa? Ajaran2 sesat pun mudah diserap, amarah pun ingin dilampiaskan tdk cukup kpd Antonius. Agama/org lainlah yang jadi sasaran. Agama apapun tdk mengajarkan dendam yg harus dibayar dgn kematian. Antonius memang ngawur, hukuman pun sudah diberikan oleh hakim. Boleh protes, tapi dgn jln hukum.
    Sumber masalah mu adalah kepemimpinan Negrimu sendiri sobat!!, perbaiki kecukupan sandang/pangan dan pendidikan. Berantas korupsi sampai tuntas. Maka cara kerja mupun akan lebih jernih nanti.

  21. St Valentine said

    Kejadian Temanggung: urutan peristiwanya persis d Situbondo. Ujungnya, ntar jumlah gerejanya yang nambah.

  22. St Valentine said

    Mas Anton & mas Ulil —Kejadian Temanggung: urutan peristiwanya persis d Situbondo. Ujungnya, ntar jumlah gerejanya yang nambah

  23. Anonymous said

    Iman yang benar menyebabkan kelakuan yang benar sebaliknya kelakuan yang benar dituntun oleh iman yang benar, iman tanpa kelakuan adalah sia2. Kehidupan di dunia ini hanya sementara, kita hanya tamu,wadah kita di dunia tempat(tempat lahir) dan waktu (tahun kelahiran), tempat untuk menyimpan jasad dan waktu untuk menyimpan roh, yang penting bagaimana mengkaitkan hidup yang sementara (di dunia) ini dengan kekekalan (harus mempertanggung jawabkan semua yang dilakukan di dunia)

  24. pendukung islam said

    Kalo berani dan gentle sbg orang intelek dan agamis,mestinya si antonius berani debat didepan publik secara terbuka,bukannya menyebar fitnah seperti itu. itu memang keterlaluan,harusnya itu si antonius mulutnya dibungkam untuk se lama2nya.Fuaaah……

  25. Freemasonry berkata
    09/02/2011 pada 19:55

    Konspirasi 2012.

    Pengikut Luchifer kerjanya rapi kan!

    Menciptakan kerusuhan dimana-mana tidak pernah terendus oleh Intelegen manapun.

    Semuanya adalah agendaku dimana aku datang, disitu adalah negaraku, disitu juga aku berkuasa.

    Aku menjadikan anda sebagai budak dinegerimu sendiri.

    Woy freeemason !

    Kerja ente bukan rapi, tapi karena maen Dollar.
    Kebetulan memang tidak sedikit manusia yang lemah imannya tergoda oleh rayuan Iblis yang ente puja untuk menikmati senang sesaat di dunia tanpa perduli urusan akherat dengan Dollar yang ente tebarkan.

    Jadi nikmatilah masa-2 kejayaan sesaatmu di dunia wahai antek-2 Konspirasi Internasional asurah Rosthchlid, karena begitu nafas terakhir kalian sudah sampai diujung tenggorokan, maka malaikat-2 pencabut nyawa, penanya dan penyiksa kubur sudah menunggumu di liang lahat untuk menyiksamu ribuan tahun lamanya hingga hari pertanggungjawaban setelah kiamat dan setelah itu kau dan semua antek-2 mudari generasi kegenerasi akan menemani para iblis pujaanmu di neraka jahanam dan kekal di dalamnya tanpa pernah bisa mengenal sorga apalagi merasakannya. Jadi sekali lagi, silahkan menikmati perbuatanmu sebelum malaikat maut menjemputmu.

    Selain itu, ingatlah freemason, sesungguhnya kejayaanmu di duniapun hanya berlangsung hingga AlMasih dan Al-Mahdi diturunkan Yang Maha Kuasa ke bumi, setelah itu …. sorry ya nyungsep, tinggal kenangan yang gak akan diinget orang.

  26. Islam 100% said

    Assalamu’alaikum. saya berharap kepada kita semua agar menjaga diri dalam menyikapi hal ini tapi kita semua tahu bahwa islam selalu memberikan toleransi kepada siapa saja untuk menjalankan agamanya. dalam islam tidak ada islam garis keras yang ada adalah islam yang mempunyai rasa toleransi yang tinggi. islam garis keras ada karena anda tidak menghargai keyakinan kami dan mengganggu kami dalam menjalankan agama kami. toleransi kami sangat besar tapi jangan kalian memancing-mancing kami untuk bertindak yang anarkhis karena anda sendiri tidak toleransi. berapa banyak negara yang mayoritas kristen tidak mempunyai toleransi yang cukup tinggi terhadap agama islam sebagaimana di Indonesia dalam bertoleransi terhadap agama lain. saya berharap kepada bapak presiden agar menyelidiki kasus awal (sebab) terjadinya kerusuhan ini baru kemudian mencari pelaku perusakan. untuk kami(islam) agama kami dan untuk anda agama anda. wassalamu’alaikum.

  27. christian parnaikan berkata
    09/02/2011 pada 23:25

    Aneh bin ajaib…manusia sekarang lebih berkuasa menghakimi daripada ALLAH itu sendiri, hai …kalian dengarkanlah ,jika Tuhan yang kalian sembah itu ALLAH yang hidup bukankah Dia akan segera menghukum setiap musuh-NYA, mengapa kalian permalukan ALLAH itu sendiri…. Sikap kalianlah yang mempermalukan ALLAH ….. Penipu…..

    PERLU AKU JELASKAN SOBAT MENGAPA DINEGERIKU AKHIR-AKHIR INI BANYAK PERTIKAI MASAL ANG TIDAK JELAS ASAL MUASALNYA,

    mendekati diujung zaman seperti sekarang ini peran Iblis merupakan agenda utama dalam menjalankan misinya untuk memalingkan manusia dari ajaran Tuhan

    Dan sekaligus peran iblis menunjukan kekuasaanya bagi para pemujanya supaya mereka tidak lari dari keterikatannya Iblis.

    Setiap kali Iblis memberikan harapan kepada pemujanya konskwensinya adalah pemujanya harus mampu memberikan pengabdiannya atau persembahan berupa darah manusia yang masih segar, pada ajaran agama samawi yang ada dikitab suci mereka adalah orang-orang turunan Samiri atau Bani Israel atau Zionis atau Freemasonry hingga sekarang mereka masih saja melakukan aktifitas sebagaimana mereka melakukan pada zaman mesir kuno atau zaman Musa yang ada pada rezim Fir’un.

    Dalam harapan yang ada pada impiananya kelompok pemuja syetan atau dengan istilah Zionisme selaku aktor dibalik semua peristiwa berdarah yang terjadi dimuka bumi selalu diimplementasikan bahwa kelompok ini telah melakukan ritual yang menakutkan. dam pada zaman nabi mereka suka membunuh para nabi yang kepalanya ditempatkan diatas piring emas untuk dipersembahkan kepada Tuhan dari Luchifer yang berupa nabi dari Dajjal sebagai Allahnya mereka.

    Mengapa Zionis lebih cenderung mendominasi negara-negara Islam karena dinegara inilah banyak kelompok yang taat kepada Tuhannya sehingga menjadi tugas berat para pengikut Syetan untuk segera memalingkan dari ajaran yang mereka ikuti (Islam)

    Dengan berbagai macam cara lewat organisasi masyarakat baik Ahmadiyah,Islam Liberal AKKBB.Pluralisme semua adalah atributnya Zionisme yang terkesan membawa bendera perdamaian, padahal misi utama mereka adalah tidak jauh dai “PROVOKATOR”semata, mereka dibayar lewat Agen-Agen yang terselubung dengan rapi.

    Apabila terjadi konflik yang besar seperti tahun 65 bisa diimplementasikan persembahan kepada Dewa Syetannya (Luchifer) maka semakin besar harapan bagi Zionisme untuk menguasai DUNIA

    Kalau ada konflik di Indonesia, semua pihak hanya sekedar mengecam, memaki-maki, menghukum, tetapi negara khususnya aparat sampai kapan pun tidak akan bisa menangkap aktor intelektual dibalik kerusuhan yang terjadi.

  28. Kukway said

    Manusia dicipta berrelasi dengan:
    1. Allah
    2. Orang lain
    3. Diri sendiri/keluarga
    4. Materi
    Bisa dilihat konflik/korupsi di Indonesia, akar kesalahan relasi

  29. intinya cm 1 ganyang.basmi.hajar.bubarkan fpi.ji.baasyir dan antek2nya.mMAKA INDONESIA PASTI AAAAMMMAAAN SEPERTI JAMAN ORBA BP,SOEHARTO,

  30. IMAN said

    YG MENGAKU PEMBANTAI FPI TERORIS ITU TERORIS SEJATI, PENUH PREJUDICE, RASIALIS, HOBI SARA N OTAKNYA DI DENGKUL! BEGITUPUN MEDIA YG BLM APA2 MENCAP FPI SBG PELAKUNYA! PROVOKATOR SEBENARNYA ADALAH PEMBOCOR VONIS {TUNTUTAN?} 5 TH. ITU YG HRS DIUNGKAP, DITANGKAP N DIHUKUM BERAT! PELAKU PENISTAAN AGAMA N MASSA CUMA PION2 YG DIMAINKAN OLEH SI MASTERMIND UTK MEMBENTURKAN KRISTEN N ISJAM. BUKTINYA BBRP SKLH DILIBURKAN PD HARI H N PENGERAHAN MASSA DLM JMLH BSR TNP DIKETAHUI POLRI SETEMPAT!

  31. kangtatang said

    Prihatin terhadap kondisi Indonesia Raya saat ini…
    semoga bisa segera pulih dan menjadi negara dengan bangsa yang beradab dan berbudi pekerti luhur kembali…..

  32. johndoll said

    sudah kita sikapi dengan sabar saja dan selebihnya tolong dijadikan pelajaran bersama untuk mencegahnya supaya ga kejadian lagi jgn sampe rusuh lg seperti dulu (ambon, Poso dll)dan buat aparat silahkan berasumsi untuk menjerat master mindnya mungkin bisa dimulai dengan siapa yang paling diuntungkan dengan peristiwa ini

  33. yang merasa tersinggung pasti ya trmasuk antek2nya kl kagal np dia sewot gt gw ga nyinggung mslh tmanggung lg.tp scara garis besar siapa yg bikin rusuh indonesia saat ini kl ga baasyir dan cecurut2nya tkg rampog.teroris.jihadul-jihadul semprul salah kaprah yg berkhayal indonesia jd palestina.loe pnya otak gak sih comment ky gitu? emang yg bs dan bleh keras cm fpi.jat.dan cecurut2nya jgn sensi dan mnang2 sndiri bleh…!!!!

  34. akur bosss pembantai fpi teroris wong nyatana kek gt kok..dl jaman bapak pembangunan HM,SOEHARTO baasyir ga brani datang ke indonesia dan aman2 aj tp skarang th kan rasanya stelah teroris pd beraksi…..(yg brpikir bhwa teroris benar cm orang tolol aj)

  35. saudara iman piiinteeerrr bangettt…..!!!! belain fpi.dan baasyir..omonganya selalu bernada provokatif..jangan jangan ente kturunan malaysia juga kandidat pengganti setelah baasyir mampus diujung pelor yaccchhhh….!!! atau sama sama punya impian ngentot sm bidadari2 kl udah jd bangkai ky si ngepet noordin.m.top yg udah mampus kmaren.

  36. iman…!!! mana suara loe..!!!

  37. Perdamaian said

    Nafas Kehidupan bagi manusia diberikan Tuhan untuk menjalani hidup yang baik dan benar…… tapi sangat disayangkan arti hidup itu sendiri banyak orang2 tidak mengerti, padahal bila kehidupan itu saling berdampingan dengan penuh Kasih dan Kedamaian serta saling mengerti maka sungguh indah semuannya itu.

    marilah kehidupan yg diberikan dengan secara cuma2 harus kita hargai dan hormati serta tunduk dalam iman yang sudah kita dapat.

    bila kita lihat tragedi ini sangat disayangkan kejadiannya semoga tragedi ini menjadi suatu pelajaran yang berharga dan janganlah terulang lagi karena akan merugikan diri sendiri terlebih negara yang kita cintai yang penuh damai

    marilah kita saling menghargai dan menghormati satu sama lain, baik itu suku,golongan maupun agama karena hidup berdampingan dan saling mengasihi sangatlah indah dan tentram.

    jangan lupa percayakan hukum ini kepada yang berkompeten dan doakan kepada mereka2 yang bertugas untuk negara sebagai penegak hukum, agar dapat memberikan yang terbaik buat rakyatnya terlebih buat negara ini dan jangan tembang pilih.

  38. Soniman said

    Nafas Kehidupan bagi manusia diberikan Tuhan untuk menjalani hidup yang baik dan benar…… tapi sangat disayangkan arti hidup itu sendiri banyak orang2 tidak mengerti, padahal bila kehidupan itu saling berdampingan dengan penuh Kasih dan Kedamaian serta saling mengerti maka sungguh indah semuannya itu.

    marilah kehidupan yg diberikan dengan secara cuma2 harus kita hargai dan hormati serta tunduk dalam iman yang sudah kita dapat.

    bila kita lihat tragedi ini sangat disayangkan kejadiannya semoga tragedi ini menjadi suatu pelajaran yang berharga dan janganlah terulang lagi karena akan merugikan diri sendiri terlebih negara yang kita cintai yang penuh damai

    marilah kita saling menghargai dan menghormati satu sama lain, baik itu suku,golongan maupun agama karena hidup berdampingan dan saling mengasihi sangatlah indah dan tentram.

    jangan lupa percayakan hukum ini kepada yang berkompeten dan doakan kepada mereka2 yang bertugas untuk negara sebagai penegak hukum, agar dapat memberikan yang terbaik buat rakyatnya terlebih buat negara ini dan jangan tembang pilih.

  39. banyak omong loe (maaf) soniman…!!!! ga bakal ngrti mereka(cecurut baasyir and teroris2 antek agen malayingsia)ma omongan manusia yg bradab sperti anda.jd pcuma ngmg pjg lebar krn diotak tolol mreka adnya gebug.bacok.rampog.bunuh .ledak dlsb.mknya kl peringatin mreka ya hrs sperti ap yg kt lakuin bila mndidik kera topeng monyet atau kerbau pembajak sawah.

  40. abson said

    karena kita negara hukum, pemerintah harus tegas menindak secara hukum untuk pelaku anarkis. Untuk saudara2 yg kristen dll, demi menjaga ketentraman negara kita RI yang kita cintai ini jangan suka melakukan penghinaan terhadap syariat dan aqidah agama Islam, karena pengamatan kami kebanyakan orang2 yang beragama Nasrani (teruma tokoh2 misionaris)selalu menganggap Islam itu musuh makanya mereka cenderung suka menghina ajaran agama Islam dan Nabi Muhammad SAW

  41. Anonymous said

    Iman yang melihat Allah dan kelakuan yang melihat manusia,
    Apakah gunanya, jika seorang mengatakan, bahwa ia mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan? Dapatkah iman itu menyelamatkan dia?

  42. ALIEN said

    Pertanyaan di atas tepatnya diarahkan pada mereka yang suka mengganggu akhidah umat Islam.

  43. imroee said

    aku pikir manusia sekarang mencoba untuk menggantikan posisi Tuhan.

  44. adiratna said

    pembodoan jejaring sosial
    Semoga cepat selesai semua masalah

  45. Al barokah berkata
    09/02/2011 pada 16:49

    Saya orang muslim, orang temangung dan saat itu di lokasi melihat kerusuhan lokasi, jelas yg merusak adalah orang islam TAPI ISLAM yg beraliran keras (bukan islam spt yg saya anut) mereka dari desa luar kota temanggung dan memakai koko (saya bilang islam congklang, krn bajunya celanannya congklang dan jenggot an) memang di dese mereka aliran islam spt itu sangat banyak pengikutnya, hidup mereka juga berbeda dgn orang2 islam yg saya anut, Saat ini teman2 dari ANSOR justru mengerahkan BANSER nya untuk menjaga gereja2 di kota saya… mohon ini dimengerti krn ISLAM di indonesia ada bbrp aliran, dan saya yg aliran cinta damai.. WASS

    “Saudara Barokah”

    Anda harus bisa memahami sebelum seluruh umat menusia bisa dipalingkan dirinya dari Agama Allah oleh pengikut Antichrist (Dajjal) dan khususnya orang Islam yang bukan Islam abangan atau Islam KTP.

    Senjata mereka yang digunakan dan lebih spektakuler bagi pengikut Dajjal; adalah Media.salah satunya adalah televisi anda.
    sbagaimana yang anda saksikan setiap harinya.

    Semua acara TV yang kalian lihat seperti sok Pahlawan, semuanya adalah orang-orang bayaran yang dibiayai agen-agen Yahudi, baik yang ada didiri tokoh Agama atau Kyai,salah satunya seperti Gus Dur,untuk mengembangkan paham Pluralisme di Indonesia yang sekarang merucut ada Islam Liberal, ada AKKBB, ada Ahmadiyah,FPI semuanya adalah prodak Zionisme

    untuk menghancurkan akidah umat Islam supaya Umat Islam di Indonesia secara umum mudah dikendalikan oleh pengikut-pengikut Dajjal.

    Dan bisa dipalingkan secara akidah dari ideologi Allah.menjadi penganut Ideologi Kapitalisme (Pemujaan kepada Materi)

  46. Wong Wonosobo said

    Asyhadu anlaa ilaaha illallah…..wa asyhadu anna Muhammadarrosululloh….

    mari kita pahami dan cermati 2 kalimat syahadat tsb dgn pnuh ikhlas….

    Astaghfirullohal’adzim….

  47. a s t a g a - said

    MENAMPIK FITNAH TERHADAP FPI
    _______________________________
    Sikap FPI Terhadap SYI’AH Dan WAHABI

    Posted by K@barNet pada 21/02/2010

    [ reposted by : a s t a g a ]

    Sehubungan dengan bermunculan beragam macam pertanyaan bahkan fitnah dan tuduhan dalam berbagai blog mau pun facebook di dunia maya tentang aqidah FPI, ditambah lagi banyaknya desakan dari berbagai pihak agar FPI menyampaikan sikapnya secara terbuka tentang SYI’AH dan WAHABI. Maka kami redaksi fpi.or.id berinisiatif untuk menukilkan pernyataan Ketua Umum FPI Habib Muhammad Rizieq Syihab, MA, saat DIKLAT Sehari FPI di akhir tahun 2009 yang lalu berkaitan dengan ASASI PEJUANGAN FPI yang terkait asas, aqidah, dan madzhab Organisasi.

    FPI adalah organisasi AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR yang berasaskan ISLAM dan ber-aqidahkan AHLUS SUNNAH WAL JAMA’AH serta bermadzhab fiqih SYAFI’I. Jadi, FPI bukan SYI’AH atau pun WAHABI.

    SYI’AH
    Pandangan FPI terhadap SYI’AH sebagai berikut
    :

    FPI membagi Syi’ah dengan semua sektenya menjadi TIGA GOLONGAN;

    Pertama, SYI’AH GHULAT yaitu Syi’ah yang menuhankan / menabikan Ali ibn Abi Thalib RA atau meyakini Al-Qur’an sudah di-TAHRIF (dirubah / ditambah / dikurangi), dan sebagainya dari berbagai keyakinan yang sudah menyimpang dari USHULUDDIN yang disepakati semua MADZHAB ISLAM. Syi’ah golongan ini adalah KAFIR dan wajib diperangi.

    Kedua, SYI’AH RAFIDHOH yaitu Syi’ah yang tidak berkeyakinan seperti Ghulat, tapi melakukan penghinaan / penistaan / pelecehan secara terbuka baik lisan atau pun tulisan terhadap para Sahabat Nabi SAW seperti Abu Bakar RA dan Umar RA atau terhadap para isteri Nabi SAW seperti ‘Aisyah RA dan Hafshah RA. Syi’ah golongan ini SESAT, wajib dilawan dan diluruskan.

    Ketiga, SYI’AH MU’TADILAH yaitu Syi’ah yang tidak berkeyakinan Ghulat dan tidak bersikap Rafidhah, mereka hanya mengutamakan Ali RA di atas sahabat yang lain, dan lebih mengedapankan riwayat Ahlul Bait daripada riwayat yang lain, secara ZHOHIR mereka tetap menghormati para sahabat Nabi SAW, sedang BATHIN nya hanya Allah SWT Yang Maha Tahu, hanya saja mereka tidak segan-segan mengajukan kritik terhadap sejumlah sahabat secara ilmiah dan elegan. Syi’ah golongan inilah yang disebut oleh Prof. DR. Muhammad Sa’id Al-Buthi, Prof. DR. Yusuf Qardhawi, Prof. DR. Wahbah Az-Zuhaili, Mufti Mesir Syeikh Ali Jum’ah dan lainnya, sebagai salah satu Madzhab Islam yang diakui dan mesti dihormati. Syi’ah golongan ketiga ini mesti dihadapi dengan DA’WAH dan DIALOG bukan dimusuhi.

    WAHABI
    Ada pun Pandangan FPI terhadap WAHABI sebagai berikut :
    FPI membagi WAHABI dengan semua sektenya juga menjadi TIGA GOLONGAN;

    Pertama, WAHABI TAKFIRI yaitu Wahabi yang mengkafirkan semua muslim yang tidak sepaham dengan mereka, juga menghalalkan darah sesama muslim, lalu bersikap MUJASSIM yaitu mensifatkan Allah SWT dengan sifat-sifat makhluq, dan sebagainya dari berbagai keyakinan yang sudah menyimpang dari USHULUDDIN yang disepakati semua MADZHAB ISLAM. Wahabi golongan ini KAFIR dan wajib diperangi.

    Kedua, WAHABI KHAWARIJ yaitu yang tidak berkeyakinan seperti Takfiri, tapi melakukan penghinaan / penistaan / pelecehan secara terbuka baik lisan mau pun tulisan terhadap para Ahlul Bait Nabi SAW seperti Ali RA, Fathimah RA, Al-Hasan RA dan Al-Husein RA mau pun ‘Itrah/Dzuriyahnya. Wahabi golongan ini SESAT sehingga mesti dilawan dan diluruskan.

    Ketiga, WAHABI MU’TADIL yaitu mereka yang tidak berkeyakinan Takfiri dan tidak bersikap Khawarij, maka mereka termasuk MADZHAB ISLAM yang wajib dihormati dan dihargai serta disikapi dengan DA’WAH dan DIALOG dalam suasana persaudaraan Islam.
    Dengan demikian, FPI sangat MENGHARGAI PERBEDAAN, tapi FPI sangat MENENTANG PENYIMPANGAN. Oleh karena itu semua, FPI menyerukan kepada segenap Umat Islam agar menghentikan / membubarkan semua majelis / mimbar mana saja yang secara terbuka melecehkan / menghina / menistakan Ahlul Bait dan Shahabat Nabi SAW atau menyebarluaskan berbagai KESESATAN atau melakukan PENODAAN terhadap agama, lalu menyeret para pelakunya ke dalam proses hukum dengan tuntutan PENISTAAN AGAMA.

    Sumber: FPI Online

  48. abson berkata
    11/02/2011 pada 00:24

    karena kita negara hukum, pemerintah harus tegas menindak secara hukum untuk pelaku anarkis. Untuk saudara2 yg kristen dll, demi menjaga ketentraman negara kita RI yang kita cintai ini jangan suka melakukan penghinaan terhadap syariat dan aqidah agama Islam, karena pengamatan kami kebanyakan orang2 yang beragama Nasrani (teruma tokoh2 misionaris)selalu menganggap Islam itu musuh makanya mereka cenderung suka menghina ajaran agama Islam dan Nabi Muhammad SAW

    “Mereka orang-orang Yahudi dan Nasrani bergabung dalam gerakan Zionisme yang seluruh aktivitasnya meraka tidak akan rela sebelum kalian masuk dalam Ideologinya yaitu Kapitalis dan Liberal yang merupakan ideologi yang bekutat pada Materi.

    Sehingga bisa dengan mudah menyerat kalian pada kekuasaan manusia-manusia Pemuja Syetan.

  49. Wahai Pengikut Luchifer untuk Indonesia

    Rapatkan barisan bulatkan tekat hancurkan Indonesia dgn adu domba

    Saya percaya pada anda yang menciptakan kerusuhan dimana-mana tidak pernah terendus oleh Intelegen manapun.

    Semuanya adalah agendaku dimana aku datang, disitu adalah negaraku, disitu juga aku berkuasa.

    Dalam agendaku Aku harus menjadikan anda sebagai budak dinegerimu sendiri.

    Langkah awal yang harus diperhatikan jangan sampai Ahmadiyah bisa dibubarkan sampai benar-benar Gerakan Mason bisa membuktikan dihadapan Luchifer bahwa kita mampu menciptakan Apokaliptik diAsia Tenggara khususnya di Indonesia.

    Perkuat jaringan AKKBB.Islam Liberal dan Gerakan Pluralisme ala Gus Dur untuk memancing kemarahan umat Islam berlagak membela Ahmadiyah,

    Para Pengikut Luchiferian mendekati 2012 kita lebih baik berkordinasi dengan sesama Ormas yang ada dibawa pengaruh Mason secara terbuka saja tidak ada masalah karena semua intelagen sudah dibeli sama Bosh

    sekarang kita meneruskan program2 kita dulu sebelum kita melakukan Agenda berikutnya.

  50. Dengarkan untukmu bangsa Indonesia yang kami cintai.
    Pekenankanlah kami untuk mengajak kalian-kalian jangan mudah terpancing oleh isu-isu yang bersifat provokatif yang terkesan memberikan pengarahan dan kecaman di Media TV terhadap Ormas Islam tertentu, kita harus paham bahwa senjata paling dahsyat bagi Freemasonry adalah Media salah satunya adalah TV dan Internet.
    Kita sebagai bangsa Indonesia dan Umat Islam pada khususnya sangat menghargai setiap aspek dari semua pendapat, tetapi bukan termasuk mau menerima sebuah pendapat yang melatar belakangi sebagai pemicu kerusuhan yang tak berkesudahan di Republik seperti sekarang ini.
    Perlu kalian ketahui dan demi negeriku, diIndonesia sekarang ini sudah bermunculan Organisasi masyarakat yang diciptakan oleh Agen-agen Zionis walaupun pada zaman Presiden Suharto Ormas ini tidak terang-terangan dipublikasikan, setelah pada zaman Abdul Rahman Wahid (GUS Dur ) teman dekat Soros PM Israel baru di Deklarasikan salah satunya isu Pluralisme sebuah Ideologi yang diharamkan dalam ajaran Islam.
    Sekarang sudah banyak bermunculan Ormas2 yang mengatas namakan pejuang2 Hak Asazi dalam kebebasan dan berkeyakinan Ormas2 ini sengaja dipublikasikan sebagai bentuk propaganda kebencian terhadap Islam Fundamentalis dengan cara menggunakan pola penanaman alam bawah sadar. Sekalipun gerakan fundamentalis belum pernah terjadi di Republik ini.
    Bisa disikapi semua pihak sepanjang kerusuhan yang terjadi di Indonesia yang sering melibatkan etnis merupakan orang-orang bayaran dan belum pernah ada Umat Islam yang sesungguhnya terlibat langsung dalam kerusuhan seingat saya baru satu kali dalam insiden Priuk yang melibatkan Amir biki. Ketika Pangdamnya dijabat Tri Soetrisno.
    Dengan keberadaan Ormas2 prodak Mason seperti AKKBB, Ahmadiyah, Islam Liberal, Humanisme, Pluralisme merupakan rangkaian pengumpulan masa bayaran yang jauh jauh sebelumnya sudah dipersiapkan oleh gerakan Zionisme untuk membuat kekacauan menghadapi umat Islam di tanah air. (Isi Dukument Protocol)
    Sudah menjadi kebiasaan mentalitas bangsa Indonesia yang gampang menerima paham yang sok kebarat-baratan adalah jauh lebih WAH! (Peringatan Hari Sumpah Pamuda Presiden Soekarno di Yogyakarta 1963 )
    Memang sebagai bangsa, kita tidak akan bisa menerima kenyataan dari sebuah skenario Global yang bermain dan sering kali terjadi ditanah air semenjak Indonesia Merdeka. Tetapi kenyataannya kita ternyata hanya menjadi bangsa yang harus melayani kepentingan Zionisme dalam rangka untuk memenuhi agenda Jahatnya yang dirancang oleh manusia-manusia Pemuja Syetan.
    Mudah-mudahan bangsa Indonesia segera sadar dari mimpi buruknya sekalipun negeriku dalam kuasa cengkeraman Zionisme.

  51. uddin said

    Apakah sah vonnis untuk Anton Bawengan, yang dijatuhkan sebelum terdakwa melancarkan pembelaannya?
    Jelas sekali sudah terjadi penyimpangan HUKUM di negeri ini.
    Dan kelihatannya hanya karena ketakutan terhadap massa yang merubung Ruang Pengadilan, padahal setiap peristiwa yang menghina Pengadilan yang sah itu harus ditindak (‘contempt of court’).
    Sudah ke mana HUKUM di Indonesia???

  52. saya rasa ini hanya karena keadaan minoritas dan mayoritas pemeluk agama…
    coba lihat kalo orang Kristen yang menjadi korban,, pasti keadaan biasa2 saja..
    tapi kalau orang Islam yang menjadi korban, wah.. n waw…
    semua dari orang kecil- pejabat, ormas kecil islam – pemerintah yang ikut berkelakar…
    hukum di Indonesia tidak akan menjadi benar jika dengan masalah2 seperti ini kaum minoritas selallu melakukan hal yang tak terpuji…………

  53. dua sisi said

    apakah tidak salah? ketika di medan ada pembakaran mesjid sampai 3 kali, pada tenang ajjah.

  54. uddin said

    NASIHAT (melihat Buku Onta): Makanya janganlah golongan minoritas membuat ulah yang memancing kemarahan mayoritas; begitulah jadinya…
    NASIHAT (melihat Buku Putih): Makanya janganlah golongan perusuh berbuat ulah yang memancing kemarahan penguasa (Polisi), akibatnya dikerjain kan?

  55. Anonymous said

    ALLAH janganlah dibela karena mahatahu, mahabesar, dan maha semuanya
    Justru itu belalah yang lemah, tersingkir, teraniaya dan difabel

  56. Anonymous said

    Sudah saatnya bangsa Indonesia berbenah diri dari kalangan elit sampai rakyat jelata, jangalan menuruti kepinginan pribadi maupun golongan, mari kita bersama-sama bersatu padu membangun Indonesia yang seutuhnya, ciptakanla suasana yang kondusif.

  57. Anonymous said

    aaaahhh alasan semua banyak bacot kembalikan indonesia seperti dulu tanpa FPI,TERORIS,BAASYIR,dan kroco2nya mereka semua penebar teror.kejahatan dan kerusuhan serahkan semua pd polri jgn jadikan indonesia ladang jihad.bom dan teror.ganyang teroris.hancur dan basmi keakar2nya smpai tuntas…!!!BRAVO DENSUS 88

  58. Anonymous said

    HEI a/n ASTAGA,,,!!! ga usahlah banyak bacot dng reaso2n mu yg bertele2 jgn paksakan kehendakmu emang lu siapa…!!! indonesia negara hukum yang berdaulat punya hukum dan aparat2 penegaknya lu ga usah ikut2 ngawur memaksakan kehendak2mu disini…!!!goblok aja mau ikut2 ngatur negara mau dibawa kmana negara kita kl lu ikiut2an trus mngatur ngara dg cara2 kalian menebar teror.fitnah dan kekerasan yg malah menodai citra agama kalian sendiri..minggat sn ke palestina kl mau jihad..

  59. johan said

    ehm.. ya intinya, kalo bukan gara seorang kristen giLa bin sabLeng yg menyebabkan kekacauan ini ga mungkin terjadi.. tp namanya kekerasan juga saLah.. kekerasan itu boleh tp tetap ada rambu2nya, ngga ngawur sprti tersebut diatas.. dr jaman dahulu namanya isLam dg kristen & yahudi ga pernah bisa bersatu, cz itu sudah takdir.. kristen & yahudi saja juga ga bisa akur.. :P

  60. Anonymous said

    awak rela ta’de bayar sepicispun buat bikin buntung kpale rang2 teroris tu..takde gune mreke hidup kl prlu skalian bunuh seanak bini mreke so kapok jd teroris dan biar takde gnerasi kturunan mreke tu…ngana tga 1000% bkin buntung palak mereka. awak tege nak seksa mreke jua pelan2 smpe mampus pelan2 nyeri pahit.pedih biar mreka nak rasakan….!!!

  61. obintitan said

    Antonius menista Agama dengan cara apa sehingga pengadilan, sekolah, dan gereja di bakar dan di rusak oleh orang Islam????

    Ini main hakim sendiri, atau masalah Penistaan agama?????

  62. St Valentine said

    Ketika jumlah gereja bertambah di sana pasti semua pada ngerti siapa yang merancang bakar-bakaran kayak gitu. Ilang satu dapet tiga ilang tiga dapet sembilan, lumayan khan? sementara orang saling silat lidah tangkis ludah proyek proyek pendirian jadi lebih aman. Apalagi ada jaminan dari ormas pemuda untuk menjaga renovasi dst dst dst. Capek deh…

  63. mar said

    Saya tidak tau apa yg terjadi di negara ini…sok2an,sedikit islam trsinggung langsung di hantam ,pdhal slama ini agama yg diluar muslim,sprti budha,hindu kristen dll.sering di ejek oleh islam tp semuanya tdk ada yg marah selalu mengalah,,yg saya mau ty,islam itu memang ajarannya keras atau tidak ada kasih y??kasian menganut agama,sholat tepat waktu tp tak py damai,dengar kl kalian jahat sama org, aq tak prcaya do’a klian didengar,

  64. Bill Saur Saragih said

    - Kulminasi Sikap Pembiaran dari Penegak Hukum selama bertahun- tahun, akan membekas diatas luka
    lama yang kemudian berdarah-darah kembali dan berubah menjadi dendam kesumat.

    – Pemahaman dan fanatik sempit mengenai ajaran agama yang diyakini sebagai suatu kebenaran logika,
    padahal sesungguhnya ajaran agama itu mengandung nilai etika moral yang sangat luhur dan
    mulia bukan untuk diperdebatkan akan tetapi untuk ditelaah/ dihayati dalam kehidupan sosial
    bermasyarakat.

    – Dalam periode waktu yang berkepanjangan, kehancuran suatu bangsa biasanya diawali dari
    konsekuensi pemahaman yang bertahan kepada segmentasi logika bukan lagi kepada keyakinan,
    hidayah yang datang dari Allah, sebab pemahaman keyakinan akan menjadi bermanfaat bagi kehidupan
    manusia pada saat manusia itu meminta petunjuk dari Allah (intervensi Roh Allah)

    – Kekerasan yang mengatas namakan Agama apablia disana terdapat : KEMISKINAN, KEBODOHAN,
    PREMANISME, REKAYASA POLITIK, KEMUNAFIKAN dan ATHEISME.

  65. santri kricing said

    wong seng ngomong ganyang fpi iku wong jancuuk wong guoooobkblooook ra ngerti opo2 rasah melu2 ngomong mung nambahi duso

  66. santri tulen said

    SORY YO MAS, SAYA ORG POSO , KEJADIAN2 DI TEMPAT SAYA SAAT KERUSUHAN TH 2000 , SEANDAINYA MAS2 SEMUANYA ADA DI SANA SAAT ITU PASTI SKARANG MERASA SNGAT BERTERIMAKASIH PADA OM2 YG NJENENGAN SEBUT ORAN2 ISLAM GARS KERAS KARENA KNYATAANNYA CUMA ORG2 SPERTUI ITU YANG RELA TINGGALKAN ANAK ISTTRI YG MREKA CINTAI CUMA UNTUK SETOR NYAWA KE POSO DEMI MEMBELA SAUDARA2 MUSLIM YG DI BANTAI ORG2 KRISTEN DI POSO , LHA… SKARAN NJENENGAN NJELEK2 KIN MREKA ? APA PANTAS???????

  67. Andreas Sartono said

    Anak bangsa ini terlalu banyak mencaci kambing hitam pada saat terjadi konfli, apakan itu Islam ataupun Kristen.Sungguh sangat menyedihkan.Urusan surga dan neraka dijadikan sumber konflik.Padahal urusan surga dan neraka adalah hak sepenuhnya Tuhan/Alloh sang pencipta.Masing masing kelompok agama merasa benar sendiri, yang lain orang orang berdosa bahkan disebut kafir. Yang salah yang mana saya tidak tahu. Karena kata orang jawa, agama adalah ageman atau kalau tidak salah artinya pegangan atau tuntunan.Setiap agama tentu mempunyai buku panduan. Kalau Islam Alquran dan hadisnya kalau Kristen Injil dan kitab Kanonnya.

    Seandainya dalam menjalankan buku panduan terjadi banyak masalah atau konflik, yang salah yang mana ya, buku panduannya atau orangnya.Atau mungkin banyak orang salah menafsirkan buku panduannya masing masing , atau mungkun orang baru sebatas bisa membaca tetapi tidak mengerti arti yang dibaca sehingga praktek hidup nyata tidak sesuai dengan yang diimaninya. Jika buku panduan atau kitab suci masing masing agama mengajarkan kekerasan dan pembunuhan , hal ini harus menjadi perenungan bersama atas benar tidaknya kitab suci masing-masing agama.

    Mungkin Tuhan lebih senang pada orang yang tidak mengerti agama tetapi hidupnya baik, daripada menguasai ajaran agama tetapi justru paling banyak menyebar konflik. Masak Alquran atau Injil kalah pamor dengan Bola kaki, Bola yang bulet itu mampu menyatukan berbagai Suku,Agama dan dan berbagai etnis. Mari kta gag usah saling cakar-cakaran, selama perbuatan kita masih membuat sengsara orang lain , gag usah berharap banyak deh tentang Sorga .

  68. abson said

    Pertanyaan untuk saudara(i) yang beragama kristen, ini sejarah yang membuktikannya : 1.Kenapa kalau suatu negara apabila penduduknya mayoritas Islam yang taat, agama lain dengan bebas membangun rumah ibadah dan melaksanakan kewajiban agamanya ???. 2.kenapa apbila suatu negeri penduduknya mayoritas beragama kristen atau agama lain, cenderung melarang/menindas orang Islam membangun rumah Ibadah dan melaksanakan kewajiban agamanya ???

  69. rendy himura said

    antonius harusnya dihukum mati ini sesuai sabda nabi muhammad, bahwa jika ada orangkafir yg menghina dan merendahkan agama islam harus dihukum mati

  70. apartemen dijual surabaya

    Temanggung Rusuh, 1 Truk Polisi dan 3 Gereja Dibakar Massa « KabarNet.in

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.114 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: