KabarNet.in

Aktual Tajam

CPNS Wanita Tes Telanjang di Depan Petugas Pria

Posted by KabarNet pada 02/12/2009

Astaghfirullah, CPNS Wanita Tes Telanjang di Depan Petugas Pria

Malang – Pelaksanaan tes kesehatan bagi CPNS Kota Batu, Malang, yang mewajibkan para CPNS untuk bertelanjang badan saat dilakukan tes kesehatan kulit atau fisik, menuai protes. Pasalnya, tes kesehatan yang dilakukan di Rumah Sakit Tentara (RST) Soepraon Kota Malang itu dilakukan di bilik pemeriksaan oleh petugas berjenis kelamin laki-laki, padahal dari ratusan CPNS itu sebagian berjenis kelamin perempuan. Protes ratusan CPNS Kota Batu yang memprotes pelaksanaan tes kesehatan itu diwakili oleh sembilan orang guru perempuan dan dua tata usaha yaitu berasal dari salah satu SMA Negeri di Kota Batu.

Menurut seseorang yang tidak mau disebutkan namanya, kain yang masih diperbolehkan melekat di tubuh wanita peserta tes hanya sebatas bra dan celana dalam saja.

“Kami risih dengan perlakuan seperti itu. Dan proses tes kesehatan di RST itu hampir menyerupai pemilihan Putri atau ratu kecantikan sejagad,” keluhnya yang mewanti-wanti tidak mau disebutkan nama dan nama sekolah tempatnya bekerja.

…waktu tes jantung yang bertugas adalah dokter perempuan. Setelah itu diperintahkan masuk ke dalam ruangan periksa, ia bersama rekan-rekannya diperintahkan untuk melepas seluruh bajunya. Kecuali bra dan celana dalamnya…

Diceritakannya, Rabu (25/11) siang, dia bersama delapan orang rekannya mendapatkan jadwal untuk melaksanakan tes kesehatan di RST Soepraon. Diakui waktu tes jantung, dokter memerintahkan untuk melepas baju bagian atas karena mau diroentgen.

Kemudian giliran tes fisik, dia bersama rekan-rekannya sangat terkejut, lantaran dokter yang bertugas adalah seorang laki-laki. Sedangkan waktu tes jantung yang bertugas adalah dokter perempuan. Setelah diperintahkan masuk ke dalam ruangan periksa, ia bersama rekan-rekannya diperintahkan untuk melepas seluruh bajunya. Kecuali bra dan celana dalamnya.

“Ada teman saya yang sengaja memakai celana pendek ketat. Dokternya mengetahui dan langsung diminta untuk segera melepasnya. Lalu saya sendiri menjalani operasi. Kemudian oleh dokter tadi diminta untuk ditunjukkan bekas jahitan karena mau diukur panjang jahitannya,” lanjut seseorang tadi.

Tak sebatas itu, guru yang sedang hamil tujuh bulan, bahkan seorang sedang datang bulan, tetap diminta melepas seluruh pakaiannya. ”Kita ini orang sipil, masa sih model pemeriksaannya seperti pemeriksaan calon taruna Polisi dan TNI!” ucapnya kesal.

Masih menurutnya, akibat kejadian itu hubungan rumah tangga salah satu temannya sedikit retak. ”Suami teman saya merasa tidak ikhlas kalau bentuk tubuh istrinya diumbar kepada orang lain,” tambahnya.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Batu, Abu Sufyan, terkesan lepas tanggung jawab atas kejadian ini. Karena menurut dia, BKD tidak bisa mengintervensi terhadap rumah sakit terkait prosedur tetap (protap) tes kesehatan bagi CPNS Kota Batu dari golongan III. Menurut Abu Sufyan, pihak rumah sakit pasti sudah memiliki standar pemeriksaan medis bagi setiap CPNS.

”Kita sudah lama menjalin kerja sama dengan RST. Dan baru kali ini ada persoalan semacam ini,” jawab Abu Sufyan diplomatis.

“Tidak ada niatan dari pihak rumah sakit untuk berniat mesum, meskipun proses pemeriksaannya dengan telanjang badan” (Letkol CKM Bambang Budi Wiryawan, Kepala Rumah Sakit Tentara).

Sementara Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko saat dikonfirmasi menyatakan dirinya tidak pernah memerintahkan kepada kalangan CPNS dan BKD untuk melaksanakan tes kulit dan lainnya. Dia hanya memerintahkan kepada setiap CPNS di Kota Batu untuk mengikuti tes bebas narkoba. ”Kami hanya meminta tes Narkoba saja,” jelasnya.

Letkol CKM Bambang Budi Wiryawan, Kepala RST Soepraon membenarkan adanya tes CPNS wanita dengan telanjang di depan pemeriksa pria. Menurutnya, hal itu sesuai dengan protap pemeriksaan medis CPNS yang sudah baku. Artinya tidak ada niatan dari pihak rumah sakit untuk berniat mesum, meskipun proses pemeriksaannya dengan telanjang badan.

”Salah satu tim dokter kami yang ahli pada salah satu bidang memang seorang pria. Yang perlu dipertegas, bahwa tes kesehatan yang kami lakukan sudah sesuai Protap dan tidak ada niatan untuk berbuat mesum,” tegasnya.

Kalau protap CPNS mengharuskan wanita buka seluruh baju, kenapa musti di depan petugas yang berbeda jenis? Ah, sing boten-boten mawon. (voa-Islam)

69 Tanggapan to “CPNS Wanita Tes Telanjang di Depan Petugas Pria”

  1. dark angel berkata

    ga mau koment ah…

  2. cantrik berkata

    Akhlak dan moral bangsa kita ini sudah rusak. Tes CPNS pakai telanjang didepan laki2 segala. Ini prosedur/protap biadab, gimana nggak azab terus menerus menimpa bangka kita. Pemimpin/pejabat korupsi, pejabat alinnya amoral. Malu jadi penduduk indonesia.

  3. cantrik berkata

    Bung admin, siapa sih yang nyari gara2 bikin tulisan diatas. Usul blokir aja deh itu menghasut.

  4. Wong Malang berkata

    Goblok !!!!….marahi emosi ae….emange gak onok Dokter Wedhok opo???….Ngejak Geger piye..??? ribut ribut…ayo ribut..!!!!

  5. jjelas iya berkata

    To:jelasnggakBot132

    Ingatlah, suatu saat kami akan memenggal kepala kalian ….Hingga tidak ada sisa di dunia ini….Percaya nggak percaya Saat itu PASTI DATANG

  6. Avril berkata

    Wuih…enak bnget tuh cowx bizah jamah and lihat – lihat dengan alasan TES KESEHATAN.MUNA bgt sih…?
    PNS’a tuh KURANG AJAR,MAU’a nenek2 z yg KERIPUT suruh TELANJANG di depan’a.
    JAHHHHHHHHHHHHHHHHANAM LOE PNS….
    Seenak TELOR loe z………………………………………………………………………

  7. Avril berkata

    Heh…PNS,paemank loe NGAK puas ma ISTRI mu yang di rumah.
    Seragam mu PENGABDI NEGARA tapi kelekuan MU MACAM BUAYA

  8. Fitri berkata

    Pakai tes telanjang segala, pasti CPNS itu sehat saja kok. Kalau sakit pasti CPNS sudah menuliskan riwayat penyakit kesehatannya.

  9. edison berkata

    yah selagi itu tujuanya positip gak masalah lah,tes kesehatan masuk anggota tni polri udah dari jaman atuk adam juga disuruh telanjang kok gak pernah ada masalah

  10. Force berkata

    segala sesuatu jangan di besar besarkan…
    belajarlah dari kesalahan..
    mungkin Waktu tes kesehatan itu ga ada dokter wanita yang bisa menangani hal itu.

  11. Anonymous berkata

    Semoga panitia penerimaan CPNS di seluruh Indonesia dan pemerintah mengerti bahwa agama adalah hak Azazi Manusia, yang mengatur dari kehidupan pribadi sampai yang umum bahkan sampai akhir hidup yaitu mati.

  12. cool man berkata

    @jelasnggak

    jel monster! hayyyaaaa eluh bener2 virus flu babi

    -

    antek2nya paulus…hehehe

  13. irfan berkata

    Ya coba aja, tanyakan sama dokter laki laki itu atau pejabat yang ngecap tadi: apa tanggapannya kalau putrinya atau istrinya diperlakukan seperti itu? kalo dia biasa biasa aja..ya keluarganya itu didahulukan periksanya.

    buat #2 (jelasenggak): bener bener lo enggak jelas. ingat siksa akhirat..segera bertaubat sebelum terlambat.

    buat admin: hal-hal semacam itu diblokir aja. atau jadikan spam aja. kalau masih ngeyel, dan memang materinya menghasut atau mendikreditkan Islam, lapor aja ke yang berwajib, dari pada blog kita di kotori oleh “sampah”.

  14. merry berkata

    gila….prah bget petugas kshtan’ny…co 4 untung tpi ce rugi…….

  15. fauza berkata

    seharusnya kitas pakai akhlak yang mulia,,seharusnya klu memang harus bertlanjang jangan dikasih periksa sama yang laki-laki…kita kan negara yang bermayoritas islam

  16. HItler berkata

    DASAR NGERES AJA OTAKNYA

  17. ujang siahaan berkata

    CPNS adalah salah satu warga negara yang bertugas melayani rakyat,bukan sebagai wajib militer. itu hanyalah kesalahan pemerintahan kota,kenapa harus dilimpahkan keTNI yang terbiasa melakukan tes kesehatan seperti itu,tidak semua tes kesehatan bisa dilakukannya. apa tidak ada orang pemkot yang tidak bisa melakukan tugas sesepele itu,kasian sekali dong,cari sensansi aja,sok militer aja,peninggalan orde baru pasti itu,BERANTAS AJA SEBELUM MERUSAK TATANAN KEHIDUPAN SIPIL.

  18. tiram berkata

    ih to petugas kesehatan pa petugas pencabul…..

  19. djonsikat berkata

    Kalo soal cabul,akal-akalan,korupsi,teroris,saling salahkan. yah indonesia sarangnya. dan pastaslah negara ku indonesia ini, semakin mundur, karena orang2penguasa,pejabatnya PENJAHAT.

  20. triebudie berkata

    Asthafirulloh….Saat ini pemerintah sedang menggalakan pendidikan yang bermartabat membentuk watak bangsa eh ngak tahunya ada tindakan yang sangat ironis…..????????????

  21. Anonymous berkata

    aku malu menjadi anak indonesia

  22. Anonymous berkata

    dasar otknya pada ngeres. kebanyakan nonton film ariel ama luna sih. makanya inget ama yang niptain kita dan keluarga dirumah. dasar petugas goblok . yang begini digantung aja di tiang listrik…..

  23. hartijo berkata

    pengin lihat apel tetangga kali lebih segar,habis yang di rumah udat peot,lihat barang baru bisa lebih gairah lagi.coba kembali lagi ke tatanan agama apakah mengajarkan cara-cara seperti itu,baru di bikin sistem yang lebih martabat.

  24. sid_growup berkata

    Makanya skrg kta hrs “Melek finansial”
    g ada PNS yg sjahtera,,, klo ga …..si Daripada jadi budak suruhan org mending pikirin usaha apa yg bsa dmulai dr kcil trus dkembangkan.. modal’ya sma bsar dg yg kta keluarin klo ikut tes cpns. klopun gagal,, kita ad pengalaman usaha & kita bs cba dg cara lebih baik,, cba klo ikut tes topeng cpns kyak gitu, klo g lulus.. udh duit keluar, body di umbar, kan kurng ajar..
    Ibu, Bapak,, udh deh jgn pksa anak2 anda bwt jd pns, kasian dliat dr brbagai sisi bgitu bnyak yg bkal anak2 korbankan baik secara sosial atw agama sekalipun. sblum pejabat2 pd insyaf, jgn mau jd pngikut’y..
    Ni cma opini gw GROW UP saat’y kita punya harga diri.. dan emang harus punya harga diri klo ngaku manusia kn??.
    Anda harus jadi no.1,, klo ga bisa jadi yg terbaik,, klo g bisa jga jadilah yg BERBEDA.

  25. Anonymous berkata

    Wah pejabatte kiE rx dw akHLak MULIa, mbOX ea nGErtiE sitik,

    DsR LHoe bEJat bWAngeeet..
    Teu dOnKZ p’RAsaaN wanITa, qLO LHoe enak, yg wanITa gmANa hayooo… MaLU bWAnget

  26. Anonymous berkata

    Dokter gemblung
    selalu mencari kesempatan dlm kesempitan,tak kasih gan

  27. Stop mmanfaatkn kekuasaan utk hal2 maksiat berkata

    Dasar koe sialan,,coba aja istri ato anak cewek koe d plakuin kyk gtu,,…
    Bgtu byk org bakal nyumpahn koe bahkan ane denger ada pns yg trancam cerai krn suaminya mrasa kberatan bgt..

  28. soekirtooo berkata

    gue cm mau komentar kata

    TOBATO WONG

  29. toni berkata

    saya masih ingat kata seorang tentara di sumbawa, tentara itu lebih takut kepada komandan daripada Allah Swt. tentara sekuler memang tidak mengerti aurat. coba ajari mereka untuk tidak bertindak jahiliyah seperti itu. dengan kultur jawa pun itu engga sopan, tidak punya adab, tidak punya etika !

  30. noez berkata

    Setan berkata: lumayan loe dapat tontonan gratis

  31. vespa gembel berkata

    kurang nya ilmu agama…..

  32. meLodiazz berkata

    ancur..

    http://melodiazz.wordpress.com/

  33. waunk berkata

    BIADAP SIKAP PNS YG INI!!!
    tak ada lg pa selain telanjang di depan pria? Seenak nya aja bikin peraturan sendiri, ambil peraturan menurut agama yg di ambil dari al-quran, pasti banyak faedah dan manfaat yg positif. Jangan nurutin nafsu kalian,pikiranmu dari iblis.

  34. diaz berkata

    Masyaallah cara seperti itulah yang harus dilakukan dalam tes kesehatan untuk cpns,dlm islam hukumnya haram, apakah tdk ada cara lain,jangankan lain jenis kelamin,sama jenis kelaminpun engga boleh saling melihat, pantesan musibah terjadi dimana-mana.

  35. Renol berkata

    Saya kira tindakan ini harus dihentikan. karena tindakan sperti ini merupakan embrio. mungkin saat ini tidak ada masalah. tapi mungkin lain waktu kan ga tau?.
    Jagan kita melihat tindakan mesum merupakan suatu tindakan asusila yang dilarang Hukum Agama dan Hukum adat. tapi tindakan menikmati lekuk tubuh wanita juga merupakan tindakan asusila.
    hanya saja dengan cara memandang itu kita tidak dapat memastikan isi hatinya. siapa tau dengan memandang kebugilan tubuh wanita saja dia sudah puas.(ini tergantung Psikolog seseorang)
    Pemerintah Daerah juga harus bisa melihat hal ini. jangan memutar muka seakan ga tau dengan aturan RST. Ya kalau Dari BKD Ga komen tentang apa saja yang patut diperiksa ya pasti mereka atur ikut cara mereka.

  36. Penonton berkata

    Akal-akalan yang otaknya pada ngeres aja. Makanya jadi manusia harus cerdas.

    Kalo benar beritanya kayak gitu, yang otaknya cerdas mana mau disuruh buka-bukaan kayak gitu, apapun alasannya. Lebih baik cari kerjaan lain aja dah daripada merendahkan kehormatan diri.

    Kehormatan diri jauh lebih tinggi nilainya daripada jenis pencarian nafkah apapun karena menyangkut harkat martabat dan keimanan seseorang dan itu berhubungan dengan tanggungjawab terhadap Yang Maha Kuasa.

    Mudah-mudahan tidak terjadi lagi di masa yang akan datang, karena jika segla bentuk maksiat sudah diidolakan, maka negeri ini bisa rawan bencana. Begitulah azab Tuhan.

  37. dildaar80 berkata

    hihihi…

  38. nawa07 berkata

    Astagfirullahaladzim,

  39. p4ngeranmud4 berkata

    ini perlu diralah/dibenah cuma tes narkoba sampai begitu repottttttttttttt.

  40. djolodot berkata

    YAITU KALO OTAKNYA DI DENGKUL, YANG DIPIKIR YA YANG TIDAK JAUH2 DARI DENGKUL. NAUDZUBILLAH MINDHALIQ

  41. bang van berkata

    itu bukan otak orang indonesia,tu adalah peraturan2 kafir,,sadarlah wahai orang2 yng punya pikiran itu,sblm murka allah datang padamu.

  42. ian berkata

    ”Salah satu tim dokter kami yang ahli pada salah satu bidang memang seorang pria. Yang perlu dipertegas, bahwa tes kesehatan yang kami lakukan sudah sesuai Protap dan tidak ada niatan untuk berbuat mesum,” tegasnya
    =================================
    Apa iya di Indon ini gak ada dr cw yg tau apa itu kurap kutil kudis dan panu? sontoloyo….

    –apakah liat perut, pantat dan paha cw tdk mesum?? dasar buhayya ngeres

  43. ian berkata

    saya akan kasih tau bahwa tes kesehatan utk para calon TKI/TKW juga, lebih BIADAB lagi, benar-benar TELANJANG BULAAAT.
    Para pemeriksa (yg saat itu 3 orang cw, gak tau dokter apa bukan) memelototi batang dzakar para TKI dgn cengengesan, kalo liat yg besar mereka bengong takjub, malah kadang2 di tepuk2 biar bangun. Lalu disuruh mengejan, agar tau hernia atau tdk. (kalo gak percaya, silahkan tanya para TKI, meski gaksemua tp kebanyakan tempat medical itu brengsek)

    Nah kalo ttg TKW ? tanya aja ke TKW, aku gak liat.

  44. wonkndheso berkata

    hmm………kalo ucapan sang prabu joyoboyo nanti menjadi kenyataan bahwa orang jawa (majapahit/indonesia) tinggal separoh, maka orang2 bejad dan mesum seperti inilah yg akan dimusnahkan paling dulu

  45. gk mau comment ah males ngomen’y gk ber bobot.

  46. herawati berkata

    Saya didepartemen kesehatan ada peraturan bagaimana protap masalah tes kesehatan untuk semua calon pencari kerja(baik sipil militer) kalo ada yg melanggar noma susila laporkan! sertai bukti yg akurat ke pelayanan sumberdaya DEPKES.(kesatuan pengawasan intern).

  47. Anonymous berkata

    apa diharuskan sampai telanjang segitunya???…apa gak ada dokter perempuan???..aneh giliran urusan ginian kok ganti yang memeriksa dokter laki-laki…

  48. wawankenzi berkata

    asik tuuu tukang pemeriksxxx,,,,ini terbukti, betapa bobroknya moral anak-anak bangsa indonesia saat ini

  49. ayu berkata

    wah wah pemilihan pns apa model iklan BH ,,, ada2 aj ,,,, dasar otak comberan

  50. Ogah berkata

    Harusnya diliat dulu model kerjaannya, kalo menyangkut kerjaan kasar, apa hubungannya sama penyakit kulit ? Kalo kerja di bidang makanan okelah kulit penting. Begitu juga dengan bidang kesehatan dan sejenisnya. Lha kalo disononya cuma jadi tukang kayu, tukang bangunan apa hubungannya sama penyakit kulit macam panu, kuda, kurap dsb ?

    Apa hubungannya ? Ora ono mas !

    Soal tes untuk TKW, untuk kerjaan sebagai suster, baby sister okelah kesehatan kulit penting. Lha kalo untuk babu, apa hubungannya ? Ah itu sih model tes bisa-bisanya aja yang mata keranjang. Tapi yang lebih penting lagi, kok yang diperiksanya gak nolak ya ? Kalo ane sih jelas mending bubar aja daripada aurat diumbar-umbar begitu, hasil belum tentu dapet dosa iya, betul ? Lagian harga diri oi, harga diri ! Punya gak ?

    Kalo merasa punya, syukurlah pada nyadar …..

  51. temonsoejadi berkata

    http://temonsoejadi.wordpress.com/2011/11/03/bahayanya-penyakit-ini/

  52. jom berkata

    dasar dokter mesum.cpat matilh kau dn masuklh neraka njahnm.siapa aja yg terlibat sudah rusak moralnya,manusai tak beragama.budak iblis

  53. Ogah berkata

    Mas, mas, yang otaknya pada ngeres. Daripada kalian liatin TKI and TKW, mendingan sampean jadi pemeriksa kesehatan hewan aje bebas liatin punyanya kuruyuk, meong, gukguk, oooooo and cuit-cuit. Dijamin gak ada yang marahin apalagi nyumpahin.

  54. JOENCONDRO berkata

    MANUSIA INDONESIA SEKARANG INI OTAKNYA DIPENUHIN PIKIRAN KORUP DAN MESUM….

  55. AB6 133ST berkata

    tes mesum!! hrs di tindaklanjuti..

  56. B Eskhano berkata

    alasan protap- protap biasa itu mah, klo dokter wanita yg mriksa dan yg di preksa jg wanita sih nggak malasah mngkin bisa ditolelir dikit tp klo dah pria yg mriksa smntara nih yg dipriksa wanita tuh mah terlalu

  57. Mercusuar berkata

    Belum pernah liat yang begitu ya ? kasian deh lo.
    Makanya kawin, kawin ! Eh sorry salah, nikah, nikah ! He, he, hee ..
    Tapi jangan lupa selesaikan dulu sekolahnya, tersu kerja dulu, baru kawin, eh salah lagi nikah, he, hee … Inga, inga dua aja ya, maklum BBM makin mahaaaaal, he, he, he, heee ….

  58. anan kudil berkata

    hayank ml jeunk saha heeh

  59. mat bacok berkata

    Di bacock..! ae………enak”e……

  60. Anonymous berkata

    ga heran kalo negri ini begitu banyak di timpa musibah,emang jadi PNS ga boleh panoan pake acara tes telanjang yang tes laki pula…wuuuh heran indonesia

  61. Anonymous berkata

    TOBAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAT WOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOY INDONESIA

  62. Firman berkata

    “Sudah terjadi”, “Sudah sering terjadi”, bisa dikaji KUHP Pasal 284 – 296, tinggal dilanjutkan pada proses sanksi yang tegas. Bisa juga dikaitkan dengan agama dan adat, juga sama-sama kontra, memberikan alasan yang sama. Sebagai contoh, hukum agama, bila kejadiannya ekstrim paling tidak dirajam (stoning to death). Atau hukum adat ala Negara Russia, bisa jadi kemaluan wanita digerinda hingga kepala: separuh badan. Bila kejadiannya ekstrim, sampai terjadi perzinahan. Karena mengingat dampaknya, perzinahan, pornoaksi, pornografi termasuk dari Pekat (Penyakit masyarakat). Bukankah Pekat yang menangani juga aparat kepolisian? Yang termasuk pekat: Mencuri, mabuk-mabukan/narkoba, perzinahan, pengemisan.

  63. Franiksoft berkata

    Dunia Sudah Hancur…

    http://franiksoft.wordpress.com/software-klinik/
    http://franiksoft.com/index.php/products/software-klinik

  64. Anonymous berkata

    waah gk tepak wi

  65. Diamondheart berkata

    Knapa ndak try di tmpt kami.kan boleh@bisa. Di sabah bah.

  66. Ronin berkata

    Emang baru tau mental aparat kayak gitu ??????.
    Yang baik masih ada, tapi yang buruk lebih buanyaaaaak……alias ngebadeg !.

  67. Anonymous berkata

    JanganNNNNNNNNNNNN irihhhhhhhhhhhhhhhhhhhh, dong samaaaaaaaaa CPNS buat si goblok ANONYMOUS.

  68. Anonymous berkata

    Jangan trlaluuuuu geer de buat anonymous.

  69. josep.@gmail.com

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.095 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: