KabarNet.in

Aktual Tajam

Legenda “Babad Tanah Jawa”

Posted by KabarNet pada 20/11/2009

OLEH: ARIEF TURATNO
ADA satu kisah menarik dalam petilan “Babad Tanah Jawa”. Meskipun kisah ini merupakan petilan. Namun intisari yang tertanam di dalamnya, ternyata tetap masih aktual di saat ini sekali pun. Ketika itu, datanglah para ulama dari “Sebrang Lautan” (Mesir) ke Tanah Jawa. Tujuan para ulama utusan Sultan Mesir itu adalah untuk menyebarkan agama Islam, yang menurut laporan masih banyak penduduk Jawa yang kafir. Para ulama itu dipimpin seorang Syeh yang bernama Syech Subakir Sebelum Syech Subakir datang, telah beberapa kali ulama pendahulunya menginjakan kakinya di Tanah Jawa. Namun, setiap kali mereka datang, selalu gagal menyebarkan agama Islam. Mengapa?

Pertanyaan itulah yang berada di benak Syech Subakir. Dan tidak berapa lama setelah sampai ke Tanah Jawa, Syech asal Persia (Iran) itu berhasil mendapatkan jawaban dari pertanyaannya tersebut. Ternyata, seluruh Tanah Jawa dari ujung Timur sampai ke Barat di jaga oleh bangsa jin yang dipimpin Sabdo Palon. Kegagalan para ulama sebelumnya adalah karena ulah mereka, para jin kafir yang tidak mau masuk Islam dan menentang Islam berkembang di Tanah Jawa. Untungnya, Syech Subakir menguasai ilmu tentang makhluk halus, sehingga dia dan para ulama yang dipimpinnya berhasil mengetahui keberadaan para jin tersebut.

Dalam wujud kasarnya, para mahluk halus itu ada yang berujud ombak yang besar yang mampu menenggelamkan kapal berikut penumpangnya. Juga angin puting beliung, dan sebagainya yang mampu memporak-porandakan apa saja yang ada dihadapannya, termasuk menjelma menjadi hewan buas, harimau, ular dan sebangsanya. Perubahan bentuk dan ujud itulah yang selama ini diduga mencelakakan para ulama yang bermaksud menyebarkan Islam di Tanah Jawa. Maka kemudian terjadilah pertempuran yang dasyat antara para jin pimpinan Sabdo Palon dengan pasukan ulama pimpinan Syech Subakir.

Konon, pertempuran itu terjadi selama berhasi-hari, tanpa ketahuan siapa yang bakal memenangkannya. Karena melihat situasi yang tidak menguntungkan, maka Sabdo Palon mengajukan usulan gencatan senjata. Syech Subakir yang melihat itu sebuah peluang, menerima ajakan Sabdo Palon. Maka terjadilah kesepakatan antara keduanya. Isi kesepakatan antara lain, Sabdo Palon memberi kesempatan kepada Syech Subakir beserta para ulama untuk menyebarkan Islam di Tanah Jawa, tetapi tidak boleh dengan cara paksaan atau memaksa.

Kemudian Sabdo Palon juga memberi kesempatan kepada orang Islam untuk berkuasa di Tanah Jawa—Raja-raja Islam—namun dengan catatan. Para Raja Islam itu silahkan berkuasa, namun jangan sampai meninggalkan adapt istiadat dan budaya yang ada. Silahkan kembangkan ajaran Islam sesuai dengan kitab yang dakuinya, tetapi biarlah adapt dan budaya berkembang sedemikian rupa. Dan yang terpenting, jadi pemimpin janganlah terlalu lurus, namun juga jangan terlampau bengkok. Hal ini sempat dipertanyakan Syech Subakir kepada Sabdo Palon, mengapa seorang pemimpin tidak boleh benar-benar lurus. Dijawab Sabdo Palon, karena pemimpin itu menjadi pimpinan semua orang. Dan orang tidak semuanya lurus, pasti banyak pula yang bengkok. Lha, orang yang bengkok-bengkok itu akan ikut siapa, bila pemimpinnya lurus?

Benar tidaknya legenda tersebut, itulah sebuah kisah yang konon pernah terjadi dalam petilan “Babad Tanah Jawa”. Karena itu tidak mengherankan, jika banyak Raja Jawa, meskipun beragama Islam, namun tetap mereka menjaga kelestarian kebudayaan leluhur, seperti nyepi dan sebagainya. Lantas apa hubungan semua ini dengan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi? Secara langsung tidak ada, tetapi kita berharap bagian dari kisah atau legenda ini dapat terserap oleh Mendagri Gamawan. Mengapa? Karena ada beberapa aspek penting yang harus diketahui, dan perlu ditelaah. Beberapa waktu yang lalu, Gamawan membuat kejutan dengan kebijakan penghentian semua upah pungut. Kabarnya, usulan penghentian tersebut berasal dari usulan pejabat di lingkungan eselon II Depdagri.

Usulan itu mungkin bagus, jika ditinjau dari satu sisi. Namun ditinjau dari sisi lainnya, mestinya Mendagri perlu mengkaji lebih dulu. Apakah memang harus begitu, atau perlu cara lain yang lebih bermanfaat dan dapat diterima semua pihak. Sebab apa artinya, jika kebijakan itu sudah “dibunyikan” pada kenyataannya tidak dapat dipraktekan, karena banyak hal yang menghambat. Misalnya, ada seorang pembantu yang digaji pas-pasan, sementara si majikan meminta dia membeli makanan atau barang lain yang tempatnya cukup jauh tanpa memberi uang saku. Mungkinkah pembantu tadi akan melaksanakan perintah tersebut? Jawabnya ada beberapa kemungkinan, Pertama, jika dia adalah seorang pembantu yang bodoh dan patuh, pasti mau. Karena orang semacam ini tidak memperhitungkan untung rugi yang ada hanyalah kepatuhan. Pertanyaannya adalah mungkinkah semua orang akan berlaku seperti pembantu tadi?

Kedua, mungkin perintah tadi dilaksanakan sang pembantu, tetapi tidak dibelikan sebagaimana yang diminta sang majikan. Sebab kalau sesuai dengan perintah, maka mau atau tidak dia harus rugi mengeluarkan biaya untuk transportasi dan sebagainya. Sementara gaji yang diterima pas-pasan. Ketiga, mungkin tidak dilaksanakan, dengan resiko dimarahi, atau mungkin pula dilaksanakan dengan diberikan barang tiruan atau palsu. Pertanyaannya adalah apakah ini yang kita inginkan? Di banding departemen lain, Departemen Dalam Negeri (Depdagri) adalah yang paling belakang melakukan numerisasi. Mungkin untuk departeman lain, misalnya Depkeu, Menkeu dapat berlaku sebagaimana yang dilakukan Gamawan Fauzi. Karena gaji terendah karyawan Depkue tiga kali gaji karyawan terendah di Depdagri. Persoalan macam inilah apakah sudah dipahami atau belum?

Sabdo Palon mengatakan, pemimpin tidak mungkin lurus benar, juga tidaklah boleh bengkok-bengkok amat. Ini artinya, seorang pemimpin, termasuk Mendagri harus memahami situasi, mengerti sikap batin para karyawannya. Jika ini benar-benar dipahami dan dimengerti, maka kita yakin Gamawan Fauzi akan mendapat dukungan dari seluruh karyawan. Namun, jika tindakannya terlihat aneh dan dianggap tidak memahami sikap batin bawahannya. Maka jangan salahkan jika nantinya ditinggalkan para anak buahnya, dan itu jangan salahkan kepada karyawan. Hal-hal semacam inilah yang mesti diperhatikan, karena dengarlah kata semua orang, dan ambilah yang terbaik. Akhirnya, semoga sukses! (JP/KN)

50 Tanggapan to “Legenda “Babad Tanah Jawa””

  1. Artikel diataslah bukti bahwa agama Islam pun juga agama penjajah. Bukan asli agama penduduk Indonesia asli. Jadi jangan kau merasa Indonesia ini adalah negara Islam. Juga itu Habib-habib itu jangan macam-macam.

  2. Ben said

    Jelasbot132 berkata tampaknya perlu belajar sejarah … Kenapa yang anda salahkan adalah Nabi Muhammad ?? Kapan beliau lahir dan juga kapan beliau meninggal, kapan pula Islam masuk ke tanah Jawa ??
    Kemudian tolong telaah juga keterkaitan sejarah dengan kisah mitos yang diselipkan pada “Babad tanah Jawa” yang secara ilmiah Belum ada pembenaran dan pembuktiannya … Layaknya mempercayai film-film takhayul yang membodohi bangsa Indonesia, termasuk anda …

  3. Ben said

    Mr. Jhony Walker berkata juga rupanya mesti kembali belajar, bahwa perbedaan antara pendatang dengan penjajah adalah tindak kekerasan, penghilangan hak-hak asasi manusia dan pemaksaan kehendak dari satu bangsa terhadap bangsa lain … Contohnya adalah pada masa penjajahan Belanda dan kependudukan Jepang yang telah merengut jutaan rakyat di bumi Nusantara …

  4. hidnu said

    SEMUA AGAMA ITU BAIK !
    BAGIXU ISLAM YANG TERBAIK !

  5. andy martell said

    seandainya klo kita memahami apa arti sesunguhnya kita hidup ini pastilah anda2 tdk akan pernah menyalahkan agama2 yg ada di dunia ini.tergatung kita melihat dari sisi kacamata sebelah mana.kalaupun anda merasa agama anda lbih baik ato apa istilah katanya menurut sebutan anda2,seharusnya anda melihat dari diri anda2 sendiri!mengapa?karena anda2 smua menilai berdasarkan ego,prinsip dan cara memandang yg berbeda.apakah anda tau siapa SABDO PALON ITU? Dan siapa sebenarnya SYECH SUBAKIR ITU? Klo kita hanya melihat pada dasa warsa skrg ini apa yg anda ributkan blm tentu sesuai pd kenyataan pada zaman itu sendiri.tdk perlu kita menjelek2AN SESEORANG YG TERDAPAT PADA SUATU AGAMA.COBALAH ANDA GALIH LAGI INFORMASI ATO DATA SECARA PASTI.BARULAH ANDA MEMILIH SALAH SATU YG ANDA YAKINI DAN ANDA PERCAYAI BAHWASANYA ITU BENAR MENURUT ANDA PRIBADI.jd tdklah perlu mengomentari apa yg ada pada setiap agama di dunia ini.yg terpenting adalah jadikan diri anda cerminan yg baik menurut pandangan masyarakat pada umumnya baru anda dpt membina hubungan pribadi dan batin anda dgn TUHAN YANG MAHA ESA.yg berbeda2 istilah sebutanya ato namanya sesuai dgn nama yg terdapat pd setiap agama tsb,dan menurut agama ato ajaran kepercayaan yg anda anut.smoga anda2 smua mengerti dan memahami arti dari perbedaan agama yg terdapat pada negara ini,yaitu indonesia yg bhineka tunggal ika.wasalam

  6. Dany Kudanil said

    Agama adalah merupakan pakaian, tapi jangan tinggalkan laku jawa.

  7. bahwasanya agama islam itu banyak membawakan arti dan di mna pun agama islam itu lach yang paling bagus

  8. doni funevile said

    dan juga agama lain menurut kepercayaan atau agama agama nya itu lach yang bagus

  9. Anonymous said

    ANDA ORANG BODOH SEMUA… SUDAH DIBERI NAPAS SEENAKNYA AJA KLO BICARA… MAU KEMANA ANDA BESOK…. GAK TAU TO…

  10. sakty said

    TO mr Jhony….

    dari pada nyembah patung…..Mana ada patung yang bisa nolong manusia lha wong patung aja kalo mau jalan mesti di gantung.Tuhan pean kan punya anak…hebat dong berarti pean anak tuhan……….. Fuck yesus….Tuhan tidak beranak jg tidak di peranakkan

  11. aji tiko said

    tentunya kita semua tau, babad adl jg mrpkn sebuah cerita oleh manusia, jd blm tentu jg kebenaranya..yg mjd mslh skrg adalah,knp seolah2 umat muslim mrasa selalu plng suci dan benar hingga selalu bertindak seenaknya??menebar teror bom, mengahalangi proses ibadah org lain, trmsk kekerasan2 thd HAM, apa itu yg diajarkan islam???

  12. Laming said

    Krn org muslim,jk membiarkn org berbuat maksiat tp diam sj,itu sma sj dosany dgn yg melakukan maksiat, sudah d blangin baek2 tp ga jera2 juga,y sudah bom sajalah..toh darah mereka jg sudah halal d minum

  13. apray said

    lakum dienukum waliyadien

  14. Agama iku pranatan lahir mreh rahayu.gak usah di perdebatkan .orang jawa sejati takkan pusing dgn Agama .sbb kawerohnya manusia jawa sejati tak beda dgn ajaran Agama apapun yang tertinggi. hanya saja sebutan atao namanya yg beda tpi toh maknanya yo Sami.kalao kita saling menyalahkan itu jelas nafsu.toh kita tau pling dari buku atao katanya.sadarilah saudaraku bahwa kita ini sama-sama bodo dan sok tau!

  15. Muhartok

  16. Manusia mencari jalan pulang ke asalnya.dengan kendarànya masing2

  17. Anonymous said

    jujur,apa adanya,yg bisa bermanfaat tuk orang lain

  18. Hdis muhamad.
    Aku tinglkan 2 puska agr kalian tdk
    tersesat slma-lmanya ap bila kalian
    berpgang tguh kpd kitab”allah& sunah rasul (tradisi rasul).

    brgkt dri sini smuanya akan jelas mana benar&salah

    “jadilah terang dunia”

  19. Sbagai pegangan
    2 pusaka itu adalah

    (1)kitab”allah (kataba,ketetapan
    yg tidk prnh ad prubhn di
    dalamnya)

    (2)sunah rasul (tradisi,kebiasaan
    yg pernh di lakukan sitiap rasul jdkn sbg contoh..
    Untuk mewjudkn khidpn yg pnuh
    ” DAMAI & SEJAHTRA”

  20. Anonymous said

    20.Prabu Wisang Geni
    Sing penting ojo tumindakñe penggawean kang olo lan ngrugekne marang bangsane.urib sing rukun ojo gae kerusakan marang bumine

  21. Jono said

    Jgn saling bertengkar, jgn saling menjelekkan, jangan mencari siapa yang benar dan siapa yang salah. Saya setuju dengan Mas Andy. Berbhineka tunggal Ika, karena perbedaan itu adalah Baik, dmana kita saling memberi dan menerima, toleransi. Disitu’lah yang di ajarkan oleh setiap Agama masing2. Bercerminlah pada diri masing-masing, ambil hikmah-nya. “Damai itu Indah” KAWAN.

  22. muslim said

    islam adalah agamaku, islam penuh politik untuk mendapatkan umat dengan berbagai macam cara, walaupun dengan jalan yang tidak wajar, dengan dalih yang mengada-ada, dengan perang, dengan bom bunuh diri, yang penting umat islam bertambah, lihat aja dikawasan timur tengah ga pernah merasakan damai, karena ulah siapa, jika sudah islam semua niscaya dunia ini kiamat, jika tidak ingin dunia kiamat lekaslah bertaubat wahai sahabat muslim. tinggalkan bajumu dan berjalanlah kedalah terangku.

  23. ilal said

    gk usah bertengkar, sdh jelas2 bahwa islam adl agama yg damai, biarkan saja org2 yg bukan islam tersesat dijalannya sendiri, sesungguhnya injil dan alqur’an itu sama!! Krn bnyk terjadi penyimpangan dlm injil itu, maka alqur’an pun diturunkan.. Jadi terserah bagi kristen,buda dsb, org yang menganggap yesus adl tuhan, berarti ia adl org yg BODOH!! fUCK YESUS

  24. Insan said

    Karena ulah siapa ?

    Karena ulah orang gak ngerti untuk apa ia diciptakan Tuhan.
    Sesungguhnya manusia diciptakan dan diberi kesempatan hidup di dunia oleh Tuhan hanya untuk diuji apakah layak atau tidak masuk sorga. Jika tidak layak ya dipersilahkan menempati tempat yang paling gak enak dan ditakuti semua mahluk hidup ciptaan Tuhan nantinya, yakni neraka jahanam yang sangat puanasss dan penuh siksaan kejam di dalamnya. Sementara yang dinilai layak oleh Yang Maha Kuasa diojanjikan menempati surga akherat yang tak bisa dibayangkan indah dan nyamannya di dunia. Begitulah janji Tuhan pada hamba-2nya yang beriman.

    Jadi jika kembali pada makna hidup ini sebenarnya hanyalah ujian Tuhan yang disajikan dalam bentuk kenikmatan dan cobaan hidup. Jika saat diberikan kenikmatan hidup di dunia manusia gak lupa apalagi sengaja melupakan pada siapa yang memberikan kenikmatan hidup yang sifatnya sementara itu padanya, maka Insya Allah ia akan dinila lulus. Begitu pula halnya dengan manusia yang sedang diberikan cobaan hidup, jika ia menerimanya dengan tabah dan pasrah kepada Tuhan sambil tetap berusaha semampunya, insya Allah ia pun akan dinilai lulus pula oleh Allah SWT. Jadi tidak cepat frustasi apalagi sampai berbuat onar. Karena itu bukanlah ajaran Islam yang ditunjukkan Allah SWT dalam kitab Al-Quran dan sunah Rasul-Nya.

    Islam mengajarkan kepada umatnya agar selalu menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya, yang berarti berusaha menjalankan semua kebaikan dan menjauhi segala keburukkan. Yang terjadi, seringkali ajaran dan nama baik Islam diselewengkan oleh pihak-2 yang tidak bertanggungjawab, yang tidak senang kebenaran Tuhan yang hakiki itu ditegakkan dengan setegak-tegaknya, karena dipandangnya bisa mengancam kepentingan dan kenikmatan duniawinya yang diperoleh dengan jalan syeitan yang selalu menggoda manusia untuk jadi pengikutnya dan terjun bersamanya kelak ke neraka jahanam. Audzubilahiminzalik !

    Semoga umat Islam dijauhkan dari segala kerugian karena memilih jadi pengikut syaitan yang getol merayu jadi pengikutnya yang memuliakan dusta dan materi. Semoga umat Islam tetap dekat dengan Allah SWT sehingga selamat melewati ujian hidup di dunia dan di akherat kelak. Amin.

  25. Anonymous said

    menurut kulo cerita mboten ngoten

  26. Anonymous said

    sampeyan lapo eker2an ayo saling asah asuh lan asih ngoten lhoooo//cak///?

  27. Anonymous said

    KURASA KITA SAMA SAMA ORANG YANG BERPENDIDIKAN!!PASTI TAU LAH KATA KATA YANG PANTAS UNTUK DI UCAP KAN

  28. manusia yg baik itu yg hidup sesuai dg yg diyakini kebenarannya tetapi menghargai keyakinan milik orang lain dan tidak saling mencela

  29. Anonymous said

    Bhineka Tunggal Ika……….sama halnya dengan warna pelangi yang berbeda-beda tapi Indahnya karena adanya perbedaan warna, dan semua tidak mengurangi esensi dari apa yang dicari…….tinggal manusia yang harus pandai2 menyingkapi sebuah warna yang akan menyinari, hakekatnya satu untuk semua,.dan semuanya untuk satu…………Rahayu..

  30. Anonymous said

    ni… tak ksh tau semua: tuhan itu satu, tuhannya manusia,malaikat,jin,setan,hewan,apapun di alam semesta ya cm satu. jika km blm tahu hal itu,jangan bilang klo km orang beragama.aku yakin semesta bakal hancur(pasti),kewajiban manusia MEMBUAT HIDUP TENTRAM menghambat spya semesta tdk hncur dngn tdk saling bunuh slng benci,slng menyakiti,slng merugikan krn itu mmpercpt hancurnya semesta.Di dlm agamaku islam, tdk ada agama yg dpt mengalahkan aturan negara dn adat istiadat(umat islam yg tdk tau hal ini brarti islam ktp). Rakyat yg mati membela negaranya di manapun di dunia pasti mati sahid. smua manusia satu saudara dan di negaraku INDONESIA paling tpt adlh BINEKA TUNGGAL IKA, mslh babat tanah jawa ambil yg baik saja, yg jelek biar di makan harimau “UTAMAKAN KETENTRAMAN DAN JNGN BERTERIAK AGAMA, KRN AGAMA ADA DI DLM SANUBARI KITA” LAKUM DINUKUM WALLIADIN

  31. haaa a aaaa aaa
    heee ee ee ee
    xii xii xiii xiiiiiii
    gkkk gkkk gkkk gkkk

    makasih semuanya…. GITU AJA KOK REPOT.

  32. Fadol mernek maos cilacap hahaha said

    Sing bener di tata sing ati ati aja sekarepe dwek ayaue,.. Wis pd bubar bae bubar, pd gemrungsung tok

  33. Nasiruddin udin said

    Lakuknlah apa yg semua kalian yaqini n bertanggung jwblah kalian kela’ atas perbuatan n keyaqinan kalian smua…dan inggatlah jngan pernah kalian berpecah belah…”ADDINU INDAALLAHI ISLAM “

  34. Anonymous said

    manungso kabeh d ciptakne karo gusti kanjeng pengeran angen seng ndue pengeran kabeh lan sak isine ……..dolor2 kabeh d kongkon manembah manembaho,,,,ngertenono aturan lan aturan orep nang ndunyo,,,,,,,,,opo seng dweruhi,, d turuni nganggo anak cucune ,ben ngerti asal usul,,,,,,manungso seng ndok tanah jowo kabeh iki turunane wong jowo,, yo masio wong jowo yo ndue aturan lan aturan tatanane oreb,,,,,yen manungso ndueni agomo kudune gk onok perang kudune podo nrimoooo rukun sak pd manungsaneee,,,,,,, berarti aagomone sek gorong ono seng sempurnoooooo jek seneng nggoleki salae manungsoooooooo,,sek krono ,,krono manungso berarti jek liarrrrrrrrrrrrrrrrr …sek podo golek jeneng dw dw,,,,,,opose bedone jin setan dedemit ,,,gk bedo adohhhhhhh,,,,tungale manungso,,yo bedo bedo,ono wong elek ganteng ireng putih dukur pendek manungso yo macem2 rupane,,,,yo ono seng beneh yo ono seng gk beneh,,,,,mek bedo alame alam nyoto alam gk nyoto tapi pancene nyoto,,,,,,,,,wayange bengong dalange yo bengong

  35. rey said

    soal agama saya kira kita g usah diributkan semua sama saja padahal kandungan 2 yg ada di dalam kitab masing2 adalah satu tujuan yaitu intinya manjalkankan yg terbaik dalam kehidupan di dunia ini dan manjahui larangan2nya itulah jalan menuju kesempurnaan hidup.maka disini sangat2 dianjurkan bahwa kita harus menjadi manusia yg berkepribadian baik dan berguna bagi semua umat jgn menilai orang lain dulu kl kita belum baik ..tentang sejarah kita ambil hikmahnya saja tanpa sejarah kita pun juga tdk bisa mengetahuinya .begitupun ayat2 yg ada dalam kitap masing2 itupun uraian dari sepenggal sejarah juga betul kan….maka kita2 ini sebagai anak cucunya cuma bisa menyirapi satu demi satu tentang sejarah itu kita ambil hikmahnya saja ” berbuatlah hal yg terbaik buat orang2 disekelilingmu mulai dr lingkungan yang paling kecil ( keluarga ) dan yg besar ( masyarakat ) itulah pembentukan moral yg diajarkan oleh kitap masing2 ” oke…

  36. jojkalien said

    semuanya itu saya kok..
    “yang berbeda hanya cara masing2 untuk memahami sesuatu”

    kalo hanya gara perbedaan cara memahami itu malah berantem, wah, jadinya malu2in..
    malu bagi mereka yang menjelek2 agama orang, malu bagi mereka yang membela agamanya sampai mengorbankan orang lain..

    lebih baik duduk bersama, menyatukan pemahaman dengan latar belakang pakaian masing, “bukankah dibalik keberagaman itu ada keseragaman?” (pelangi pun merupakan bias dari 1 warna, nah jadi indah karena jadi beragam warna)

  37. jojkalien said

    ralat: “semua itu saya kok..”
    yang bener: “semua itu sama kok..”

  38. bayu sudiro said

    sedalam apa kamu mempelajari islam????
    Sehingga berani meng kafirkan ciptaan Nya.
    Bagi yang pengen berbagi ilmu saya sangat terbuka
    Silakan hub saya di 081333272128
    Terima kasih
    RAHAYU
    Jayalah NUSWANTARA
    BANGKITLAH MADJAPAHIT

    Eyang SAPDO PALON NAYA GENGGONG
    Kami putra dan putri negeri ini
    Restui kami untuk kembali berjuang membangun negara ini

  39. Anonymous said

    poro sedulur… sing podo akur. jawa, ya indonesia…… bhineka tunggal ika. sing islam yo lakok ke islame sing bener, sing non islam yo lakok ke sing bener… enek kulit yo enek isine tha……

  40. Imam S Arifin said

    klu masih tidur namanya “ngelantur”

  41. ijin nyimak gan..

  42. Anonymous said

    Sobat-sobatku semua , saya ingin mengingatkan kepada sobat-sobat . Bahwa kita ini adalah mahluk ciptaan Allah swt yang dho’if yang tidak memiliki kekuatan apapun selain bila kita mendapat pertolongan Nya . Sehingga kita tidak boleh merasa bahwa kita adalah yang paling benar , karena hanya Dia lah yang maha benar , yakni Allah azawajalla . Dan kebenaran dari Allah tersebut telah sampai kepada kita yang awalnya dibawa oleh Rasulullah saw berturut-turut kepda para Shohabat , tabi’in , tabiit tabi’in , para waliyuallah , para ulama dan akhirnya kepada kita . Itulah Al-Qur’an yang suci . Untuk itu marilah kita senantiasa berpegang kepada Al-Qur’an dan Assunah agar bahagia hidup didunia dan akhirat nanti , aaaamiiiin .

  43. Anonymous said

    ketuhanan yang maha esa,,,,!

  44. bagus bayu said

    kita bicara sejarah … apa agama ? kenali dirimu maka engkau akan mengenak Tu hanmu. kenali sejarah maka kenalilah bangsamu.
    Jika kau kenal Tuhan mu tak ada olok-olok dan tak ada permusuhan semua hanyalah kasih sayang dari Tuhan mu

  45. Anonymous said

    mr .jhony walker paling gob;\lok

  46. azam said

    sing do gebrek eker2an kwi sing ra duwe agomo. Ora islam ora kristen ora hindu ora budho..nek je seneng gubrek eker2an y berarti je dadi pengikute setan…
    Ngapuntene nek ono sing tersinggung.

  47. Anonymous said

    ngurusi og wong eker”an,,,,,,,,
    g tau mangan bangku sekolahan kbeh,,,,,,,,,

  48. thomas said

    seng penting ojo jotos – jotosan yo

  49. Anonymous said

    yang nulis sejarah diatas tu orang gila kali ya.!!!!
    minum tu air comberan biar tak kepanasan

  50. SangHyangTunggal said

    Mas Ben teruskan ya…kalau yang komen pada ngerti dan baca Kitab Agamanya masing-masing pasti faham. yang ngomongnya kasar itu tidak mengerti Agama. maklum saja mas ben…haha yang harus dibunuh itu bukan orang yahudinya, (orangnya dibilang kafir, sifatnya dibilang kufur) yang harus dibom/dibunuh itu sifat kufurnya “yang menempel pada diri masing-masing”, halal itu mas.

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.981 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: